Contoh Soal Barang dan Jasa Pemuas Kebutuhan Manusia

Contoh Soal Barang dan Jasa Pemuas Kebutuhan ManusiaUntuk memenuhi kebutuhan manusia diperlukan alat untuk pemuas dari kebutuhan, atau secara sederhana bisa dipenuhi oleh barang dan jasa. Pemuas disini diartikan sebagai terpenuhinya segala sesuatu yang diinginkan. Pemuas barang dan kebutuhan jasa adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan atau alat untuk pemuas dari kebutuhan manusia. Dengan kata lain, barang adalah setiap benda berwujud yang mempunyai nilai guna (utility) bagi manusia, jasa adalah benda tak berwujud/abstrak yang juga berfungsi sebagai alat untuk pemuas kebutuhan manusia.

A. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

       Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah:
1. Pendidikan
       Kalian sebagai pelajar SMA tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda dengan seorang mahasiswa. Sebagai contoh, mahasiswa cenderung membutuhkan buku dari berbagai sumber dengan harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan buku pelajaran SMA. Jadi, semakin tinggi pendidikan seseorang, kebutuhannya pun kian beragam.
2. Pendapatan
       Ketika seseorang memiliki pendapatan sebesar Rp3.500.000,- per bulan. Ia hanya mampu memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Namun, ketika pendapatan naik menjadi Rp5.000.000,- , ia mungkin ingin mencicil mobil juga untuk memenuhi kebutuhan tersier.
3. Perkembangan Zaman
       Setiap harinya kebutuhan manusia terus mengalami perubahan dan pergeseran. Hal ini karena perkembangan zaman yang kian maju seiring meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada tahun 1970-an, di Indonesia, alat komunikasi belum menjadi kebutuhan masyarakat. Namun, saat ini alat komunikasi menjadi kebutuhan hampir seluruh masyarakat indonesia, baik di desa maupun di kota. Perkembangan zaman yang terkait teknologi ini juga terlihat pada alat penyimpanan data yang dahulu masih menggunakan disket dengan ukuran besar, kini sudah menggunakan flashdisk yang makin kecil dan praktis.
4. Kebudayaan Setempat
       Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Masing-masing pulau memiliki budaya khas yang menjadi kekayaan budaya Indonesia. Kebudayaan yang beragam ini masih dilaksanakan secara turun-temurun dan melekat pada masyarakat setempat. Contohnya, Upacara Kasada milik Suku Tengger, Bromo dan Upacara Sekaten yang dilaksanakan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menimbulkan berbagai kebutuhan.
5. Agama
       Setiap perayaan hari besar keagamaan, kalian pasti mendengar orangtua mengeluhkan tentang kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok. Ketika Idul Fitri menjelang, misalnya, berita yang disajikan di berbagai media banyak menyoroti kenaikan harga kebutuhan pokok, khususnya beras, daging, bawang merah, dan cabai. Hal ini, antara lain disebabkan peningkatan jumlah permintaan atau jumlah konsumsi barang-barang tertentu menjelang Idul Fitri.

B. Alat Pemuas Kebutuhan

       Alat pemuas kebutuhan terdiri atas barang dan jasa. Barang adalah sesuatu yang berwujud serta memiliki nilai dan manfaat yang dapat dirasakan saat digunakan. Bila digunakan, maka nilai dan manfaat dari barang tersebut dapat berkurang atau bahkan habis. Barang dapat dibedakan sebagai berikut:
1. Menurut Cara Memperolehnya
● Barang bebas, yakni barang yang akan diperoleh tidak diperlukan pengorbanan. Misalnya, cahaya matahari dan udara.
● Barang ekonomi, yaitu barang yang akan diperoleh diperlukan pengorbanan. Misalnya, makanan dan minuman yang harus dibeli dengan uang.
2. Menurut Kegunaannya
● Barang produksi, yakni barang yang digunakan untuk proses produksi lebih lanjut. Misalnya, kain yang harus dijahit agar menjadi pakaian.
● Barang konsumsi, yaitu barang yang dapat langsung digunakan dan dikonsumsi oleh seseorang. Misalnya, pakaian yang bisa langsung digunakan.
3. Menurut Proses Pembuatannya
● Barang mentah, yakni barang yang belum mengalami proses produksi. Misalnya, kapas, kayu, rotan, padi, tembakau, atau kulit.
● Barang setengah jadi, yaitu barang yang sudah melalui proses produksi, tetapi belum siap pakai. Misalnya, benang yang terbuat dari kapas dan dapat digunakan untuk memproduksi kain.
● Barang jadi, yakni barang yang sudah melalui proses produksi dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya, sepatu, pakaian, roti, dan sebagainya.
4. Menurut Hubungannya dengan Barang Lain
● Barang substitusi, yakni barang yang dapat menggantikan fungsi barang lain. Contohnya, lampu neon yang dapat menggantikan fungsi dari lampu pijar sebagai penerangan.
● Barang komplementer, yaitu barang yang dapat melengkapi fungsi dari barang lainnya. Contohnya, bensin yang dapat melengkapi mobil sebagai alat transportasi. Tanpa bensin, mobil tidak bisa dioperasikan.
       Adapun jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang berupa pelayanan. Jasa tidak berwujud, tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Walau digunakan terus-menerus, nilai dan manfaat jasa takkan berkurang atau pun habis.

Contoh Soal Barang dan Jasa Pemuas Kebutuhan Manusia

Seorang pelajar SMA memiliki kebutuhan yang berbeda dengan mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan dipengaruhi oleh ….
Saat ini, alat komunikasi menjadi kebutuhan hampir seluruh masyarakat indonesia, baik di desa maupun di kota. Tampak bahwa kebutuhan manusia beroleh dampak dari ….
Pelaksanaan upacara adat menimbulkan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Ini berarti bahwa kebutuhan juga dipengaruhi oleh ….
Setiap menjelang Lebaran, harga barang kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan. Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan beroleh pengaruh dari ….
Perhatikan beberapa hal berikut!
1. Cahaya matahari 
2. Udara
3. Makanan
4. Minuman
Contoh barang bebas adalah ….
Berikut adalah barang bebas, kecuali ….
Berikut adalah barang konsumsi, kecuali ….
Contoh barang setengah jadi ialah ….
Berikut yang bukan merupakan barang jadi adalah ….
Contoh barang komplementer ialah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel