Contoh Soal Gejala Pemanasan Global

Contoh Soal Gejala Pemanasan Global Pada Topik ini kita akan membahas tentang gejala pemanasan global. Kalian akan belajar mengenai efek dari pemanasan global, penyebab, serta cara menanggulanginya. Setelah mempelajari hal ini, kita diharapkan mampu berperan serta mengurangi aktivitas pemanasan global.
Gejala pemanasan global adalah gejala naiknya suhu rata-rata di permukaan bumi. Suhu di bumi saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan beberapa abad sebelumnya. Efek yang ditimbulkan oleh pemanasan global ini bermacam-macam seperti terganggunya ekosistem darat dan laut, meningkatnya rata-rata air di permukaan laut, mencairnya es di kutub dan banyak wilayah rendah yang terendam air. Apakah penyebab terjadinya pemanasan global? 

Mari kita simak penjelasan berikut ini!!

Salah satu penyebab dari terjadinya pemanasan global adalah efek rumah kaca. Sebagian besar efek rumah kaca terjadi karena aktivitas manusia. Proses pembakaran batu bara, penggunaan bahan bakar motor dan aktivitas industri banyak menghasilkan gas CO sebagai gas utama penyebab efek rumah kaca. Jika produksi CO melimpah maka alirannya hanya akan berputar di dalam atmosfer bumi saja. Jika hal tersebut dibiarkan untuk jangka waktu yang lama, maka suhu rata-rata di bumi akan meningkat. Selain CO adapula gas yang cukup berbahaya yaitu CFC (chlorofluorocarbon) atau biasa dinamakan Freon. Freon ini merupakan senyawa pengisi AC, lemari pendingin, dsb. Jika produksi Freon melimpah maka lapisan ozon akan semakin menipis karena CFC mampu berikatan dengan unsur O3.
Gambar 1. Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca merupakan fenomena alamiah yang harus terjadi, tanpa adanya efek ini, suhu di bumi akan menjadi sangat rendah dan beku. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak gas-gas baru yang dihasilkan oleh aktivitas manusia di bumi. Penambahan gas-gas baru tersebut menimbulkan efek rumah kaca yang cukup berbahaya bagi manusia karena panas yang tertahan di bumi menjadi berlebihan.
Nah, kalian sekarang sudah tahu bahwa gejala pemanasan global diakibatkan oleh ulah manusia sendiri. Penggunaan bahan bakar minyak yang tidak terkendali, penggunaan gas-gas yang menyebabkan efek rumah kaca, semua adalah hasil dari kerja manusia. Semua kerja itu memang pada awalnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Hanya saja, kita kadang lupa akan efek sampingnya. Sebagai pelajar, kalian harus memiliki kesadaran akan lingkungan. Tidak hanya lingkungan di daerah sendiri tapi juga lingkungan alam semesta. Apa yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi efek pemanasan global ini?
Mengurangi efek pemanasan global tidak dapat jika hanya dilakukan oleh satu orang. Kontribusi semua manusia di bumi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Sebenarnya banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemanasan global, misalnya meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor dengan beralih ke sepeda, berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum. Hal semacam itu tentu mampu mengurangi pemakaian bahan bakar minyak. Lalu, bisa juga kita melakukan penghijauan dengan menanam tumbuhan di tempat-tempat rawan polusi. Peran tumbuhan untuk mengatasi pemanasan global memang tidak dirasakan secara langsung, minimal produksi gas-gas CO dan gas lainnya mampu dikurangi jika semakin banyak tumbuhan.

Contoh Soal Gejala Pemanasan Global

Pemanasan global adalah....
Contoh gas yang dapat menimbulkan kerusakan atmosfer adalah....
Pada prinsipnya efek rumah kaca adalah fenomena yang lazim terjadi agar bumi tidak membeku karena tertutup es. Akan tetapi, saat ini efek rumah kaca sudah dianggap sebagai fenomena yang berbahaya karena....
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala pemanasan global adalah....
Melelehnya es di kutub dapat membahayakan manusia di bumi. Hal tersebut karena....
Menanam tumbuhan dapat mengurangi gejala pemanasan global karena....
Bahan bakar minyak merupakan sumber energi utama bagi sektor industri. Efek samping dari penggunaan bahan bakar ini adalah polusi dan efek rumah kaca. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah...
Salah satu akibat dari pemanasan global adalah perubahan cuaca yang ekstrim. Hal ini menyebabkan produksi pangan dunia menjadi terganggu. Hal tersebut karena....
Revolusi industri adalah perubahan pola hidup manusia dari sektor agraria menjadi sektor industri. Banyak sisi positif dari munculnya era industri ini, namun banyak juga negatifnya. Contoh sisi negatif dari era industri ini adalah....
Contoh nyata efek pemanasan global saat ini adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel