Contoh Soal Fungsi Uang sebagai Alat Pembayaran

Contoh Soal Fungsi Uang sebagai Alat PembayaranUang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia, karena dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

A. FUNGSI ASLI
Fungsi asli atau fungsi primer adalah fungsi yang ada pada awal uang diciptakan dan melekat pada uang tersebut. Fungsi asli yang dimaksud adalah:
1. Sebagai alat tukar umum (medium of exchange)
Pada awal uang diciptakan, terdapat kebutuhan untuk menyamakan sebuah nilai dalam bertransaksi. Misalnya, pedagang beras dengan pedagang daging, ketika bertransaksi mereka membutuhkan satu kesamaan nilai untuk mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan. Terasa tidak adil apabila 1 kilogram daging dianggap sama nilainya dengan 1 kilogram beras. Di sinilah kebutuhan akan uang mulai dirasakan. Dengan adanya uang yang memiliki nilai nominal yang tercetak, maka setiap barang bisa dihargai sesuai nilainya yang diwakili dengan besaran uang. Misalnya, 1 kilogram daging dihargai sebesar Rp. 100.000,00 sedangkan 1 kilogram beras dihargai dengan uang sebesar Rp.15.000,00.
2. Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang atau jasa, serta untuk menentukan besarnya harga. Dengan demikian suatu barang dapat dinilai dengan menggunakan satuan uang. Antara barang satu dengan barang lainnya dapat dinilai dengan mudah dengan adanya uang.
B. FUNGSI TURUNAN
Fungsi turunan merupakan perluasan atas fungsi utama dari uang. Fungsi turunan muncul karena adanya transaksi keuangan yang makin kompleks sehingga muncullah fungsi-fungsi lain dari uang yang mendukung transaksi perdagangan. Fungsi turunan uang tersebut adalah sebagai berikut:
1) Sebagai alat pembayaran (means of payment), uang berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi, misal pembayaran pajak, iuran, dan sebagainya.
2) Sebagai pembayaran utang (standard of deferred payment), uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang.
3) Penimbun kekayaan artinya uang dapat disimpan terlebih dahulu, yang nantinya akan mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.
4) Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah atau memperbesar modal usaha, baik dipergunakan sendiri maupun dipinjamkan kepada orang lain yang membutuhkan modal tersebut.
5) Sebagai ukuran harga atau pengukur nilai (standard of value), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan
6) Sebagai pencipta kesempatan kerja, artinya uang dapat digunakan sebagai modal sehingga dapat membuka kesempatan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain.
7) Sebagai komoditas yang diperjualbelikan. Uang dapat diperjualbelikan sesuai dengan kurs yang berlaku pada saat itu. Sebagai contoh, turis Amerika setiba di Indonesia akan menukarkan uang Dolar Amerika dengan rupiah agar dapat melakukan transaksi keuangannya.
8) Uang sebagai alat pemindah kekayaan. Seseorang yang hendak pindah dari suatu tempat ke tempat lain dapat memindahkan kekayaannya yang berupa tanah dan bangunan rumah ke dalam bentuk uang dengan cara menjualnya. Di tempat yang baru dia dapat membeli rumah yang baru dengan menggunakan uang hasil penjualan rumah yang lama.
9) Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi. Apabila nilai uang stabil, orang lebih bergairah dalam melakukan investasi. Dengan adanya kegiatan investasi, kegiatan ekonomi akan semakin meningkat.

Contoh Soal Fungsi Uang sebagai Alat Pembayaran

Fungsi asli uang adalah fungsi utama diciptakannya uang. Fungsi asli atau fungsi primer tersebut adalah ....
Sejak dahulu, manusia sudah melakukan tukar menukar barang. Sebelum diciptakannya uang, manusia menggunakan barang untuk ditukar dengan barang lain. Sistem ini disebut ....
Sebagai alat pembayaran yang sah, uang memilliki dua fungsi yaitu ....
Sebagai alat pembayaran, kini uang dapat menjadi alat pembayaran yang mengalami perubahan bentuk seperti berikut kecuali ....
Contoh uang sebagai alat pembentuk modal di bawah ini adalah ....
Berikut ini beberapa contoh fungsi turunan uang kecuali ....
Sebagai komoditas, uang dapat diperdagangkan sesuai kebutuhan transaksi perdagangan. Salah satu bentuk perdagangan uang dilakukan di pasar ....
Saat ini, nilai rupiah bila dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat adalah 1 USD = Rp.13.200. Nilai ini menunjukkan uang memiliki fungsi sebagai ...
Fungsi asli uang memberikan peran dalam perekonomian seperti yang disebutkan di bawah ini yaitu ....
Bank yang memperjualbelikan mata uang asing atas izin Bank Indonesia disebut ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel