Contoh Soal Analisis isi teks cerita ulang

Contoh Soal Analisis isi teks cerita ulangSetelah mampu memahami struktur dan ciri kebahasaan teks ulang, pada materi kali ini, kita akan masuk ke dalam tahapan berikutnya, yaitu belajar menganalisis isi. Analisis bertujuan agar kita mampu dengan mudah menemukan informasi-informasi penting pada setiap teks yang kita temukan.
Tahapan menganalisis isi teks ulang adalah sebagai berikut.
(1). Menemukan bagian-bagian struktur teks ulang
Dalam tahapan ini, kita harus dapat mengidentifikasi bagian-bagian dari struktur teks ulang, mulai dari orientasiurutan peristiwareorientasi. Bagian orientasi dan urutan peristiwa adalah bagian yang wajib hadir dalam teks ulang, sedangkan bagian reorientasi yang merupakan bagian pendapat pribadi tentang hal yang diceritakan masuk ke dalam bagian opsional. Dengan kata lain, bagian ini boleh muncul ataupun tidak.
(2). Menggali informasi yang ditemukan pada teks
Saat membaca teks ulang, kita akan menemukan informasi-informasi yang berkaitan dengan hal yang diceritakan. Informasi tersebut dapat berupa
a) informasi dasar,
b) riwayat hidup (jika teks ulang berbentuk biografi), dan
c) rangkaian peristiwa yang terjadi.
(3). Mencermati penggunaan ciri kebahasaan
Setelah dua tahapan di atas kalian lakukan, kita harus mencermati penggunaan ciri kebahasaan sebagai bagian khusus dari ciri teks ulang.
Contoh Soal Analisis isi teks cerita ulang

SOAL 1
Perhatikan teks berikut!
Pernah mendengar istilah disleksia? Kesulitan dalam membaca karena susah menghapal bentuk-bentuk huruf. Saya dulu pernah memiliki siswa yang seperti itu. Ia sulit sekali dalam membaca, padahal sudah kelas 5 SD. Gurunya merasa kasihan sehingga selalu dinaikkan kelas. Perilaku anaknya normal seperti anak seusianya, tetapi sulit dalam menghafal abjad. Berkali-kali saya suruh ia menghafal dan esok harinya ia telah lupa. Kejadian itu terus berulang hingga saya ajak ia untuk menari dan menyanyikan lagu abjad. Akan tetapi, hasil masih tetap sama.
Contoh penggunaan verba material dalam teks tersebut adalah….

SOAL 2
Kalimat yang menggunakan bentuk konjungsi antarkalimat adalah….

SOAL 3
Kalimat berikut yang tidak menggunakan pronomina adalah….

SOAL 4
Perhatikan teks acak berikut!
1. Ia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan Sjahrir, perdana menteri pertama RI.
2. Ia adalah anak tunggal yang selalu dimanjakan orang tuanya.
3. Lahir pada tanggal 26 Juli 1922 di Medan, Sumatera Utara, Chairil Anwar merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha.
4. Chairil Anwar mulai mengenyam pendidikan di HIS, sekolah dasar untuk orang pribumi.
5. Ia memiliki kepribadian yang keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun.
Bagian yang termasuk ke dalam bagian urutan kejadian adalah.…

SOAL 5
Perhatikan teks ulang berikut!
(1)Ada satu hal sehinggat saya menyukai dan mencintai bahasa Indonesia. (2)Saat saya kelas 9 SMP, guru bahasa Indonesia saya bernama Pak Gideon. (3)Ia sangat jago dalam mengajar. (4)Kelihaiannya dalam mengajar membuat saya yang malas belajar menjadi terpesona karena ia lucu, tetapi juga tegas. (5)Saya tidak pernah lupa saat dihukum olehnya karena terlambat masuk kelas akibat ketiduran selepas istirahat.
Kalimat yang merupakan kalimat simpleks terdapat pada nomor….

SOAL 6
Perhatikan teks berikut!
(1)Larangan memainkan petasan yang disampaikan orang tua kita tidaklah berlebihan, setidaknya bagi saya. (2)Sewaktu kecil, saya sudah sering kali merasakan manisnya terbakar petasan, sebagian besar di tangan. (3)Kejadian yang paling parah adalah ketika tangan saya hingga ke pergelangan tangan kanan terbakar dan melepuh akibat petasan air mancur yang saya pegang tiba-tiba meledak. (4)Hampir sebulan lamanya tangan kanan saya harus diperban akibat luka bakar tadi.
Pernyataan yang tepat terkait teks di atas adalah….

SOAL 7
Perhatikan teks berikut!
(1)Jangan pernah memasuki jalur busway jika ingin selamat berkendara. (2)Lima tahun yang lalu saya pernah jatuh dan pingsan selama satu jam akibat menabrak gundukan pasir. (3)Hal itu tidak akan terjadi jika saja saya tidak memasuki jalur busway. (4)Saat itu, waktu seperti berkelebat dengan cepat. (5) Saya hanya ingat saat motor saya tiba-tiba terbang. (6)Saat tersadar, saya berada di pom bensin. (7)Ternyata saya pingsan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas, kecuali….

SOAL 8
Perhatikan teks berikut!
(1)Anak kecil itu terlempar ke depan melewati motor ayah si anak. (2)Waktu seakan berjalan melambat dan detik-detik saat anak itu terjatuh terseret di aspal bisa aku rasakan. (3)Saat itu selepas pulang dari Pantai Parangtritis, sebuah mobil kijang menabrak sebuah motor dari belakang. (4)Anak yang duduk di depan motor terlempar akibat hentakan itu. (5) Aku pun berlari ke arahnya.
Kalimat yang menggunakan kata ganti kepemilikan adalah.…

SOAL 9
Perhatikan teks berikut!
Selama masa hidupnya, Chairil Anwar telah menulis sebanyak 94 karya, termasuk di dalamnya 70 puisi. Sebagian besar karyanya tidak pernah dipublikasikan hingga kematian menjemputnya. Puisi Cemara Menderai Sampai Jauh adalah puisi terakhirnya yang diciptakan pada tahun 1949.
Pernyataan yang sesuai terkait informasi di atas adalah….

SOAL 10
Perhatikan teks berikut!
(1)Vitalitas puitis Chairil Anwar tidak pernah diimbangi oleh kondisi kesehatannya. (2)Penyair ini pernah mengatakan aku mau hidup seribu tahun lagi tetapi ternyata meninggal pada usia yang terbilang muda, yaitu 27 tahun. (3)Ia meninggal di RS dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta. (4)Penyebab kematian tidak diketahui dengan pasti. (5)Dugaan terbesar adalah penyakit TBC.
Kalimat yang termasuk ke dalam kalimat simpleks adalah sebagai berikut, kecuali….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel