Contoh Soal Kurs Valuta Asing

Contoh Soal Kurs Valuta AsingDalam melakukan transaksi perdagangan, seperti impor atau ekspor barang, jasa, dan bahan mentah, tidak dapat dipisahkan dari transaksi valuta asing. Kurs merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi aktivitas di pasar saham maupun di pasar uang karena investor akan lebih berhati-hati untuk melakukan investasi. 

A. Pengertian Kurs dan Valuta Asing

       Valuta asing atau yang biasa disebut dengan valas, atau yang dalam bahasa asing dikenal dengan Foreign Exchange (Forex) merupakan mata uang yang dikeluarkan sebagai alat pembayaran yang sah di negara lain. Valuta asing akan mempunyai suatu nilai apabila valuta tersebut dapat ditukarkan dengan valuta lainnya tanpa pembatasan. Tempat bertemunya penawaran/permintaan valuta asing disebut dengan Bursa Valuta Asing atau Foreign Exchange Market
       Menurut Madura, Pasar Valuta Asing adalah pasar yang memfasilitasi pertukaran valuta untuk mempermudah transaksi-transaksi perdagangan dan keuangan internasional. Jika diartikan secara sederhana, pasar valas adalah perdagangan mata uang (valuta) suatu negara dengan mata uang negara lainnya. Sedangkan tarif dari pertukaran mata uang ini disebut juga dengan Foreign Exchange Rate, di Indonesia dikenal dengan Kurs Valuta Asing.

B. Cara Menentukan Kurs Valuta Asing

       Ada beberapa cara untuk menentukan kurs valuta asing berdasarkan permintaan/penawaran mata uang asing di pasar bebas (kurs bebas) yang ditentukan oleh pemerintah, yaitu:
a. Permintaan Mata Uang Asing
       Permintaan terhadap mata uang asing pada dasarnya sama dengan hukum permintaan pada umumnya, yaitu:
● Semakin tinggi harga mata uang asing, semakin sedikit permintaan atas mata uang asing tersebut.
● Semakin rendah mata uang asing semakin banyak permintaan atas uang asing tersebut.
b. Penawaran Mata Uang Asing
       Penawaran ini juga sama hukumnya dengan penawaran barang/jasa pada umumnnya, yaitu:
● Semakin tinggi harga mata uang asing, semakin banyak penawaran mata uang asing tersebut.
● Semakin rendah harga mata uang asing, semakin sedikit penawaran mata uang asing tersebut.
c. Harga Keseimbangan Mata Uang Asing
       Harga keseimbangan mata uang asing pada sistem kurs bebas ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Sebagai contoh, berikut adalah permintaan dan penawaran atas euro di pasar valas:
"Sebagaimana hukum permintaan dan penawaran, harga keseimbangan akan terjadi ketika permintaan bertemu dengan penawaran. Kondisi di pasar tersebut, ketika nilai kurs Rp5.000,- jumlah penawarannya hanya sebesar 2, sementara jumlah permintaan sebesar 4. Kemudian, nilai kurs berubah menjadi Rp10.000,- pada saat ini, jumlah permintaan dan penawaran sama besarnya, sehingga tercipta harga keseimbangan. Dengan demikian, kurs yang terjadi adalah 1 euro sama dengan Rp10.000-".

C. Cara Menghitung Nilai Tukar Valuta Asing

Cara untuk menghitung nilai tukar valas berdasarkan kurs yang berlaku adalah:
Contoh soal:
Aryo akan berlibur ke Eropa. Ia kemudian datang ke money changer untuk membeli 1000 euro. Kurs yang berlaku saat itu adalah:
Kurs jual: €1 = Rp13.000,-
Kurs beli: €1 = Rp12.800,-
Jika Aryo membeli euro, maka posisi money changer adalah sebagai penjual, sehingga Aryo dikenai kurs jual. Dengan demikian, untuk mendapatkan uang €1000 maka Aryo harus membayar Rp13.000.000,-.
       Perubahan dalam permintaan dan penawaran suatu valuta akan menyebabkan perubahan dalam kurs valuta. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya ialah:
a. Perubahan selera masyarakat.
b. Perubahan harga barang ekspor dan impor.
c. Inflasi.
d. Perubahan suku bunga dan tingkat pengembalian investasi.
e. Pertumbuhan ekonomi.
       Transaksi valuta asing terjadi di bursa valuta asing, yaitu tempat diperjualbelikannya bermacam-macam valuta asing. Fungsi bursa valuta asing adalah:
1. Mentrasfer daya beli dari satu mata uang asing (valas) tertentu kepada mata uang asing lainnya.
2. Penyediaan kredit bagi keperluan negara-negara yang melakukan perdagangan luar negeri.
3. Menyediakan fasilitas pertanggungan pembatasan resiko valas.
       Untuk keperluan jual beli valas, bursa valas mengeluarkan harga (kurs). Terdapat tiga jenis kurs, yaitu:
a. Kurs jual, kurs yang dikeluarkan oleh bursa valas untuk menjual satu unit mata uang asing tertentu.
b. Kurs beli, kurs yang dikeluarkan oleh bursa valas untuk membeli satu unit mata uang asing tertentu.
c. Kurs tengah, harga rata-rata dari kurs jual dan kurs beli. Fungsinya untuk menganalisis naik turunnya harga valas di bursa.

Contoh Soal Kurs Valuta Asing

Pasar yang memfasilitasi pertukaran valuta untuk mempermudah transaksi-transaksi perdagangan dan keuangan internasional, merupakan pernyataan dari …
Faktor yang bukan penyebab perubahan harga valuta asing adalah …
Berikut merupakan fungsi bursa valas, kecuali ….
Seorang peneliti berencana membuat prediksi mengenai nilai tukar rupiah terhadap dolar. Dengan demikian, ia membutuhkan nilai ….
Setelah melakukan perjalanan bisnis di Amerika, Afi akan melanjutkan perjalanan bisnisnya di Singapura. Ketika tiba di Singapura, Afi sadar bahwa ia masih membawa dolar Amerika. Maka, ketika Afi ke bursa valas untuk menukarkan uangnya, maka ia akan dikenakan ….
Karena kehabisan uang rupiah, seorang turis Inggris bermaksud menukarkan uangnya sejumlah £350. Pada saat itu, nilai kurs jual £1 = Rp14.570,- dan nilai kurs beli £1 = Rp14.425,-. Dari hasil penukaran, turis tersebut akan mendapatkan ....
Diketahui nilai kurs adalah sebagai berikut:
Kurs Beli
● USD Rp9.773,-
● AUD Rp9.352,-
● SGD Rp7.736,-
● CAD Rp9.381,-
Kurs Jual
● USD Rp9.877,-
● AUD Rp9.576,-
● SGD Rp7.921,-
● CAD Rp9.598,-
Andi memiliki tabungan sebesar 75 dolar Kanada dan 150 Dolar Australia. Jika ia berencana untuk menjualnya, ia akan menerima uang sebesar .…
Seorang ibu datang ke bursa valas bermaksud menukarkan uang yang dimilikinya dengan valas. Ibu itu memiliki uang HKD 125 yang akan ditukar menjadi Rupiah, dan Rp2.500.000,- yang akan ditukarnya menjadi dolar amerika. Kondisi harga pada saat itu adalah sebagai berikut:
Kurs Beli
● USD 9.673,00
● AUD 9.352,-
● SGD 7.736,-
● HKD 1.220,-
Kurs Jual
● USD 9.750,-
● AUD 9.576,-
● SGD 7.921,-
● HKD 1.310,-
Dengan demikian, uang yang akan diterima oleh ibu tersebut sebesar .…
Ami berencana menghadiri seminar di Amerika selama tiga hari. Untuk itu, Ami membeli 1.000 dolar Singapura di bursa valas. Harga kurs yang berlaku saat itu, kurs jual SG$1 = Rp7.535,- dan kurs beli SG$1 = Rp7.415,-. Sepulang dari Singapura, Ami masih memiliki sisa uang 255 dolar Singapura. Kurs pada hari itu berubah menjadi kurs jual SG$1 = Rp7.625,- dan kurs beli SG$1 = Rp7.555,-. Jika Ami menjual sisa uangnya, maka ia akan mendapatkan …
Sebagai direktur suatu bank, Aryo akan melakukan perjalanan bisnis selama 5 hari di Amerika. Untuk itu, Aryo perlu US$2000. Pada saat itu nilai kurs jual US$1 = Rp9.575,- dan kurs beli US$1 = Rp9.405,-. Dua hari kemudian, Aryo mendapat kabar bahwa perjalanan bisnisnya dibatalkan karena suatu sebab. Aryo kemudian kembali menukarkan uangnya di bursa valas. Pada saat itu, kurs jual US$1 = Rp9.735,- dan kurs beli US$1 = Rp9.672,-. Maka selisih uang yang didapatkan Aryo dari pertukaran tersebut sebesar ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel