Contoh Soal Perlawanan Rakyat Gowa

Contoh Soal Perlawanan Rakyat GowaWilayah kerajaan Gowa adalah daerah yang dulunya tidak masuk ke dalam incaran Belanda dalam ekspansi yang dilakukannya ke wilayah Nusantara karena memperhitungkan posisi Gowa yang berada di bagian Timur Indonesia. Belanda mengetahui pentingnya pelabuhan Gowa setelah peristiwa perampasan yang dilakukan pada kapal Portugis yang baru berlayar meninggalkan Gowa dengan membawa muatan rempah – rempah. Peristiwa inilah yang menjadi kesimpulan Belanda bahwa pelabuhan Gowa adalah pelabuhan yang strategis sebagai hub antara Maluku dan Malaka.
Belanda mencoba menjalin hubungan dengan mengirimkan surat kepada Sultan Gowa dengan meminta izin untuk melakukan aktivitas perdagangan di tempat tersebut. Izin diberikan Belanda dengan syarat bahwa Belanda hanya melakukan aktivitas perdagangan saja tanpa melakukan konflik senjata dengan pedagang asing lainnya di tempat tersebut. Hubungan baik ini hanya berlangsung sesaat karena beberapa waktu setelahnya, Belanda mulai membukik Kerajaan Gowa untuk memutuskan hubungan dagang dengan Portugis. Permintaan ini ditolak sehingga terjadi bentrokan pertama antara Belanda dan Kerajaan Gowa.
Belanda mulai menyusun rencana untuk melumpuhkan kerajaan Gowa. Pada tahun 1634 diadakan pemblokiran terhadap kerajaan Gowa. Dengan bantuan dari kapal yang datang dari Batavia, Belanda memblokir Somba Opu. Pada awal tahun 1654 terjadi perang, kerajaan Gowa telah menyiapkan u armada perang untuk berlayar ke Maluku. Konflik bermula karena Belanda merampas kayu cendana yang telah dijual rakyat Makassar kepada Portugis. Pertempuran terjadi di Buton dan Maluku. Belanda kewalahan dengan perang ini karena dijalankan di beberapa tempat yang saling berjauhan sehingga merepotkan. Akhirnya pada 27 Februari 1656 disepakati perjanjian gencatan senjata yang menguntungkan Makassar. Akan tetapi tahun 1660 VOC menyiapkan diri untuk berperang. Perang dimulai ketika armada ini sampai di depan Somba Opu,dan menyebar ke kerajaan Gowa. Dalam serangan ini, Belanda berhasil merebut benteng Penanukang.
Atas kekalahan ini Sultan Gowa diwajibkan menandatangani perjanjian yang sangat merugikan karena harus melepas Buton, Manado, dan Kepulauan Maluku,disebutkan jugaPortugis harus meninggalkan Kerajaan Gowa.Serangan selanjutnya Belanda atas Gowa terjadi pada tanggal 19 juni 1667, Belanda di bawah pimpinan Speelmen melakukan penyerangan ke benteng Gowa di Somba Opu. Perlawanan rakyat Makassar akhirnya mengalami kegagalan. Salah satu faktor penyebab kegagalan rakyat Makassar adalah keberhasilan politik adu domba Belanda terhadap Sultan Hasanudin dengan Aru Palaka yang merupakan raja Kerajaan Bone. Di bantu oleh Aru Palaka, Belanda ahirnya dapat mengalahkan pos-pos kerajaan Gowa dan berhasil merebut kerajaan Gowa. Pada akhir peperangan, Sultan Hasanuddin dipaksa menandatangani perjanjian Bongaya pada tahun 1667 yang isinya sangat merugikan pihak Makassar yang isinya sebagai berikut:
1) VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.
2) Makassar harus melepas seluruh daerah bawahannya, seperti Sopeng, Luwu, Wajo, dan Bone.
3) Aru Palaka dikukuhkan sebagai Raja Bone.
4) Makassar harus menyerahkan seluruh benteng-bentengnya.
5) Makassar harus membayar biaya perang dalam bentuk hasil bumi kepada VOC setiap tahun.
Walaupun perjanjian telah diadakan, tetapi perlawanan rakyat Makassar terhadap Belanda tetap diteruskan oleh putra Sultan Hasannudin yaitu Mapasomba. Untuk menghadapi perlawanan rakyat Makassar, Belanda mengerahkan pasukannya secara besar-besaran dan pada akhirnya Belanda berhasil menghancurkan Makassar dan menguasai wilayah kerajaan tersebut sepenuhnya.

Contoh Soal Perlawanan Rakyat Gowa

Kerajaan Gowa adalah sebuah kerajaan Islam yang terletak di wilayah ….
Sebelum masuknya VOC ke wilayah Gowa, kerajaan menjalin hubungan dagang dengan ….
Upaya agresi pertama Belanda ke wilayah kerajaan Gowa berlangsung pada tahun ….
Benteng pertahanan Gowa yang berhasil direbut Belanda dalam serangannya pada tahun 1660 adalah ….
Fakta berikut yang tidak sesuai dengan sejarah Kerajaan Gowa adalah ….
Portugis meninggalkan Gowa pada tahun ….
Pemimpin Kerajaan Gowa di masa perlawanan terhadap VOC adalah ….
Pimpinan pasukan Belanda menggempur Somba Opu adalah ….
Sultan Hasanuddin menjalin hubungan baik dengan kerajaan tetangganya, yaitu ….
Perjanjian Bongaya ditandatangani Sultan Hasanuddin dan perwakilan VOC pada tahun ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel