Contoh Soal Mengomentari Berbagai Laporan

Contoh Soal Mengomentari Berbagai LaporanTernyata, laporan dapat disajikan secara tertulis dan lisan. Saat mendengarkan laporan yang disajikan secara lisan, kalian dapat memberi komentar terhadap isi laporan. Jika informasi yang diperoleh dari laporan sesuai dengan pemikiran kalian, kalian dapat memberikan dukungan. Sebaliknya, informasi tersebut tidak sesuai dengan pemikiran kalian, maka kalian dapat memberikan kritik atau saran. 
      Memberikan saran perbaikan adalah memberikan tanggapan yang disertai dengan uraian atau pertimbangan baik buruk terhadap suatu hal. Saran perbaikan bisa juga disebut sebagai kritik. Kritik muncul karena seseorang tidak setuju atau tidak suka terhadap sesuatu. Selain memberikan kritikan, kalian juga dapat memberikan dukungan terhadap suatu pendapat. Dukungan yang baik tentunya harus disertai dengan alasan yang berupa uraian.

Sebelum melakukan saran perbaikan pada pembicara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
2. Mencatat hal-hal yang penting untuk diberi saran perbaikan.
3. Mengemukakan saran perbaikan dengan bahasa yang baik.
4. Berikan argumen untuk memperkuat saran perbaikan yang kalian ungkapkan.
Jika saran perbaikan akan disampaikan secara lisan, kalian perlu memperhatikan hal-hal berikut.
a. Kemukakan isi saran perbaikan dengan bahasa yang baik, nada yang biasa, tidak terkesan menentang, atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
b. Jika memang diperlukan untuk memperjelas yang dimaksud, bisa diberikan penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang dimaksud.
      Selain itu, tata cara dalam menyampaikan saran perbaikan terhadap suatu hal harus menggunakan bahasa yang sopan. Untuk menyampaikan maksud kritikan atau dukungan, kalian dapat menggunakan kata kunci seperti berikut:
1. Saya sependapat/setuju . . . .
2. Saya kurang sependapat . . .

Perhatikan contoh laporan berikut

      Lokasi Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi tidak jauh dari jalan utama kecamatan. Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi merupakan dua desa yang berdampingan. Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi dapat dicapai dengan angkutan umum maupun ojek. Meskipun terletak tidak jauh dari jalan utama kecamatan, kedua desa ini perkembangannya relatif lambat dibandingkan desa-desa yang lain. Perkembangan yang lambat ini disebabkan kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa.
      Oleh karena itu, Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi memerlukan sosok-sosok yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan terhadap warganya agar dapat mengembangkan keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa mereka sendiri.
Latihan:
1. Catatlah pokok isi laporan tersebut!
• Lokasi Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi tidak jauh dari jalan utama kecamatan
• Meskipun terletak tidak jauh dari jalan utama kecamatan, kedua desa ini perkembangannya relatif lambat dibandingkan desa-desa yang lain
• Perkembangan yang lambat ini disebabkan kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa
• Kedua desa memerlukan sosok-sosok yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan terhadap warganya
2. Sampaikan saran perbaikan terhadap laporan tersebut!
• Saya sependapat dengan pernyataan perkembangan pembangunan desa yang lambat karena kurangnya keterampilan penduduk dalam mengolah dan mengembangkan desa, tetapi alangkah baiknya jika pembicara memaparkan data statistik mengenai profesi warga desa untuk mendukung pernyataan tersebut.
• Saya kurang sependapat dengan pernyataan “kedua desa memerlukan sosok-sosok yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan terhadap warganya”, karena tanpa perhatian dan mediasi langsung dari pemerintah tidak mungkin masyarakat sipil dapat langsung memberikan penyuluhan kepada warga lainnya.

Contoh Soal Mengomentari Berbagai Laporan

Kalimat yang tepat sebagai saran perbaikan laporan adalah ….
Cermatilah kalimat laporan berikut!
Semoga tayangan informasi ini memberi pencerahan untuk reportase-reportase selanjutnya.
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah….
Seni bisa memperkaya kehidupan seseorang karena seni memberikan pengalaman keindahan. Sebuah karya seni dikatakan bermutu, jika terdapat pengalaman emosi atau pengalaman keindahan yang unik dan bermakna. Akan tetapi, sayangnya tidak semua karya seni memiliki kualitas yang bermakna.
Kritik di atas mengemukakan masalah .
Perhatikan sebuah laporan berikut ini!

Berbagai keprihatinan terus bermunculan mengenai sastra dalam ranah pendidikan tanah air. Selama beberapa dasawarsa terakhir, sastra Indonesia selalu ditempatkan di sebuah sudut jauh dan kumuh dengan hanya diberi jatah alokasi waktu pembelajaran seadanya. Keprihatinan ini bahkan melampaui perubahan dan pergantian kurikulum pendidikan itu sendiri. Sastra Indonesia, dalam ini pelajaran linguistik dan bahasa, seakan-akan hadir di dalam dunia pendidikan kita, hanya sebagai objek (pelengkap-penderita), bukan sebagai subjek atau kata kerja. Keadaan itu semakin parah dengan adanya pandangan umum bahwa sastra sukar didekati dan sulit dipahami. Seolah-olah sebagian besar masyarakat kita menyimpulkan bahwa sastra Indonesia bukanlah pelajaran yang mudah untuk diajarkan maupun dipelajari.
Berikut ini kalimat pernyataan yang sesuai dengan kritik di atas adalah....
Perhatikan laporan berikut ini!
Sampah menjadi masalah penting saat ini, terutama untuk kota-kota besar yang padat penduduknya. Lebih dari itu, sampah bisa menjadi persoalaan krusial kalau tidak ditangani serius. Sampah yang tidak terurus tentu berdampak besar terhadap infrastruktur kota, termasuk kerawanan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup. Oleh karena itu, pengelolaan sampah kota perlu didukung melalui partisipasi masyarakat sebagai produsen sampah.
Kalimat yang bukan merupakan informasi pendukung adalah….
Perhatikan kutipan berikut dengan saksama!
Apakah impian sais dokar? Sederhana. Punya dokar sendiri, kawin dengan gadis idaman dan mendapat anak. Di samping itu, memelihara orang tua dan mertua, adik-adik dan ipar-ipar.
Demikianlah Sais Uju yang mengidamkan gadis Een. Ia bekerja keras. Pagi menarik dokar, malam hari bekerja menjaga gudang.
Kutipan laporan di atas mengungkapkan masalah….
Mengantisipasi peredaran makanan kadaluarsa, pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Sukabumi mengadakan razia makanan kadaluarsa ke sejumlah pedagang-pedagang pasar yang ada di wilayah kabupaten Sukabumi.
Kalimat saran perbaikan yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ...
Berikut ini adalah hal-hal yang harus disiapkan sebelum melakukan saran perbaikan terhadap pembicara, kecuali….
Laporan berita termasuk jenis teks ….
Hal yang tidak perlu dicatat pada saat menyimak informasi penting adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel