Contoh Soal Analisis bahasa teks cerita ulang

Contoh Soal Analisis bahasa teks cerita ulangTeks cerita ulang adalah suatu teks yang ditulis berdasarkan suatu peristiwa yang pernah terjadi atau pernah dialami seseorang. Artinya peristiwa itu pernah ada dan terjadi lalu ditulis dan diceritakan kembali kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan. Itulah sebabnya disebut cerita ulang.
Salah satu cerita ulang yang dimaksud adalah cerita ulang biografi. Teks cerita ulang biografi bertujuan untuk menyampaikan keteladanan seorang tokoh dalam perjalanan hidupnya. Keteladanan tokoh ini akan memotivasi siswa untuk giat belajar dan menginspirasi para siswa untuk berbuat lebih baik, suka kerja keras, dan berusaha menjadi manusia yang unggul. Oleh sebab itu, supaya cerita ulang biografi ini mudah dipahami pembaca, sebaiknya menggunakan bahasa yang tepat pula. Ciri kebahasaan dalam teks cerita ulang dapat menggunakan gaya cerita bersifat narasi atau deskripsi. Penggunaaan kata ganti/pronomina bertujuan agar cerita itu tidak membosankan bagi pembaca. Misalnya, dalam sebuah teks ulang selalu menyebut kata nenek. Hal itu dapat membosankan. Oleh sebab itu, perlu mengunakan kata dia, beliau, perempuan tua itu. Selain itu, digunakan juga kata penunjuk/pengacu; ini, itu. Tujuannya agar terbentuk kohesi atau kekompakan antarkalimat.
Selain pronomina, digunakan pula penggunaan kata kerja material/verbal me- yang menandakan bahwa kalimat tersebut aktif. Supaya terjadi relasi yang logis antarkalimat satu dengan yang lain, diperlukan konjungsi/kata sambung yang tepat pula. Misalnya meskipun, tetapi, jika, sehingga, akibatnya, dan lain-lainnya. Tergantung hubungan antarkalimat atau dalam kalimat itu menyatakan apa. Selain itu, bentuk kalimat sebaiknya kalimat simpleks/tunggal. Tujuannya agar isi teks cerita ulang biografi mudah dipahami pembaca. Penggunaan kalimat sederhana ini memudahkan pembaca mencari keteladanan tokoh dalam teks tersebut.
Dengan demikian, analisis kebahasaan teks cerita ulang berarti mencermati gaya cerita teks tersebut. Mencermati lebih dalam ciri-ciri kebahasaan teks cerita ulang yang dimaksud.

Contoh Soal Analisis bahasa teks cerita ulang


SOAL 1
Baca cermat teks berikut!
1). Lelaki berumur 70 tahun yang kepalanya penuh uban itu bernama Sutarman. 2) Beliau merupakan kakekku dari pihak ayah. 3) Rambut putih dan kumis putih adalah ciri khasnya. 4) Dahulu, semasa beliau masih aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di daerah Sragen, Jawa Tengah, teman sekerjanya sangat segan karena sikapnya yang tegas, disiplin, dan tidak mau berbuat curang. 5) Itulah sebabnya kakekku dijuluki Si Lurus.
Kata pengacu/penunjuk yang ada dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 2
Baca cermat teks berikut!
1) Slamet Rahadi, lelaki paruh baya kelahiran Purwokerto, 31 Mei 1968 adalah laki-laki idolaku sampai saat ini. 2) Dialah ayahku tercinta. 3) Wataknya yang tegas tetapi humoris pada saat yang tepat menjadikan dia disenangi banyak orang. 4) Kata nenekku, sejak kecil Slamet Rahadi ini terkenal panjang akal dan keras kemauan. 5) Sifat inilah yang membuat dirinya dapat meraih apa yang dicita-citakan sejak kecil, menjadi pengusaha angkutan yang sukses.
Kata kerja material yang ada dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 3
Baca cermat teks berikut!
1) Warga sekitar memanggilnya Pak Yono. 2) Mereka mantan murid Pak Yono saat beliau masih menjabat kepala sekolah sekaligus guru di salah satu SMP favorit di kota kecil itu. 3) Hal lain yang membuatku kagum adalah sikap adil dan tegasnya. 4) Beliau memiliki 4 putra yang semuanya sekolah di SMP tersebut. 5) Pak Yono tak segan-segan mengeluarkan anaknya dari kelas apabila anaknya lupa mengerjakan PR. 6) Beliau selalu mengatakan “ Di sekolah ini aku gurumu, di rumah aku ayahmu.”
Kalimat yang bukan kalimat simpleks adalah....

SOAL 4
Baca cermat teks berikut!
1) Tahun 1980 kakekku mulai sakit- sakitan bahkan harus dirawat di rumah sakit. 2) Kesetiaan nenekku sedang diuji namun beliau tak lelah untuk menjaga kakekku yang dirawat di rumah sakit. 3) Hingga akhirnya Tuhan memanggil kakekku untuk menghadap-Nya. 4) Itulah tahun terburuk bagi nenek. 5). Suami meninggal, harus siap membesarkan 5 anak yang masih kecil-kecil.
Konjungsi antarkalimat yang ada dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 5
Baca cermat teks berikut!
1) Sejak kecil ibuku sudah terlatih kerja keras. 2) lahir dari keluarga guru mengakibatkan, Dinah, nama ibuku akrab dengan kedisiplinan, kemandirian, kerja keras, dan tanggung jawab. 3) Dinah lahir sebagai anak pertama dari lima bersaudara. 4) Disiplin dan tanggung jawab menjadikan Dinah selau juara satu dari SD sampai SMA. 5) Itu sebuah prestasi yang luar biasa sehingga membuat adik-adiknya bangga dan ingin mengikuti jejak sang kakak.
Konjungsi antarkelompok kata (intrakalimat) terdapat pada kalimat....

SOAL 6
Marno memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan beralih profesi sebagai pedagang kue puthu keliling. Saat itu kue puthu laris manis di kalangan masyarakat. 
Penanda kohesi/pengacu dalam kalimat tersebut adalah....

SOAL 7
Ayahku memang berasal dari desa. Namun, semangat juangnya yang tinggi membuat beliau mampu seperti sekarang ini, menjadi direktur sebuah bank yang cukup terkenal. 
Kata pronomina orang ketiga terdapat pada...

SOAL 8
Konjungsi intrakalimat menyatakan pertentangan terdapat pada....

SOAL 9
Aku selalu ingat bagaimana kakakku selalu belajar di sela-sela waktu berorganisasi. Namun demikian ia selalu menjadi contoh untuk kami bertiga selaku adiknya. Kami ingin meniru kepandaiannya dan kerendahhatiannya.
Konjungsi antarkalimat dalam kutipan tersebut menyatakan....

SOAL 10
Konjungsi intrakalimat menyatakan penambahan terdapat pada....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel