Sumber - Sumber Gelombang Elektromagnetik

Sumber - Sumber Gelombang Elektromagnetik - Kemajuan teknologi saat ini semakin meningkat berikut dalam penggunaan gelombang elekromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber - Sumber Gelombang Elektromagnetik
Sumber - Sumber Gelombang Elektromagnetik
Seperti apakah gelombang elektromagnetik, apa contoh gelombang elektromagnetik itu?Gelombang elektromagnetik sebenarnya selalu ada disekitar kita, salah satu contohnya adalah sinar matahari (cahaya tampak), inilah jenis cahaya yang membuat kita bisa melihat alam sekitar. Cahaya tampak adalah gelombang elektromagnetik yang masih dapat dipecah kedalam spektrum warna. Pelangi adalah salah satu contoh dari cahaya tampak yang terjadi secara alami ketika hujan atau kabut membiaskan cahaya matahari.

Sumber - sumber Gelombang Elektromagnetik

Radon dan Thoron


Zat radioaktif yang merupakan turunan dari Uranium dan Thorium. Radon dan Thoron yang ada di dalam rumah berasal dari antara lain tanah, bahan bangunan (bata, semen, pasir, dll), air dan gas elpiji. Cara mengurangi dampaknya adalah dengan mengupayakan sirkulasi udara selancar mungkin. Dengan membuka jendela dan ventilasi setiap hari.

Sinar matahari mengandung ultraviolet dan infra merah


Pada pagi hari sudut datang sinar lebar sehingga intensitasnya rendah. Dalam intensitas rendah tidak merusak tubuh, sebaliknya pada siang hari intensitasnya tinggi dan dapat merusak kulit. Cara mencegah: jangan berjemur pada siang hari dan gunakan pelindung seperti topi, payung dan cream yang mengandung tabir surya.

Peralatan las


Peralatan las menghasilkan pancaran sinar UV ultraviolet, yang dapat menyebabkan penyakit katarak. Pencegahannya gunakan pelindung mata, jangan terlalu lama bekerja degan alat las.

Telepon seluler/HP


Menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat merusak sel otak dan sel lain dalam tubuh. Pencegahannya gunakan head set, tidak meggunakan HP saat sinyalnya rendah, sebaiknya menyimpan HP jauh dari organ reproduksi dan sebaiknya membatasi pegguaan HP.

Pesawat televisi


Menghasilkan gelombang elektromagnetik pegion dan tak pegion yang bila terpapar terus menerus dapat menyebabkan ganguan pada mata dan sel tubuh lainnya. Pencegahan:
  • Menonton TV pada jarak 4 x diagonal TV (kurang lebih pada jarak 1,2 m s/d 2 m)
  • Sebaiknya TV diganti baru setelah berusia 6 tahun dipakai
  • Lama menonton di depan TV tidak lebih dari 4 jam secara terus menerus
  • Tidak boleh berada di belakang tabung TV kurang dari 0,5 m

Komputer


Monitor komputer menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bila terpapar terus menerus dapat menyebabkan gangguan pada mata dan organ lainnya. Pencegahan:
  • Menggunakan layar pelindung
  • Tidak lebih dari emapat jam/hari dan diselingi istirahat setiap 1 jam
  • Tidak berada di belakang tabung monitor

Microwave


Menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bila terpapar terus menerus dapat meyebabkan gangguan pada organ tubuh. Pencegahan:
  • Tidak berada di depan microwave pada jarak kurang dari 1 (satu) meter
  • Tidak membuka peralatan microwave sewaktu berfungsi

Alat laser


Peralatan laser menghasilkan pancaran gelombang elektromagnetik dengan energi yang terbundel dan berkas yang padat. Pada tingkat intensitas tertentu sinar laser dapat memotong baja, mengiris tubuh dll. Pencegahannya dapat dilakukan dengan jangan mengarahkan sinar laser ke tubuh, terutama mata.

Antena Transmisi Telepon Seluler/ antena pemancar radio/ satelit bumi


Instalasi ini menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bila terpapar secara terus menerus dapat menyebabkan ganguan kesehatan. Pencegahannya tidak berada pada daerah atau areal stasiun yang menghasilkan paparan radiasi tersebut.

Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET)


Instalasi ini menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bila terpapar secara terus menerus dapat menyebabkan ganguan kesehatan. Pencegahan:
  • Tidak berada di daerah instalasi SUTET
  • Tidak mendirikan bangunan daerah kerja dan tempat bermain anak-anak di bawah instalasi daerah SUTET

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel