Contoh Soal Analisis isi teks eksposisi

Contoh Soal Analisis isi teks eksposisiSebelumnya, kita sudah mengetahui langkah-langkah membuat teks eksposisi berdasarkan struktur dan ciri bahasanya. Pada kali ini, kita akan menganalisis isi teks eksposisi. Mari kita ingat kembali, saat kalian ingin menjelaskan sesuatu kepada orang lain, hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya agar informasi tersebut dapat dipahami dengan baik. Misalnya kalian ingin menjelaskan tentang cara merawat pakaian berwarna putih. Tentu saja yang akan kalian lakukan adalah menjelaskan langkah-langkah perawatan sehingga orang lain menjadi paham. Penjelasan kalian itulah yang dinamakan dengan eksposisi.
Ciri-ciri teks eksposisi 
1. Berusaha menjelaskan sesuatu
Seseorang yang menulis eksposisi berusaha memberitahukan sesuatu kepada orang lain sehingga dapat menambah menambah pengalaman baru bagi orang tersebut. Sesuatu yang dijelaskan itu berupa ide, buah pikiran, atau pendapat (opini).
2. Ada dukungan berupa data
Tulisan eksposisi bertujuan untuk menjelaskan suatu informasi. Untuk mendukung kebenaran informasi tersebut maka dibutuhkan data yang akurat.
Jenis-jenis teks eksposisi
1. Eksposisi definisi, artinya menjelaskan sesuatu berupa konsep, pengertian. Contohnya pengertian tentang eksposisi itu sendiri.
2. Eksposisi proses, artinya menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu atau bagaimana sesuatu bisa bekerja. Contohnya proses pembuatan teh botol.
3. Eksposisi klasifikasi, artinya mengenal karakteristik yang sama. Contohnya klasifikasi makanan yang sehat bagi bayi.
4. Eksposisi sebab-akibat, artinya mengarah pada sebuah akibat yang memiliki sebab atau sebaliknya. Contohnya tawuran massa
5. Eksposisi perbandingan, artinya membandingkan sesuatu dengan yang lain. Contohnya pelaksanaan kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013.
Contoh Soal Analisis isi teks eksposisi

SOAL 1
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks tersebut adalah siklus ...

SOAL 2
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....

SOAL 3
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....

SOAL 4
Topik yang sesuai untuk karangan eksposisi adalah ...

SOAL 5
Permusuhan antara keluarga kadang berawal dari masalah sepele. Biasanya yang menjadi pemicu adalah masalah anak-anak. Misalnya saja, anak si A dengan tidak sengaja memukul anak si B sehingga membuatnya menangis. Si B merasa kurang senang sehingga memarahi anak si A. Si A yang mendengar informasi bahwa anaknya dimarahi jadi naik pitam. Akhirnya terjadilah pertengkaran kedua belah pihak dan kadang berujung kekerasan fisik.
Inti permasalahan tersebut adalah ...

SOAL 6
Membersihkan kaca jendela juga ada seninya. Jangan mengusap-usap lap secara berputar-putar. Usahakan mengelapnya dengan gerakan dari atas ke bawah. Kalau perlu diulangi secara sistematis dari kiri ke kanan.
Hal yang tidak dikemukakan dalam teks adalah ...

SOAL 7
Setiap orang memiliki perbedaan dalam pemilihan bahan untuk dibaca. Perbedaan itu muncul karena adanya perbedaan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, atau profesi yang berbeda. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh tujuan membaca yang berbeda.
Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut adalah ...

SOAL 8
Cermatilah paragraf acak berikut!
Tata cara makan di restoran:
1) Makan dengan santai
2) Meminta struk pembayaran kepada pelayan
3) Duduk pada tempat yang diinginkan
4) Pesan menu favorit
5) Menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran
6) Membayar makanan
7) Ke luar restoran
Urutan yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu adalah ...

SOAL 9
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...

SOAL 10
Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel