Contoh Soal Pendekatan dalam Perilaku konsumen

Contoh Soal Pendekatan dalam Perilaku konsumen Masing-masing konsumen merupakan pribadi yang unik. Konsumen yang satu dengan yang lainya mempunyai kebutuhan yang berbeda dan perilaku yang berbeda dalam memenuhi kebutuhannya. Namun, dalam perbedaan yang unik itu ada suatu persamaan, yaitu setiap konsumen berusaha untuk memaksimalkan kepuasaannya dalam mengonsumsi suatu barang.

1. Pengertian Konsumsi dan Perilaku Konsumen

       Dalam kajian ilmu ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen. Sedangkan yang dinamakan perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta evaluasi produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
       Secara lebih terperinci, perilaku konsumen dapat diuraikan sebagai berikut:
● Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap
       Setiap orang yang melakukan konsumsi akan mengurangi nilai guna barang atau jasa tersebut secara bertahap. Sebagai contohnya ialah seperti memakai pakaian, kendaraan, dan sepatu. 
● Menghabiskan nilai guna barang sekaligus
       Konsumen juga dapat menghabiskan nilai guna barang sekaligus. Sebagai contoh adalah konsumsi makanan dan minuman. 
● Memuaskan kebutuhan secara fisik
       Seseorang melakukan konsumsi bertujuan untuk mencukupi kebutuhan secara fisik. 
● Memuaskan kebutuhan rohani
       Konsumen juga dapat melakukan kegiatan konsumsi untuk memuaskan kebutuhan rohani. Contohnya ialah membeli kitab suci atau buku-buku keagamaan untuk kebutuhan rohaninya.

2. Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

       Menurut Vincent Gasperz (2000), terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian dan dugaan/pengharapan (ekspektasi) konsumen terhadap suatu barang, yaitu:
a. Kebutuhan dan Keinginan
       Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar, maka penilaian dan pengharapan konsumen juga besar. Demikian berlaku pula sebaliknya, jika kebutuhan dan keinginan kecil, maka penilaian dan pengharapan konsumen juga kecil.
b. Pengalaman Masa Lalu
       Pengalaman mengkonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya akan mempengaruhi penilaian konsumen.
c. Pengalaman dari Teman
       Seorang teman mungkin pernah mengkonsumsi suatu produk, lantas berbagi cerita tentang kualitas produk tersebut. Hal ini jelas berpotensi menambah atau mengurangi penilaian dan pengharapan terhadap produk.
d. Komunikasi Iklan dan Pemasaran
       Iklan dan pemasaran dapat mengubah pengharapan terhadap suatu barang. Pengharapan terhadap suatu produk tertentu sangat mungkin terbentuk karena penyajian dan pemasaran yang baik.

3. Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi

       Besar kecilnya konsumsi seseorang atau suatu rumah tangga ditentukan oleh:
● Pendapatan
       Untuk memperoleh barang-barang konsumsi diperlukan pengorbanan berupa uang yang berasal dari penghasilan atau pendapatan. Tingkat pendapatan berpengaruh terhadap besarnya konsumsi yang dilakukan. Pada umumnya, semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, semakin banyak pula barang dan jasa yang dapat dikonsumsi.
● Tingkat Harga
       Apabila harga-harga kebutuhan hidup meningkat, konsumen harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkannya atau konsumen dapat mengantisipasinya dengan mengurangi jumlah pembelian. Hal ini perlu dilakukan apabila kenaikan harga tersebut tidak diikuti oleh naiknya pendapatan. Dengan kata lain, kenaikan harga barang akan menurunkan tingkat konsumsi dan apabila harga barang menurun, tingkat konsumsi konsumen akan naik.
● Ketersediaan Barang dan Jasa
       Meskipun konsumen memiliki uang untuk membeli, ia tidak dapat mengkonsumsi barang yang diinginkan jika barangnya tidak tersedia.
● Selera
       Keputusan seorang konsumen untuk mengkonsumsi suatu barang dan jasa sangat ditentukan oleh seleranya. Apabila ia sangat menyukai suatu barang, maka ia akan dengan senang hati membeli barang tersebut meskipun harganya relatif mahal.
● Lingkungan Sosial Budaya
       Masyarakat di berbagai daerah memiliki lingkungan sosial budaya yang berbeda-beda. Hal ini menimbulkan adanya pola perilaku masyarakat yang berbeda pula, sehingga muncul berbagai macam kebutuhan sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang bersangkutan.
● Prakiraan Harga di Masa Depan
       Prakiraan harga di masa depan akan mempengaruhi keputusan untuk pengeluaran konsumsi saat ini. Apabila seorang konsumen memprakirakan bahwa harga suatu barang akan naik di masa yang akan datang, maka ia akan cenderung membeli saat ini sebelum harganya benar-benar naik.

Contoh Soal Pendekatan dalam Perilaku konsumen

Dalam kajian ilmu ekonomi, kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna disebut ….
Perhatikan hal berikut!
1) Pencarian
2) Pemusnahan
3) Penjualan
4) Pembelian
Perilaku konsumen berhubungan dengan ….
Berikut perilaku konsumen, kecuali ….
Kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan rohani dilakukan terhadap ….
Nilai guna barang yang dapat dihabiskan sekaligus adalah ….
Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian dan dugaan/pengharapan (ekspektasi) konsumen terhadap suatu barang, kecuali ….
Seorang teman mungkin pernah mengkonsumsi suatu produk, lantas berbagi cerita tentang kualitas produk tersebut. Hal ini adalah ….
Iklan dan pemasaran dapat mengubah ….
Untuk memperoleh barang-barang konsumsi diperlukan pengorbanan berupa ….
Besar kecilnya konsumsi seseorang atau suatu rumah tangga ditentukan oleh sejumlah faktor, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel