Contoh Soal Menulis Penelitian

Contoh Soal Menulis PenelitianSebelum ke materi penulisan laporan penelitian, baiknya kita mengetahui macam-macam penelitian itu sendiri. Macam-macam penelitian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, seperti menurut aspek tujuan, menurut aspek metode, atau menurut aspek garapan.
  1. Menurut aspek tujuan, penelitian dibagi dua yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan.
  2. Menurut aspek metode, penelitian dibagi ke dalam beberapa macam, seperti: penelitian deskriptif, penelitian sejarah, penelitian survei, penelitian eks-postfacto, penelitian eksperimen, dan penelitian kuasi eksperimen.
  3. Menurut aspek garapan, penelitian dibagi menjadi dua kelompok yakni penelitian kependidikan dan penelitian nonkependidikan.
      Kenapa hal tersebut penting diketahui? Karena kita harus menentukan terlebih dahulu jenis laporan apa yang akan kita pakai dalam menguraikan kegiatan penelitian kita kelak.
      Meski demikian, semua macam-macam penelitian tadi mempunyai struktur organisasi laporan penelitian yang hampir sama. Berikut ini dijelaskan bagian-bagiannya.

Bagian-bagian laporan penelitian

1. Pendahuluan
Bagian ini ditempatkan secara khusus dalam Bab I. Pendahuluan dalam sebuah laporan penelitian memuat: latar belakang masalah, identifikasi masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan sistematika penelitian.
2. Kajian Teori
      Kajian teori atau disebut juga kajian pustaka atau kadang ditulis sebagai kerangka teoretis. Kajian teori ditempatkan dalam Bab II, yang berisi uraian tentang hasil telaahan terhadap teori yang sudah ada dan relevan dengan penelitian itu. Jadi, kajian teori ini dimaksudkan untuk menampilkan alasan dan cara penggunaan teori-teori itu dalam penelitiannya.
3. Gambaran Objek Penelitian
      Bagian ini biasanya dimasukkan ke dalam Bab II setelah uraian kajian teori. Bagian ini sebagai latar belakang objek penelitian sekaligus profil objek penelitian yang akan kita kaji.
4. Metode Penelitian
      Bagian ini biasanya ditempatkan pada Bab III. Metode adalah tata cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan teknik adalah cara spesifik yang dipakai untuk memecahkan masalah yang dijumpai ketika melaksanakan prosedur. Oleh karena itu, setiap penulis mempunyai metode dan teknik yang berbeda-beda dalam laporan penelitian mereka bergantung pada tujuan penelitian mereka. Misalnya metode yang digunakan kuantitatif dengan teknik wawancara.
5. Hasil dan Pembahasan
      Pengolahan data merupakan aspek terpenting bagi penulis laporan penelitian terhadap masalah yang dibahasnya. Pengolahan data tersebut berhubungan dengan tujuan, teori, dan metode yang penulis gunakan dalam bab sebelumnya.
      Hasil dan Pembahasan biasanya ada pada Bab IV dengan beberapa subbab tertentu, seperti hasil penelitian, analisis penelitian, dan pembahasan penelitian. Dalam beberapa laporan digunakan pula tabel, grafik, atau gambar untuk menyajikan data dan informasi secara efektif.
6. Simpulan dan Saran
      Dalam Bab V ini disajikan ulasan singkat terhadap uraian yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya. Dalam simpulan, dapat digunakan cara poin per poin atau dengan cara esai padat. Sedangkan subbab saran dapat dtujukan kepada pihak-pihak terkait, seperti: pemerintah, sekolah, atau peneliti-peneliti lainnya.
7. Pustaka Acuan
      Pustaka acuan atau daftar pustaka adalah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel, atau bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah atau sebagian karangan yang disertainya.

Contoh Soal Menulis Penelitian



Berikut ini adalah hal yang dilakukan peneliti sebelum data penelitian dianalisis, kecuali….
Teknik pengumpulan data yang berupa komunikasi dapat ditempuh dengan cara....
Berikut ini adalah hal yang bukan merupakan unsur-unsur daftar pustaka , yaitu….
Perhatikan kutipan berikut ini!

Pada dasarnya, model pemelajaran meliputi bentuk pemelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir, yang disajikan secara khas oleh guru. Hal ini sesuai dengan pendapat Bruce Joyce dan Marsha Weil (1980: 1), bahwa model pemelajaran merupakan suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pemelajaran jangka panjang), merancang bahan pemelajaran, dan membimbing pelajaran di kelas atau di luar kelas.
Dalam laporan penelitian, uraian di atas merupakan bagian ....
Fenomena bayaknya remaja yang menghabiskan waktunya bermain game, menonton TV, atau video patut menjadi perhatian. Perangkat teknologi banyak digunakan untuk mengisi waktu luang. Hanya saja, bagian dari teknologi yang dimanfaatkan banyaknya seputar game dan entertainment. Padahal, teknologi bisa digunakan untuk belajar, memperluas pengetahuan. Dengan demikian, dibutuhkan arahan dan binaan untuk remaja mengenai pemanfaatan teknologi dalam menghabiskan waktu luangnnya.Waktu luang yang digunakan siswa dengan hal-hal yang kurang bermanfaat akan memberikan dampak yang tidak baik, bahkan bisa menghasilkan kegiatan yang merugikan diri dan orang lain.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah yang paling sesuai adalah....
Penulisan pengutipan sumber bacaan yang benar adalah ....
Bahan-bahan bacaan, seperti berita dari koran, majalah, dan internet merupakan sumber yang baik untuk menulis laporan penelitian yang bertema….
Penulisan judul karya laporan penelitian yang baik adalah….
Hal-hal yang dapat dikemukakan dalam sebuah deskripsi laporan penelitian dengan topik “pasar” adalah, kecuali….
Sistem transportasi massal seperti kereta api sangat dibutuhkan keberadaannya di kota besar. Pembangunan sistem izin sebenarnya sudah direncanakan dengan akan dibangunnya sistem jaringan kereta api bawah tanah. Tingkat yang berada di atasnya dapat dimanfaatkan untuk jalan, pertokoan, atau fasilitas lainnya.
Inti ilustrasi penelitian di atas adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel