Contoh Soal Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang

Contoh Soal Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulangPada topik sebelumnya, kita telah mempelajari apa itu teks cerita ulang, bagaimana cara menganalisis isi dan bahasanya, cara menginterpretasikannya, karakteristiknya, serta langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang secara umum. Pada pembahasan topik kali ini kita akan mempelajari cara mengevaluasi teks cerita ulang berdasarkan struktur isi dan bahasa dengan tepat.
Mari kita mempelajari dulu pengertian mengevaluasi. Mengevaluasi ialah menilai. Jadi mengevaluasi teks cerita ulang dari segi struktur isi dan bahasa sama dengan menilai teks cerita ulang dari segi struktur isi dan bahasa.

Langkah-langkah mengevaluasi teks cerita ulang baik cerita ulang pegalaman pribadi ataupun biografi adalah sebagai berikut.
1. Mengevaluasi strukstur isi 
berupa kelebihan cerita meliputi ciri khas negara atau daerah, struktur isi (judul, orientasi, tahapan peristiwa)
2. Mengevaluasi segi bahasa baik berupa penggunaan bahasa tulis yang tidak formal dan sesuai EYD. Masih terdapat pengaruh bahasa daerah, dan bahasa asing.

Contoh Soal Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang


SOAL 1
hal paling terkesan yang aku lihat saat mengadakan studi banding di desa Sade, Lombok adalah ketangkasan mereka menenun kain. padahal mereka menggunakan alat tenun tradisional yang sederhana. dari tenunan itu akan diperoleh berbagai macam bentuk misalnya taplak meja, kain sarung, kain songket, selendang, dan sebagainya. aku sengaja membeli selendang untuk kenang-kenangan karena bentuknya yang unik.
tek cerita ulang di atas memiliki kekurangan umum dari segi bahasa yaitu ….

SOAL 2
Siapa tak kenal Pantai Carita. Pantai yang terletak di daerah Banten ini sangat mudah dijangkau apalagi lokasi rumah saya di Jakarta Barat. Pukul 09.00 saya sudah bersiap-siap berangkat naik bis jurusan Kampung Rambutan Pelabuhan Merak. Setelah itu, saya berganti naik angkutan umum menuju Anyer – Carita. Tepat pukul 13.30 siang saya sudah sampai di sana.
Pada teks cerita ulang di atas terdapat kesalahan ejaan pada kalimat ke ….

SOAL 3
Pahlawan wanita nasional Indonesia ini lahir di Aceh tahun 1848. Dialah Tjut Nja’ Dien. Pahlawan yang dikenal berhati baja ini tidak pernah menangis walau ayah dan suaminya, Teuku Umar tewas berperang. Tatkala tahlil masih berlangsung, dia segera mengemasi rencong dan senjata yang lain memimpin pasukan menggantikan suaminya berperang melawan Belanda.
Teks cerita ulang di atas memiliki keunggulan dalam menceritakan .…

SOAL 4
Siapa tidak tahu Parangtritis? Pantai indah di daerah Yogjakarta ini selain indah juga banyak menyuguhkan permainan untuk anak-anak. Meski suhu di sana berkisar antara 37°C - 40°C tetap saja pengunjung tidak pernah sepi. Kekhasan objek wisata Parangtritis ada pada persewaan kuda dan andong yang tak bisa kita temui di objek wisata pantai yang lain. Suamiku sangat pandai menawar kuda. Harga yang kami dapatkan hanya Rp.10.000. padahal ada pengunjung yang kena Rp. 20.000. Setelah puas naik kuda biasanya kami lanjutkan dengan makan siomay dan minum es kelapa muda.
Perbaikan penulisan harga pada kalimat ke-6 ialah ….

SOAL 5
Rasanya senang sekali menghabiskan waktu liburan akhir pekan dengan bersepeda bersama keluarga di pagi hari. Pukul 05.00 kami sudah keluar rumah dengan membawa sepeda masing-masing, termasuk anak saya yang masih duduk di bangku kelas 1 SD. Kami mengayuh sepeda beriringan menuju kawasan Citraraya. Biasanya di patung Merlion tiruan Singapura kami istirahat sebentar, melepas dahaga, dan berfoto ria. Setelah hilang penat, kami akan melanjutkan perjalanan mencari sarapan di kawasan G.Walk. Tepat pukul 10.00 kami pulang untuk beristirahat di rumah.
Judul yang tepat untuk teks cerita ulang di atas ….

SOAL 6
Minggu yang lalu, tepat pukul 08.00 kami mengadakan PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu). Perjalanan menuju lokasi dipenuhi dengan canda tawa yang mengocok perut. Kira-kira pukul 12.00, kami, seluruh rombongan, istirahat sebentar di sebuah masjid untuk sholat. Sekitar pukul 13.30 kami sampai di lokasi perkemahan. Sesampainya di sana, kami langsung mengangkut barang-barang yang dibawa. Kemudian, dilanjutkan dengan pemasangan tenda.
Penggalan teks cerita ulang di atas bila dianalisis berdasarkan struktur isi termasuk dalam bagian ....

SOAL 7
Motivator yang sangat terkenal di Indonesia memiliki nama asli Sis Maryono Teguh. Dia lebih kenal dengan nama Mario Teguh. Lahir pada tanggal 5 Maret 1986 di kota Makassar. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 nya di IKIP Malang dengan mengambil konsentrasi dalam bidang pendidikan. Terlahir dari seorang ibu yang bernama Siti Maria dan seorang ayah yang bernama Gozali Teguh, Mario Teguh mampu memikat semua umat dengan keahliannya merangkai kata-kata bijak.
Penulisan kota Makassar yang tepat ialah ....

SOAL 8
Peringatan tahun baru dua tahun yang lalu merupakan peringatan tahun baru yang paling berkesan. Aku bersama beberapa keluarga dapat berkumpul bersama di sebuah Villa di daerah Pacet, Mojokerto. Hal yang paling membuat aku sangat bahagia adalah kebersamaannya. Kami semua berkumpul, membakar jagung, dan menyaksikan pesta kembang api. Paginya kami rame-rame melihat pemerahan susu sapi dan panen ubi jalar.
Kalimat yang terdapat kesalahan dalam penulisan kata ialah kalimat ke ....

SOAL 9
Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya yang banyak diminati orang. Saya salah satunya. Rahasia kenikmatan rasanya terletak pada kualitas petis yang dipakai sebagai bahan pastanya. Selain itu campuran sayuran dan buah juga harus dijamin segar. Bila pastanya dicampur cabe yang rasanya sungguh nikmat. Masalahnya jangan terlalu banyak mencampurkan cabe, bisa-bisa kita pergi ke belakang berkali-kali.
Penggunaan kata pasta pada teks cerita ulang di atas kurang tepat yang betul adalah ....

SOAL 10
Pengalaman pertama kali naik kuda rasanya sangat menakutkan. Apalagi waktu itu aku naik dengan anakku yang masih berusia dua tahun. Begitu kuda mulai bergerak dan aku duduk di atasnya serasa aku berjalan dari ketinggian sepuluh meter meliung-liung. Ditambah lagi aku harus menjaga keseimbangan tubuhku dan anakku agar tidak jatuh. Untung rutenya hanya dua ratus meter, jadi aku bisa bernapas lega.
Penggalan teks cerita ulang di atas bila dianalisis berdasarkan struktur isi termasuk dalam bagian ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel