Contoh Soal Peran dan Fungsi Bank Sentral

Contoh Soal Peran dan Fungsi Bank Sentral Bank sentral adalah sebuah institusi yang secara umum bertanggung jawab atas kebijakan keuangan dalam suatu negara. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia. Tugas dan wewenang Bank Indonesia diatur dalam UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia serta UU No. 6 Tahun 2009 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia Menjadi Undang-Undang. Bank Indonesia dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bersifat independen, artinya tidak dapat diintervensi oleh pemerintah atau pihak lain. Bahkan Bank Indonesia juga berhak menolak intervensi terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang dari pihak mana pun.
Bank Indonesia sebagai bank sentral merupakan pelaksana dari kebijaksanaan moneter pemerintah yang ditetapkan oleh dewan moneter. Dewan moneter tersebut merupakan pengelola moneter yang diketuai oleh Menteri Keuangan dan anggotanya adalah Menteri Perdagangan dan Gubernur Bank Sentral. Beberapa peran Bank Sentral adalah bertindak sebagai bank pada pemerintah, bertindak sebagai bank pada bank umum, regulator pasar uang/valuta asing, serta pencetak, pengedar, dan penarik uang.
FUNGSI BANK SENTRAL
Fungsi bank sentral yang utama adalah mengawasi seluruh aktivitas moneter negara. Berikut adalah fungsi bank sentral lainnya:
1. Memperlancar Lalu Lintas Pembayaran
Kaitannya dengan fungsinya untuk memperlancar lalu lintas pembayaran, bank sentral berfungsi sebagai lembaga yang mencetak uang kartal, serta menyelenggarakan kliring antara bank umum.
2. Bank Sentral sebagai Bankir
Sebagai bankir, bank sentral mempunyai tugas untuk memelihara rekening milik pemerintah, memberikan pinjaman sementara maupun pinjaman khusus, menerima pembayaran pajak, melakukan jual beli valuta asing, membantu pembayaran pemerintah pusat ke pemerintah daerah, mengedarkan surat berharga milik pemerintah, dan berbagai transaksi ekonomi lainnya.
3. Bank Sentral sebagai Agen dan Penasehat Pemerintah
Fungsi dari bank sentral sebagai agen serta penasehat pemerintah meliputi melakukan pengadministrasian dan pengelolaan hutang nasional, memberikan informasi serta saran tentang keadaan pasar baik pasar uang maupun pasar pengelolaan hutang nasional, memberikan informasi serta saran tentang keadaan pasar baik pasar uang maupun pasar modal, serta melakukan pembayaran bunga atas hutang negara.
4. Memelihara cadangan devisa negara, memelihara cadangan bank umum, mengawasi berbagai kredit yang ada, mengawasi bank­bank, dan merupakan bankers bank serta lender of last resort .
Sebagai bank sentral di Indonesia, Bank Indonesia mempunyai satu peran penting, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. Kestabilan rupiah terhadap harga barang dan jasa tercermin ketika Bank Indonesia mampu menekan laju inflasi, sementara kestabilan rupiah terhadap mata uang asing tercermin dari nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
Bank Indonesia menetapkan tiga pilar tugas dan wewenang sebagai upaya mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, antara lain :
1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
Sebagai sebuah institusi yang selalu berinteraksi dengan keuangan negara, bank sentral memiliki kewenangan untuk melaksanakan kebijakan moneter melalui penetapan sasaran moneter (suku bunga dan uang beredar), dengan sasaran utama menjaga target laju inflasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Instrumen yang digunakan bank sentral biasanya adalah operasi pasar terbuka di pasar uang (baik rupiah maupun valuta asing), penetapan tingkat diskonto, penetapan cadangan wajib minimum, dan pengaturan kredit atau pembiayaan.
2. Mengatur dan menjaga sistem pembayaran
Sistem pembayaran merupakan sebuah proses pemindahan nilai uang dari satu pihak ke pihak lain. Proses pemindahan nilai uang ini dapat berwujud proses pemindahan nilai uang yang sederhana, hingga ke proses yang sangat kompleks dan melibatkan lembaga-lembaga keuangan modern, dan peraturan-peraturan hukum yang digunakan sebagai tata aturan main dalam sistem pembayaran. 
3. Mengatur dan mengawasi bank
Salah satu tugas dan kewenangan bank sentral adalah melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap bank-bank komersial dalam suatu negara. Kewenangan pengaturan dan pengawasan yang dilakukan oleh bank sentral meliputi kewenangan memberikan izin (right to license), kewenangan untuk mengatur (right to regulate), kewenangan untuk mengawasi (right to control), serta kewenangan untuk mengenakan sanksi (right to impose sanction).


Contoh Soal Peran dan Fungsi Bank Sentral

Di setiap negara, terdapat satu bank yang memiliki otoritas untuk mengatur sistem perbankan dan moneter di negara tersebut yang disebut ....
Dalam melaksanakan tugasnya, bank sentral bersifat independen dan tidak dapat diintervensi. Maksud dari pernyataan tersebut adalah ....
Berikut ini adalah beberapa peran dari Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia, kecuali ....
Berikut adalah beberapa fungsi bank sentral, kecuali ....
Salah satu contoh fungsi bank sentral dalam memperlancar lalu lintas pembayaran adalah ....
Bank sentral dapat berfungsi sebagai bank bagi pemerintah dengan melakukan kegiatan berikut, kecuali ....
Peran penting bank sentral di Indonesia adalah menjaga kestabilan mata uang rupiah. Kestabilan ini dapat terlihat dari ....
Penerapan fungsi bank sentral sebagai the last lending resort bagi perbankan adalah ....
Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi bank sentral bagi pemerintah, kecuali ....
Dalam menyalurkan kredit, bank umum senantiasa mengikuti kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank sentral. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga agar nilai mata uang dalam negeri terhadap valuta asing dan barang stabil. Berdasarkan pertanyaan di atas, peranan bank dalam penyaluran kredit adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel