Contoh Soal Karakteristik teks cerita ulang

Contoh Soal Karakteristik teks cerita ulang Pada topik sebelumnya, kita telah mempelajari apa itu teks cerita ulang, bagaimana cara menganalisis isi dan bahasanya, juga cara menginterpretasikannya. Pada pembahasan topik kali ini, kita akan mempelajari bagaimana karakteristik teks cerita ulang, baik cerita ulang pengalaman maupun biografi. Karakter berarti khas. Sementara karakteristik merupakan sifat khas. Jadi, karakteristik teks cerita ulang ialah mencari sifat khas atau ciri dari sebuah teks cerita ulang.

Ada 6 hal yang diperhatikan pada karakteristik teks cerita ulang baik cerita ulang pegalaman pribadi ataupun biografi: 
1. Menginformasikan kegiatan atau peristiwa yang pernah terjadi.
2. Bersifat individu atau pribadi, atau universal (umum)
3. Isinya berupa fakta
4. Pada isi terdapat unsur 5 W (apa, siapa, kapan, dimana, kenapa)
5. Menggunakan kata ganti waktu lampau
6. Menggunakan kata ganti urutan peristiwa

Contoh Soal Karakteristik teks cerita ulang


SOAL 1
Kalau teringat kenangan pertama kali naik Trans-Jakarta, saya jadi ingin mengulang kembali. Maklumlah transpotasi secanggih ini baru ada di Jakarta. Kalau naik kereta api, bila kita sudah membeli tiket, kita akan mendapat kursi sesuai dengan nomor. Kalau naik Trans-Jakarta tiket wajib kita beli, tapi duduknya silahkan mencari sendiri. Antrenya pun lumayan sebab harga tiketnya murah Rp3.500,- .
Hal yang menyebabkan kenangan menaiki Trans-Jakarta menjadi kenangan yang tak terlupakan adalah….

SOAL 2
Apa yang sangat berkesan dari Pacet adalah tentang pemandian air hangatnya. Airnya itu begitu jernih dan terasa menyegarkan. Ditambah dengan udara yang sejuk, hijaunya pepohonan sekitar dan bebatuan besar juga menjadikan tempat ini menakjubkan. Dengan bentuk seperti kolam-kolam, Pacet memang tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai pemandian umum air hangat. Menurut informasi, banyak orang yang memanfaatkan airnya karena berkhasiatnya menyembuhkan gatal dan rematik.
Topik pembicaraan paragraf di atas mengenai .…

SOAL 3
Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan saat berada di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya. Apalagi saat akhir pekan di pagi hari. Ada yang melakukan olahraga pagi berupa lari-lari kecil, ada yang mengajak anak-anaknya yang kecil naik ‘becak cinta’ kendaraan yang disewakan berkeliling mengitari lapangan. Ada yang sekadar menikmati udara segar di pagi hari bersama keluarga atau teman terdekat sambil bercengkrama. Tak lupa pedagang kaki lima pun sudah banyak berjajar menjajakan sarapan atau panganan. Mereka tersebar di sekitar lapangan.
Kalimat fakta terdapat pada semua kalimat, kecuali ….

SOAL 4
Air PDAM hanya mengalir di waktu-waktu tertentu saja di tempat tinggal Poerwanto. Itupun tergantung dengan waktu dan siapa yang tinggal lebih dulu dekat dengan aliran air. Air mengalir lancar pada malam hari daripada siang hari. Siapa yang rumahnya di daerah dataran rendah akan dilewati air terlebih dahulu daripada yang di dataran tingggi. Sungguh berbeda dengan daerah di pusat kota yang bisa mendapatkan air bersih dari PDAM kapan saja siap mengalir di rumah mereka.
Kalimat opini terdapat pada kalimat ke ….

SOAL 5
Kesadaran warga akan kelestarian lingkungan alam ini berubah sejak beberapa tahun yang lalu. Kesadaran ini muncul setelah berkali-kali warga mendapat penyuluhan dari kader lingkungan sehat yang kerap diadakan pihak kecamatan. Kini mereka telah mengetahui pentingnya memilah sampah plastik, kertas, dan basah.
Urutan kronologis waktu pada teks cerita ulang di atas ialah ….

SOAL 6
Mendengar kisah pengalaman mengajar guru-guru yang pernah mengajar di pedalaman sungguh luar biasa. Bagaimana perjuangan anak-anak pantai untuk dapat bersekolah di dataran tinggi. Tempat tinggal mereka berada di dekat sebuah muara sungai. Kalau berjalan harus menapaki jalan menuju pantai, mereka akan melewati sebuah jembatan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Jembatan inilah yang menjadi saksi bisu bahwa semangat belajar mereka memang tiada duanya.
Jawaban atas unsur tanya, siapakah yang patut kita acungi jempol dalam cerita di atas, adalah….

SOAL 7
Wakil Presiden ke-2 Republik Indonesia, Adam Malik dilahirkan di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 22 Juli 1917 dari pasangan Haji Abdul Malik Batubara dan Salamah Lubis. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Setelah lulus HIS, ia disuruh ayahnya bekerja. Di sela-sela kesibukan barunya sebagai pemimpin toko “Murah” itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya.
Pronomina yang nampak terdapat pada kalimat ke .…

SOAL 8
Melihat tingkah pola anak kecil benar-benar akan membuat kita sering tersenyum. Kita akan selalu melihat bagaimana mereka menunjukkan reaksi yang tak akan terpikirkan oleh orang dewasa sekalipun! Seperti siang tadi ketika kutanya anakku setelah mengerjakan ulangan matematika. Apakah ada soal yang sulit dikerjakan? Jawabannya sungguh diluar dugaan. Dia mengatakan kenapa ada soal yang menanyakan harga kacang 1 kg? Mana dia tahu kan dia tidak diajak beli kacang?
Kata penunjuk waktu yang nampak pada paragraf teks cerita di atas ialah ….

SOAL 9
Kondisi kampungku yang dulu berbeda dengan yang sekarang. Kesadaran warga akan kelestarian lingkungan alam berubah sejak beberapa tahun yang lalu. Kesadaran ini muncul setelah berkali-kali warga mendapat penyuluhan dari kader lingkungan sehat yang kerap diadakan oleh pihak kecamatan. Kini mereka telah mengetahui pentingnya memilah sampah plastik, kertas, dan basah. Saya bangga melihatnya.
Pujian penulis pada paragraf di atas ditujukan untuk ….

SOAL 10
Pertama kali naik kapal laut rasanya sangat fantastik. Begitu kapal mulai bergerak ke tengah laut aku mulai petualanganku mengelilingi kapal dari dek paling bawah sampai dek paling atas. Yang paling membuat aku takjub dan mengangumi kebesaran Illahi ketika aku turun ke dek yang paling bawah. Karena posisinya hampir di dasar laut, aku bisa melihat pemandangan bawah laut dengan leluasa, berbagai jenis ikan melayang-layang di tengah laut, bermacam-macam batu karang, dan melihat birunya air laut.
Kalimat pertanyaan yang jawabannya tidak terdapat pada teks cerita ulang di atas ialah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel