Contoh Soal Tema, Latar, dan Alur dalam Cerpen

Contoh Soal Tema, Latar, dan Alur dalam CerpenCerpen merupakan sebuah karangan pendek yang umumnya dalam waktu 10 sampai 20 menit selesai untuk dibaca. Cerpen mengandung penggalan cerita seseorang tentnag sebuah peristiwa, pertikaian, kejadian menyedihkan, atau menyenangkan. Panjang sebuah cerpen umumnya sekitar 17 halaman atau kurang, akan tetapi untuk ukuran cerpen yang jauh lebih panjang, akan menghabiskan waktu membaca sampai 1 jam atau 1 jam setengah.
Beberapa Unsur Instrinsik dalam Cerpen
      Seperti halnya jenis fiksi lain, cerpen juga memiliki unsur-unsur instrinsik di dalamnya. Beberapa unsur intrinsik cerpen di antaranya tema, latar, dan alur. Ketiga unsur intrinsik tersebut saling berhubungan dan membangun sebuah cerpen menjadi utuh. Unsur intrinsik lainnya seperti tokoh, penokohan, dan amanat juga memiliki peran yang sama pentingnya.

Tema

      Tema adalah sebuah gagasan dasar yang bersifat umum dan menjadi penopang dari sebuah cerpen. Tema dalam cerpen sifatnya mengikat baik untuk hadir tidaknya sebuah peristiwa, hadirnya konflik, dan untuk untuk seluruh unsur intrinsik lainnya yang terdapat dalam cerita.

Alur

      Alur cerita merupakan sebuah rangkaian dari peristiwa yang akan membentuk sebuah cerita. Alur berisi jalinan peristiwa yang pada akhirnya akan membuat sebuah cerita atau cerpen berjalan. Setiap penulis cerpen akan memiliki alur cerita untuk cerpennya secara berbeda-beda. Alur cerita sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya sebagai berikut.
  • Alur maju, merupakan jenis alur yang memiliki peristiwa yang terjadi mulai dari kejadian awal sampai akhir. Alurnya berurut dan tidak ada cerita yang mengarah pada peristiwa masa lalu.
  • Alur mundur, merupakan jenis alur yang menceritakan kejadian atau peristiwa sebelumnya. Dalam alur mundur terkandung sejarah atau peristiwa yang pernah dialami tokoh secara perseorangan atau secara umum di masa lalu.
  • Alur campuran, merupakan jenis alur gabungan dari alur maju dan alur mundur. Dalam satu cerpen terdapat dua alur.
      Secara umum, alur memiliki beberapa tahapan. Tahapan-tahapan alur tersebut di antaranya sebagai berikut.
  • Tahap perkenalan. Tahapan ini menjadi awal terjadinya peristiwa yang menjadi penjelasan awal.
  • Tahap timbulnya konflik. Konflik bisa muncul dengan berbagai peristiwa, konflik sendiri bisa terjadi pada diri tokoh sendiri atau pertentangan antara tokoh utama dengan tokoh lainnya.
  • Tahap peningkatan konflik. Tahapan ini menunjukkan bahwa konflik sudha mulai semakin serius dan semakin rumit.
  • Tahap klimaks. Tahap ini merupakan puncak dari konflik yang terjadi.
  • Tahap antiklimaks. Tahapan ini menunjukkan konflik yang mulai mereda.
  • Tahap penyelesaian. Tahapan ini menjadi tahap penyelesaian konflik yang terjadi.
#Latar
      Latar merupakan penempatan tempat, waktu, dan lingkungan di sekitar tokoh dalam cerpen.
  • Latar tempat. Latar tempat ini merupakan tempat atau lokasi kejadian dari peristiwa atau cerita yang berlangsung dalam sebuah cerpen. Tempat yang diceritakan dalam cerpen bisa diungkapkan dengan detail atau hanya disebutkan dengan nama atau inisial saja.
  • Latar waktu. Latar waktu merupakan latar ketika atau kapan peristiwa dalam cerpen tersebut terjadi. Sudah jelas, latar ini berhubungan erat dengan waktu kejadain peristiwa dalam cerita.
  • Latar sosial. Latar sosial berhubungan erat dengan kondisi sosial lingkungan yang terdapat dalam cerita. Latar sosial bisa dilihat dari kondisi kehidupan keluarga atau si tokoh itu sendiri, adat istiadatnya, tradisinya, berbagai permasalahan di lingkungan, serta status sosial tokoh-tokohnya.

Poin Penting

  1. Cerpen merupakan salah satu fiksi yang memiliki jalan cerita yang pendek serta umumnya terjadi pada satu waktu tertentu.
  2. Unsur intrinsik cerpen seperti tema, latar, dan alur saling berhubungan dan berjalin membentuk sebuah cerita.
  3. Unsur-unsur intrinsik dalam cerpen tidak bisa dipisahkan satu sama lain.


Contoh Soal Tema, Latar, dan Alur dalam Cerpen


Perhatikan penggalan cerpen di bawah ini!
Udara malam yang menusuk di ujung desa membuat tubuh anak laki-laki itu semakin menggigil. Ia memandang langit malam yang semakin pekat tanpa satu pun bintang yang muncul dengan gemerlapnya. Pandangannya kini terarah pada sebuah rumah sederhana sekitar lima puluh meter di depannya. Rumah yang kecil tetapi terlihat sangat nyaman.
Dalam penggalan cerpen di atas, latar yang paling menonjol adalah ....
Di antara kalimat cerpen di bawah ini yang memiliki alur mundur adalah ....
Kalimat yang merupakan bagian dari cerpen di bawah ini memiliki tema “Kekecewaan”, kecuali ....
Perhatikan dengan baik, penggalan cerpen di bawah ini!
Sepeda yang sudah tua itu ia kayuh sekuat tenaga. Jalanan yang licin sampai berlubang, berbatu, dan becek ia lewati tanpa peduli. Sesegera mungkin ia ingin cepat sampai di rumah ibunya. Kabar bahagia yang tertulis dengan jelas pada secarik kertas putih di saku bajunya bisa menjadi obat mujarab untuk sang ibu. Tak henti senyum bahagia terus tersungging di bibirnya yang mungil. Tak pernah ia merasa laju sepedanya yang kencang terasa seringan ini.
Latar suasana yang terdapat pada penggalan cerpen di atas adalah ....
Perhatikan penggalan cerpen di bawah ini!
Beberapa waktu silam, Ranti sedang duduk termangu di depan rumahnya. Beberapa helai kertas tergeletak begitu saja di lantai. Matanya sembab dan wajahnya penuh dengan raut kesakitan. Ya, bayangan tentang Ranti tersebut kembali menyeruak di benak Haryati yang kini tengah menempuh perjalanan dengan kereta menuju Yogyakarta.
Alur yang digunakan dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
Kalimat bagian dari cerpen dengan latar tempat yang kuat di bawah ini adalah ...
Perhatikan penggalan cerpen di bawah ini!
Pertengkaran mereka sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Andi menunjukkan berbagai bukti nyata berupa dokumen penting bahwa Irawan sudah melakukan penyelewengan di perusahaan yang mereka bangun berdua. Adu mulut pun tidak bisa terhindarkan lagi. Andi merasa kecewa dengan sahabatnya yang sangat dipercayainya yang kini seolah sudah berubah menjadi orang yang tidak dikenalinya lagi.
Tahapan alur yang tepat untuk penggalan cerpen di atas adalah ....
Contoh kalimat sebuah cerpen yang termasuk ke dalam tahap peleraian adalah ....
Di bawah ini merupakan kalimat-kalimat dalam sebuah cerpen dengan latar sosial di dalamnya, kecuali ....
Perhatikan penggalan cerpen di bawah ini!
Sepuluh tahun lalu, datang seorang petugas kantor ayah mengenakan pakaian kemeja biru yang rapi. Ia mengantarkan sebuah surat yang ditujukan untuk ayah. Raut wajahnya terlihat muram tetapi ia selalu berusaha untuk tersenyum pada ibu. Ibu juga berusaha untuk tersenyum, walau gurat kekecewaan tidak bisa ia sembunyikan. Setelah mengucapkan beberapa kalimat yang terdengar basa-basi di telingaku, petugas kantor itu pun pergi. Ibu menghela napas dalam dan seolah tidak pernah ingin membuka isi surat tersebut.
Alur dan tema yang tepat untuk penggalan cerpen di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel