Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks cerita ulang

Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks cerita ulang Pada topik sebelumnya, kita telah mempelajari apa itu teks cerita ulang, bagaimana cara menganalisis isi dan bahasanya, cara menginterpretasikannya, serta karakteristik teks cerita ulang secara umum. Pada pembahasan topik kali ini kita akan mempelajari bagaimana langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang dengan tepat.
Mari kita mempelajari dulu pengertian mengabstraksi. Mengabstraksi ialah merangkum dengan cara mengambil inti sari pembicaraan. Jadi, mengabstraksi teks cerita ulang sama dengan merangkum inti sari teks. Agar hasil rangkuman tepat kita juga harus memahami bagaimana langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang.

Langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang baik cerita ulang pegalaman pribadi ataupun biografi adalah sebagai berikut.
1. Membuat garis besar isi cerita dengan cara mengumpulkan informasi
2. Menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa yang berhubungan informasi yang disediakan.
3. Merangkum kembali cerita sesuai informasi yang sudah disediakan.

Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks cerita ulang

SOAL 1
Akhirnya, sampai juga aku di Candi Borobudur setelah melewati daerah Gombong - Karanganyar - Kebumen - Kutoarjo - Purworejo - Magelang - Borobudur sekitar jam 2 siang. Aku langsung mencari parkiran mobil di sekitaran candi Borobudur. Ramai sekali suasana di sana, mungkin karena sedang liburan sekolah. Aku lalu membeli tiket masuk seharga Rp30.000,-. Sebetulnya aku pingin sekali memakai sarung seperti yang kulihat di foto teman-temanku yang pernah ke sini. Tapi, kenapa hari ini pengunjung tidak ada yang pakai ya? Mungkin karena situasi yang tidak memungkinkan.
Informasi pokok yang kita peroleh dari teks cerita ulang di atas adalah….

SOAL 2
Ilmuwan yang memiliki julukan Bapak Biologi dunia dan mikobiolog pertama adalah Antonie Philips van Leeuwenhoek. Anak putra pembuat keranjang ini lahir pada tanggal 24 Oktober 1632. Imuwan Belanda yang lebih terkenal dengan nama Leeuwenhoek ini, mengahabiskan sebagaian hidupnya sebagai pegawai kotapraja dan menduduki posisi yang tidak penting. Kegemarannya melihat benda lewat mikroskop membuatnya berhasil mengamati dan mendeskripsikan organisme besel satu. Tepat pada tanggal 30 Agustus 1723 ia menghembuskan nafas yang terakhir.
Berikut biodata singkat Leeuwenhoek, kecuali …

SOAL 3
Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi mall sangatlah tidak asyik. Selain lebih ke arah hedonisme, mencari parkiran kendaraanpun susah karena banyak yang pergi ke sana. Hanya gemerlap lampu toko dan stand-stand yang berjajar akan memikat kita untuk menghabiskan rupiah tanpa variasi. Oleh sebab itu, liburan kali ini aku nikmati dengan sangat bahagia bersama keluarga pergi ke Danau Toba.
Informasi yang terekam dalam teks cerita ulang di atas ada….

SOAL 4
SeaWorld kini hanya tinggal kenangan. Padahal liburan tahun lalu aku baru saja mengunjungi bersama sahabat saya. Status tanah yang tidak jelas membuat SeaWord pun ditutup untuk umum. Nama SeaWorld sebenarnya sudah familiar bagi saya. Namun, sejak objek wisata ini berdiri yaitu tahun 1982, saya belum pernah mengunjunginya. Wahana dengan luas sekitar tiga hektar ini berada di lokasi pariwisata Ancol. Di Pintu masuk, dua boneka hiu raksasa yang menjadi mascot Seaworld sudah menyambut kami. Kami bergegas masuk ke dalam setelah menyelesaikan proses adminstrasi tiket Rp80.000,-/ orang. Didalamnya kami menemukan banyak koleksi binatang laut biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia.
Berbagai jenis ikan dapat kita temui di SeaWorld dengan total ….

SOAL 5
Di teras depan rumah dan halaman belakang rumahku terdapat pohon mangga. Saya tidak tahu pasti siapa yang menaman. Tiba-tiba ketika kami pindah rumah, pohon mangga tersebut sudah tumbuh subur di sana. Semenjak tinggal di sini aku sudah memanen mangga itu tiga kali. Pertama panen, buahnya sudah banyak. Namun, yang mengejutkan adalah ternyata pohon mangga di depan dan belakang rumah berbeda. Pohon yang di depan mangga gadung dan yang di belakang mangga manalagi. Panen keduapun begitu. Akan tetapi, panenan yang paling berkesan adalah tahun ketiga karena panenan kali ini kami mengambili sendiri bersama keluarga rame-rame. Asyik sekali. Tidak seperti biasanya yang memakai jasa tukang panjat mangga.
Urutan informasi teknis panen mangga yang terdapat pada teks cerita ulang di atas yang tepat ialah ….

SOAL 6
Tanggal 3 Juli tahun kemarin, aku bersama karyawan PT Permata mengadakan perjalanan wisata ke Disney Hongkong. Pukul 18.00-19.00 kami berkumpul di depan pintu keberangkatan internasional Bandara Udara Juanda untuk check in. Dengan pesawat GA 331 kami lepas landas ke Jakarta untuk transit sekitar pukul 20.55. Tiba di Jakarta, kami segera bertolak langsung ke Hongkong tepat pukul 23.50 dengan pesawat GA 876.
Urutan informasi kejadian waktu berdasarkan teks cerita ulang di atas ialah .…

SOAL 7
Sutan Takdir Alisjahbana (STA) tokoh sastrawan dan ahli tata bahasa Indonesia lahir di Natal, Sumatera Utara pada tanggal 11 Februari 1908. Tepat ketika usianya 86 tahun beliau berpulang ke Rahmatullah. Karya monumentalnya “Layar Terkembang” menjadi pembicaraan hangat di dunia sastra Indonesia sampai sekarang. Setelah menamatkan sekolah HIS, STA melanjutkan ke Kweekschool, Bukittinggi. Lalu dia meneruskan HKS di Bandung. Dia meraih gelar Mr. dari Sekolah Tinggi di Jakarta dan menerima Dr. Honoris Causa dari Universitas Indonesia dan Universitas Sains Malaysia, Penang, Malaysia (1987).
Unsur tanya yang nampak pada teks cerita ulang di atas ialah ....

SOAL 8
Pernah suatu hari saya diajak makan di rumah makan Jepang. Setelah menaruh tas dan jaket, aku dan temanku menuju meja yang berisi beraneka makanan yang masih mentah. Ini pengalaman pertamaku makan di rumah makan Jepang, aku sempat kikuk dan bingung harus bagaimana. Agar terkesan tidak kampungan tanpa bertanya aku langsung mencampur aneka makanan mentah itu. Seketika temanku mendekatiku sambil berkata agar aku memisahkan makanan yang direbus dan yang dibakar. Wahh kalau teringat itu aku jadi malu sendiri.
Mengapa tokoh aku kikuk dan bingung ketika akan mengambil makan? Jawaban atas unsur tanya tersebut adalah....

SOAL 9
Tak perlu kita ragukan tentang STA. Kariernya gemilang tidak hanya di bidang bidang sastra tetapi juga pendidikan. Di bidang sastra, Ia menjadi redaktur Panji Pustaka dan Balai Pustaka. Di bidang pendidikan dia juga pernah menjadi guru HKS di Palembang, dosen Bahasa Indonesia, Sejarah, dan Kebudayaan di Universitas Indonesia, guru besar Bahasa Indonesia, Filsafat Kesusastraan dan Kebudayaan di Universitas Nasional, Jakarta, guru besar Tata Bahasa Indonesia di Universitas Andalas, Padang, guru besar dan Ketua Departemen Studi Melayu Universitas Malaya, Kuala Lumpur.
Urutan kronologis karier STA yang nampak di bidang .…

SOAL 10
Pertama kali naik kapal laut rasanya sangat fantastik. Begitu kapal mulai bergerak ke tengah laut aku mulai petualanganku mengelilingi kapal dari dek paling bawah sampai dek paling atas. Hal yang paling membuat aku takjub dan mengagumi kebesaran Ilahi ketika aku turun ke dek yang paling bawah. Karena posisinya hampir di dasar laut, aku bisa melihat pemandangan bawah laut dengan leluasa, berbagai jenis ikan melayang-layang di tengah laut, bermacam-macam batu karang, dan melihat birunya air laut.
Kalimat pertanyaan yang jawabannya tidak terdapat pada teks cerita ulang di atas ialah .…