Contoh Soal Masyarakat Multikultural

Contoh Soal Masyarakat Multikultural Konsep masyarakat multikultural sesungguhnya relatif baru. Mengutip Ujan (2011), kebijakan multikulturalisme diterapkan untuk pertama kalinya pada tahun 1971 di Kanada guna mengatasi masalah terkait hubungan antarsuku, agama, ras, dan aliran politik. Komisi Kerajaan Kanada (Canadian Royal Commission) mencetuskan kebijakan ini demi memberi jaminan kepada setiap warga negara untuk tetap dapat mempertahankan identitas mereka, berbangga atas adat-istiadat warisan leluhur, dan mempunyai rasa kepemilikan yang mendalam (sense of belonging) terhadap negaranya.
Australia menyusul mendeklarasikan diri sebagai masyarakat multikultural pada tahun 1973 sebagai tanggapan terhadap meningkatnya jumlah pendatang dari negara-negara Asia (Asianization) yang acap menimbulkan perbenturan. Esensi kebijakan multikulturalisme kala itu ialah kesetaraan, menghargai hak budaya komunitas lain, serta diterapkannya prinsip-prinsip demokrasi. Solusi tersebut ternyata sangat efektif, sehingga dalam waktu singkat segera menyebar dan diadopsi oleh banyak negara yang menghadapi dilema perbedaan juga keberagaman. 

Contoh Soal Masyarakat Multikultural


SOAL 1
Kebijakan multikulturalisme diterapkan untuk pertama kalinya pada tahun....

SOAL 2
Komisi Kerajaan Kanada (Canadian Royal Commission) mencetuskan kebijakan multikulturalisme dengan sejumlah tujuan, kecuali ....

SOAL 3
Berikut ini yang bukan merupakan esensi kebijakan multikulturalisme ialah .…

SOAL 4
Dalam konteks masyarakat multikultural, negara memiliki kewajiban moral untuk ....

SOAL 5
Berikut adalah bangunan konsep yang mendukung multikulturalisme, kecuali ....

SOAL 6
Pada masyarakat ‘Amish’ di Amerika Serikat berlaku bentuk multikulturalisme ....

SOAL 7
Pernyataan berikut yang sesuai dengan keadaan masyarakat multikultural akomodatif ialah ....

SOAL 8
Tuntutan muslim imigran di Eropa, yang menuntut untuk dapat menerapkan syari`ah, merupakan pertanda adanya keinginan menerapkan ….

SOAL 9
Prasangka merupakan sebuah sikap (biasanya bersifat negatif) yang ditujukan bagi anggota beberapa kelompok, didasarkan pada .…

SOAL 10
Prasangka acap mewujud menjadi ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel