Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang

Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulangMenyunting teks cerita ulang harus diawali dengan membaca teks itu secara cermat. Dengan membaca cermat penyunting akan tahu apakah isi teks cerita ulang tersebut sudah sesuai dengan yang seharusnya atau belum. Misalnya untuk bagian orientasi apakah berisi gambaran umum tokoh yang diceritakan atau belum. Di bagian isi yang seharusnya terdiri atas banyak paragraf apakah sudah berisi urutan peristiwa yang telah dijalani tokoh sepanjang hidupnya. Begitu pula di bagian penutup atau disebut reorientasi, sudahkah ada pandangan penulis atas tokoh yang diceritakan atau belum. Reorientasi sebenarnya menyimpulkan, menegaskan yang sifatnya opini penulis. Dengan kata lain, teks cerita ulang biografi terdiri atas 3 bagian. Bagian itu adalah orientasi (pembuka), isi (urutan peristiwa), dan reorientasi (penutup).
Oleh sebab itu, diperlukan penyuntingan atas isi teks cerita ulang biografi untuk mengetahui sebuah teks itu layak atau belum disebut teks cerita ulang biografi. Bagian-bagian tersebut sekaligus sebagai ciri struktur sebuah teks cerita ulang biografi.

Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang


SOAL 1
Cermati teks berikut!
Arya, pemuda kelahiran tahun 1992 adalah salah satu pengusaha muda yang cukup sukses. Di usia 22 tahun ia sudah memiliki usaha sendiri. Arya, pemilik Sweat Cafe yang sangat dikenal anak muda di kota Yogyakarta.
Sebagai teks ulang, kutipan tersebut merupakan bagian....

SOAL 2
Pernyataan yang merupakan bagian reorientasi adalah....

SOAL 3
Baca cermat teks berikut!
Meskipun usianya masih muda, ia sudah memakai gelar Kyai Haji. Ia memang sudah hafal Al-Quran saat usianya masih muda. Ia juga rajin berdakwah ke berbagai kota. Ia pun tak henti menasihati kaum muda makna cinta tanah air di era globalisasai ini. Sekarang, ia menetap di kota kelahirannya, Magelang.
Kata yang seharusnya diperbaiki dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 4
Baca cermat teks berikut!
Selain murid yang pintar dan aktif, ibuku merupakan gadis yang cantik pada zamannya. Tak heran banyak pemuda jauh hati padanya. .....lulus SMA ibuku melanjutkan ke ITB jurusan Teknik Informatika..
Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah....

SOAL 5
Baca cermat kutipan berikut!
1) Lusi yang pintar yang masa kecilnya tidak bahagia sekarang menjadi wanita pengusaha sukses. 2) ... kesuksesannya tidak dia nikmati sendiri. 3) Dia tetap tampil sederhana. 4) Perempuan itu tetap ingat ... membantu teman-temannya yang masih kekurangan.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi pernyataan tersebut adalah....

SOAL 6
Baca cermat kutipan berikut!
Setelah sekian lama berpindah-pindah kerja, akhirnya ibu memilih pekerjaan terakhirnya di bidang pendidikan. Beliau bekerja di sebuah lembaga penjamin mutu pendidikan. Sungguh bangga aku memiliki ibu sehebat beliau. Selain pekerja keras beliau adalah ibu yang paling baik dan penyayang. 
Kutipan tersebut berisi....

SOAL 7
Kalimat simpleks terdapat pada....

SOAL 8
Berkat perjuangannya yang tak kenal lelah, akhirnya Bu Sis dikenal sebagai bidan yang luar biasa. Tak heran setiap hari pasiennya berdatangan. ... hikmah kerja kerasnya selama ini.
Kata pengacu/penunjuk yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah....

SOAL 9
Beliau melanjutkan pendidikannya di sekolah guru sebab wanita itu ingin menjadi pendidik untuk generasi muda. Dengan cara itu, dia bisa melunasi obligasi moral yang ia miliki terhadap bangsa ini.
Makna kata obligasi dalam kalimat di atas adalah....

SOAL 10
1) Aku berhutang terimakasih padanya. 2) Karena segala teladan dan kepercayaan yang ia berikan padaku membuat aku berada di titik ini sekarang. 
Kalimat kedua tersebut tidak efektif, perbaikan yang benar adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel