Contoh Soal Membandingkan Teks Berita

Contoh Soal Membandingkan Teks BeritaSecara umum, langkah-langkah membandingkan teks berita adalah sebagai berikut.
1. Membaca dua teks berita yang akan dibandingkan dengan saksama;
2. Menentukan tema atau topik utama kedua teks berita tersebut;
3. Menentukan dan menandai unsur 5W + 1H dalam kedua teks berita tersebut;
4. Menentukan persamaan dan perbedaan informasi di antara kedua teks berita dengan memperhatikan hal berikut.
- Judul berita;
- Tema berita;
- Isi berita sesuai dengan aspek 5w + 1H;
- Penekanan judul dan isi berita, apakah menekankan pada unsur peristiwa (what), orang yang terlibat di dalam peristiwa (who), tempat peristiwa (where), waktu peristiwa (when), alasan terjadinya peristiwa (why), atau proses terjadinya peristiwa (how). Penekanan judul atau isi berita dalam dilihat dari unsur yang pertama disebutkan dalam judul atau isi berita.

Contoh Soal Membandingkan Teks Berita


SOAL 1
Teks A
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan melakukan operasi pasar bersama pihak kepolisian setempat. Operasi pasar tersebut dilakukan untuk mengontrol harga daging sapi yang beredar. Pusat pedagang sapi di 15 pasar tradisional pun diperiksa satu per satu. “Kita sudah datangi 15 pasar tradisional. Secara umum harga daging sapi normal,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Pasuruan, Daya Aji, di Pasar Wonorejo, Rabu (12/8/2015). Menurut Daya, rata-rata harga daging sapi lokal di pasar-pasar tersebut mencapai Rp100 ribu per kilogram. Bahkan di sejumlah pasar ditemukan harga Rp95 ribu per kilogram. Pihaknya juga memastikan bahwa pasokan daging sapi ke pasar-pasar tradisional di Kabupaten Pasuruan lancar.
Teks B
Mahalnya harga-harga kebutuhan pokok berimbas pada kenaikan barang lainnya. Di antaranya adalah harga daging ayam yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan harga daging ayam terjadi di sejumlah pasar tradisional di Lamongan., Jawa Timur, Rabu (30/1/2008). Kenaikan tersebut telah terjadi sejak sepekan terakhir. Beberapa pasar tersebut antara lain pasar utama di Lamongan, yaitu Pasar Lamong Raya, Pasar Babat, dan Pasar Sidoharjo. Bila harga daging ayam petelur sebelumnya hanya Rp14 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp16 ribu. Adapun harga daging ayam potong dari Rp15 ribu menjadi Rp17 ribu per kilo. Pada harga ayam kampung, kenaikan terjadi secara drastis, yaitu dari Rp25 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp40 ribu per kilo.
Persamaan kedua teks berita di atas adalah ....

SOAL 2
Teks A
Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala Indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Perintis Ninia di Distrik Ninia, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, Rabu (11/8/2015). Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. Pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “Pesawat menabrak rumah warga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Patridge Renwarin. Sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot Hermantiono mengalami pingsan. Para korban segera dievakuasi ke RS Wamena dengan menggunakan pesawat Dimoni.
Teks B
Jet tempur F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Rabu (24/6/2015). Kecelakaan disebabkan masalah teknis. Badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “Hanya emergency saja. Saat mau mendarat sudah normal. Sudah berhenti tapi roda masuk lagi,” ujar Kadispenau Marsma Dwi Badarmanto. Peristiwa tersebut berawal saat pilot sedang menggelar latihan rutin. Pilot berangkat selepas subuh dan hendak mendarat sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pilot pun dalam kondisi baik. Setelah menyentuh landasan, tiba-tiba roda masuk kembali ke dalam badan pesawat.
Perbedaan di antara kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....

SOAL 3
Teks A
Jalan di sepanjang pantai utara yang menghubungkan Surabaya dan Banyuwangi ambrol dihantam ombak besar, Senin (10/8/2015) dini hari. Ambrolnya jalan paling parah terjadi di Watu Dodol, Banyuwangi. Penyebab ambrolnya jalan tersebut adalah abrasi yang terus-menerus. Jalur yang seharusnya dapat dipakai empat lajur tersebut, hingga Selasa (11/8/2015), terpaksa difungsikan hanya dua lajur. Menurut Wisesa (34), pemilik warung makan di Watu Dodol, saat jalan ambrol, kondisi lalu lintas sedang sepi. Biasanya jalur tersebut ramai dilewati truk berbobot lebih dari 20 ton. Ombak besar juga mengakibatkan longsoran di beberapa titik bahu jalan sepanjang 15 meter. Aspal jalan memang belum tergerus, namun fondasinya mulai terkikis ombak.
Teks B
Kondisi jalan di Kecamatan Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, rusak parah. Bahkan, kerusakan jalan mencapai 60 kilometer. Padahal, jalur tersebut adalah akses satu-satunya yang biasanya dilewati warga Arso Timur. Kecamatan tersebut dihuni oleh sekitar 7.000 warga yang tersebar di 11 desa. Hingga Selasa (11/8), kondisi jalan terparah berada di empat desa, yakni Ujung Karang, Sangke, Yeti, dan Kibay. Di keempat desa tersebut belum terdapat jalan aspal. Jalan juga dipenuhi oleh lubang dengan kedalaman mencapai 15 sentimeter. Ironisnya, ratusan kendaraan berat pengangkut kayu dan sawit melewati jalan tersebut setiap harinya. Dengan begitu, kondisi jalan berdebu dan menganggu jarak pandang. Kondisi tersebut juga membahayakan pejalan kaki karena mengganggu kesehatan.
Perbedaan kedua teks berita di atas adalah ....

SOAL 4
Teks A
Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Tegal, Jawa Tengah, menolak hukuman disiplin yang dijatuhkan oleh Wali Kota Tegal kepada mereka. Para PNS tersebut terdiri atas 10 pejabat eselon II dan 5 pejabat eselon III. Menurut mereka, proses penberian sanksi tersebut cacat hukum dan terkesan dipaksakan. Hukuman yang dijatuhkan tersebut terkait dengan demonstrasi penolakan kepemimpinan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno. Demonstrasi tersebut dilakukan oleh sejumlah PNS yang tergabung dalam Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Tegal, Rabu (20/5/2014). Semua PNS tersebut telah mendapatkan surat pemanggilan pemeriksaan atas dugaan pelanggaran kedisiplinan sebanyak dua kali, Selasa. Namun, mereka secara bersama-sama menolak undangan tersebut.
Teks B
Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Tegal, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia, berunjuk rasa menolak kepemimpinan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno, Rabu (20/5/2014). Demonstrasi yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional tersebut dilakukan bersama dengan mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat, seperti pedagang kaki lima. Mereka menilai, wali kota telah menjalankan kepemimpinan secara arogan dan mengutamakan kepentingan pribadi. Koordinator aksi juga menyebutkan bahwa wali kota telah melanggar sumpah serta janji sebagai wali kota. Maka, mereka mendesak DPRD Kota Tegal, aparat penegak hukum, Gubernur Jawa Tengah, serta Menteri Dalam Negeri segera bersikap dengan memproses pemberhentian Wali Kota Tegal.
Perbedaan penekanan isi pada kedua berita di atas adalah ....

SOAL 5
Teks A
Pertandingan bulu tangkis melawan pasangan ganda campuran asal Rusia, Rodion Kargaev dan Ekaterina Bolotova, bagaikan pemanasan bagi pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Laga dalam Total BWF Championship yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/8/2015), berjalan sempurna atas kemenangan Tontowi-Liliana dengan skor 21-11, 21-11. “Terus terang, laga hari ini kami gunakan untuk mengenal kondisi lapangan, angin, dan stadion. Kami juga memanfaatkannya untuk mengasah kerja sama dan komunikasi,” kata Liliana. Dengan tekanan yang cenderung ringan, Liliana dan Tontowi tampak begitu rileks di lapangan. Pada game pertama, keduanya mencoba tampil agresif melalui serangkaian smes tajam ke area yang sulit dijangkau. Meski sempat kehilangan lima poin berturut-turut, pukulan pendek Liliana di depan net menjadi penentu kemenangan di mereka game pertama.
Teks B
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir meraih gelar runner up di ajang Denmark Open Super Series Premier 2014. Tontowi-Liliyana dikalahkan pasangan ganda Tiongkok, Xu Chen dan Ma Jin, di babak final. Tontowi-Liliyana mengawali laga cukup menjanjikan pada set pertama yang digelar di Odense Sports Park, Minggu (19/10/2014). Ganda campuran peringkat ke-4 dunia ini mampu mengungguli Xu-Ma dengan skor 8-6. Namun, Xu-Ma mampu membalikkan keadaan dan mengunci kemenangan di set pertama dengan skor tipis 22-20. Memasuki set kedua, Xu-Ma tampil lebih baik sehingga unggul 17-11 atas Tontowi-Liliyana. Pasangan ganda campuran Indonesia pun akhirnya kalah dengan skor 15-21 dalam pertandingan yang hanya berlangsung 43 menit ini. Satu-satunya wakil Indonesia di babak final Denmark Open ini pun harus puas meraih posisi runner up.
Informasi yang tepat berdasarkan kedua teks berita di atas adalah ....

SOAL 6
Teks A
Lembaga keuangan Komisi Eropa menyetujui dana bantuan sebesar 2,4 miliar euro atau setara dengan Rp35,6 triliun untuk menangani gelombang migran, Senin (10/8/2015). Negara yang menerima porsi terbesar adalah Italia dan Yunani. Di Brussels, Belgia, juru bicara Komisi Eropa, Natasha Bertaud, mengatakan, dana tersebut diberikan selama enam tahun. Yunani yang kini dilanda krisis ekonomi terus dibanjiri migran sehingga memperoleh porsi terbesar, yakni 560 juta euro. Adapun Italia menerima 473 juta euro. Sebagian dari dana 2,4 miliar euro tersebut, menurut Bertaud, segera dicairkan untuk membantu penanganan migran yang mulai membanjiri Inggris dari Pelabuhan Calais, Perancis.
Teks B
Pemerintah Yunani dapat bernapas lega setelah parlemen Jerman menyetujui perpanjangan pembayaran utangnya selama empat bulan. Dengan begitu, Yunani dinyatakan selamat dari kebangkrutan, Jumat lalu (27/2/2015). Sebelumnya, Bank Sentral Eropa, Komisi Eropa, dan Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui perpanjangan waktu pembayaran utang bagi Yunani. Setelah persetujuan tiga lembaga besar tersebut, negara anggota harus meminta persetujuan parlemen, di antaranya Jerman. Persetujuan para kreditor tersebut meningkatkan kepercayaan warga Yunani terhadap kredibilitas pemerintah. Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, optimistis bahwa dana 700 juta euro yang didepositokan oleh warga setelah berita tersebut tersebar, merupakan awal perbaikan ekonomi Yunani yang telah lama dilanda krisis. Namun demikian, jumlah deposito tersebut belum sebanding dengan penarikan uang oleh masyarakat yang mencapai 20 miliar euro.
Persamaan informasi dalam kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....

SOAL 7
Teks A
Bahan pangan tak aman masih ditemukan beredar di sejumlah tempat perbelanjaan di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Petugas terus memantau dan melakukan pemeriksaan secara mendadak untuk melindungi masyarakat. Sejumlah pegawai Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu memeriksa makanan, bahan makanan, dan bingkisan di sejumlah tempat, Senin (6/7/2015). Hasilnya, sejumlah makanan yang kedaluwarsa masih banyak ditemukan. Selain itu, ada juga makanan yang tak dilengkapi dengan informasi tanggal produksi dan kadaluwarsa. Koordinator Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Palu Passima, menyatakan bahwa petugas menemukan dua kardus kecap yang kedaluwarsa. Produk itu pun akan dimusnahkan seusai inspeksi mendadak di dua mal di Palu tersebut. Di tempat lain, petugas juga menemukan wafer tanpa informasi produksi, seperti nomor registrasi, kode produksi, komposisi makanan, dan masa berlakunya. Makanan tersebut dikemas dalam wadah plastik transparan. Setelah diteliti, kemasan tersebut dialihkan dari kemasan aslinya.
Teks B
Peredaran makanan dan minuman berbahaya masih ditemukan di Cilacap, Jawa Tengah. Selain makanan dengan zat kimia berbahaya juga ditemukan minuman sari jeruk palsu yang dikemas secara rapi. Minuman palsu tersebut terbukti memicu diare. Minuman berbahaya tersebut ditemukan di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern di Cilacap. Petugas yang merazia juga menemukan kudapan hasil olahan warga ataupun industri rumahan yang mengandung rhodamin B, zat pewarna yang biasa digunakan untuk pewarna pakaian. Temuan lainnya antara lain cincau dan teri terasi berformalin di Pasar Gede Cilacap. Menurut Sujarwati, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, Farmasi, Makanan, dan Minuman pada Dinas Kesehatan Cilacap, makanan berformalin mudah diketahui melalui tekstur dan baunya.
Unsur yang merupakan persamaan kedua teks berita di atas adalah ....

SOAL 8
Teks A
Aktivitas warga di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat, berangsur pulih setelah dilanda banjir beberapa hari lalu. Namun, hujan masih berpotensi besar turun kembali sehingga membuat masyarakat khawatir banjir susulan akan terjadi. Hujan lebat sepanjang Selasa sore (11/8/2015) membuat Sungai Batang Timbalun meluap. Luapan tersebut merendam permukiman warga di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Data terkini menyebutkan, sebanyak 1.862 kepala keluarga di lima kelurahan, yakni Bungus Barat, Bungus Timur, Bungus Selatan, Teluk Kabung Utara, dan Teluk Kabung Tengah terkena dampak banjir tersebut. Selain merendam rumah warga, banjir juga membuat sawah seluas 15 hektar di Bungus Barat terancam gagal panen. Selain itu, terjadi pergeseran tanah menyebabkan dua rumah warga ambruk dan merusak sebuah jembatan. Sementara itu, genangan air masih terlihat di beberapa rumah warga dan juga lahan persawahan di Desa Bungus Barat, sekitar 50 KM dari Kota Padang.
Teks B
Gempa berkekuatan 4,2 skala Richter terjadi di tenggara Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Akibat gempa, puluhan rumah rusak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Pemerintah daerah dibantu aparat kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia, Jumat (26/6/2015), bergotong royong memperbaiki rumah-rumah yang rusak agar warga bisa menempati kembali rumahnya. Anggota Taruna Siaga Bencana, Bambang Wahyu Tamtomo, menyebutkan, terdapat 70 rumah yang rusak akibat gempa. Rumah tersebut berada di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, dan Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Kerusakan rumah warga bermacam-macam, seperti genteng rumah yang bergeser hingga jatuh ke tanah, dinding tembok rumah retak, dan kerusakan parah pada lantai. Beberapa rumah bahkan dindingnya ambruk. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Madiun Edy Hariyanto mengatakan, berdasarkan data dari BMKG Tretes, gempa berkekuatan 4,2 skala Richter terjadi Kamis (25/6/2015) pagi pukul 10.35 WIB.
Berikut persamaan peristiwa dalam kedua teks berita di atas, kecuali ....

SOAL 9
Teks A
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah memberikan hampir semua wewenang kehutanan dari pemerintah kabupaten/kota kepada pemerintah provinsi. Hal tersebut membuat pengelolaan hutan sulit diperbaiki, terutama jika kapasitas Sumber Daya Alam tidak diperbaiki. Demikian pendapat Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor Hariadi Kartodihardjo, Rabu (11/3), di Jakarta. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diharapkan dapat memberi solusi masalah kehutanan. Menurut Rochimah Nugrahini dari Direktorat Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, contoh solusi untuk memperbaiki masalah tersebut adalah tidak dihanguskannya wewenang menteri untuk menetapkan area kerja hutan desa dan hutan kemasyarakatan. Dengan demikian, tidak diperlukan izin kepala daerah untuk melakukan mekanisme tersebut. Maka, pengelolaan hutan dapat dilakukan secara lebih efektif.
Teks B
Penebangan hutan di Indonesia masih dilakukan secara masif. Hal tersebut dilakukan karena adanya anggapan hutan sebagai sumber kayu. Padahal, dengan menjaga kelestarian hutan, manfaat ekonomi sekaligus ekologi dapat diperoleh. Hal tersebut yang dibuktikan oleh Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Berkelanjutan di Kalimantan Selatan. Menurut Ketua KRPHB, Prof. Dr. Yudi Firmanul Arifin, Indonesia dikenal sebagai negeri berhutan tropis terluas. Hal itu membuat Indonesia memiliki keragaman hayati terkaya kedua setelah Brasil. Maka, keberadaan hutan Indonesia sangat penting bagi warga dunia karena berfungsi sebagai paru-paru Bumi. Hutan Indonesia berguna sebagai penyerap gas karbon dan pelepas oksigen ke udara. Namun, menurut analisis Forest Watch Indonesia, sejak 2009, hutan Indonesia terus mengalami penyusutan area hingga 4,6 juta hektar atau seluas 7 kali luas Provinsi DKI Jakarta.
Informasi yang tidak tepat berdasarkan kedua teks berita di atas adalah ....

SOAL 10
Teks A
Perdana Menteri Jepang, melalui utusannya, menawarkan proposal pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Proposal tersebut dianggap lebih lengkap daripada proposal yang pernah ditawarkan Tiongkok. Namun demikian, pemerintah belum menentukan pilihan terkait tawaran tersebut. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan A. Djalil, mengatakan, proposal yang diajukan Jepang bersifat teknis. “Pemerintah akan melakukan evaluasi secara fair untuk menentukan proposal mana yang lebih baik,” kata Sofyan seusai mendampingi Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/7/2015). Menurutnya, Jepang menyampaikan keseriusan untuk membantu pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Selain itu, utusan Jepang yang dipimpin Hiroto Izumi, didampingi Sekretaris Rombongan Masaya Sasaki, dan perwakilan dari sejumlah kementerian menyampaikan kesiapan membantu Indonesia membangun jaringan bawah laut Selat Sunda. 
      Proposal pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut akan dievaluasi dan ditentukan segera. Utusan Jepang dipimpin Hiroto Izumi, didampingi Sekretaris Rombongan Masaya Sasaki, dan perwakilan dari sejumlah kementerian Nilai investasi proyek tersebut mencapai Rp 60 triliun. Serapan sebesar itu, kata Luhut, dapat menciptakan lapangan kerja dan dampak ekonomi lainnya. Menurut rencana, rute kereta cepat tersebut dari Dukuh Atas ke Bandung.
Teks B
Hongkong berminat berinvestasi di Indonesia. Investasi tersebut ditujukan untuk sektor manufaktur. Hongkong juga siap bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk memasarkan produksi manufaktur Indonesia, baik di Asia maupun global. Direktur eksekutif Hongkong Trade Development Council (HKTDC) Margaret Fong, mengatakan, salah satu bidang manufaktur yang diincar adalah garmen dan makanan olahan. Saat meresmikan kantor HKTDC di Jakarta, Selasa (10/2) malam, Fong juga menyebutkan, Hongkong memiliki sejumlah perusahaan garmen di Tiongkok. Bahkan, Hongkong juga memiliki Hongkong Fashion Week yang berhasil melahirkan desainer mode berkompeten. Bahkan, produk mode asal Hongkong berlabel Ground Zero sudah diterima di Paris Fashion Week dan pasar dunia.
      Minat investasi Hongkong di sektor manufaktur garmen, ujar Margaret, tidak dapat dilepaskan dari banyaknya anak muda di Indonesia. Kelompok masyarakat berisi muda ini diperkirakan semakin banyak pada tahun mendatang. Apalagi, anak muda Indonesia juga dikenal aktif dan kreatif. Selain itu, Hongkong juga melirik investasi di bidang makanan olahan karena Indonesia dinilai kaya akan hasil pertanian. Investasi untuk industri makanan olahan didukung dengan bantuan Hongkong dalam bidang infrastruktur logistik.
Persamaan informasi pada kedua teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel