Teknologi dalam Metabolisme Makanan

Teknologi dalam Metabolisme Makanan - Anda sudah pelajari perihal metabolisme makanan layaknya karbohidrat, protein, serta lemak. Anda sudah jelas bila kami banyak konsumsi makanan berlemak serta kurang olahraga jadi lemak akan menumpuk di jaringan adiposa. Ditambah kembali asam amino serta glukosa dapat disimpan jadi lemak dalam badan.

Teknologi dalam Metabolisme Makanan
Teknologi dalam Metabolisme Makanan


Apakah kamu sukai olahraga? Berolahraga apa yang kamu gemari? Biasanya berolahraga yang enteng, tapi dapat membakar lemak yaitu berolahraga lari. Terkecuali olahraga baiknya kami lakukan perbaikan pola makan. Tehnologi yang berkenaan bersama metabolisme makanan kerap dikaitkan bersama pola makan seorang.

Pola makan yg tidak baik serta sembrono tanpa tersedia mempedulikan tingginya kalori yang dikonsumsi dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Diluar itu, kami dapat menanggung derita penyakit diabetes melitus. Hal semacam ini menyebabkan jantung koroner, tidak berhasil ginjal, serta darah tinggi. Di bawah ini lebih dari satu tehnologi yang berkenaan bersama metabolisme.

1. Tehnologi Makanan bersama Kandungan Gula Rendah

Sekarang ini kesadaran orang-orang untuk memelihara kebugaran semakin tinggi hingga banyak diperkembang bahan makanan bersama takaran gula rendah atau kerap dimaksud rendah kalori. Makanan rendah kalori ini yaitu makanan yang banyak terkandung serat serta sedikit gula. Misalnya sereal, roti, beras merah, singkong, kacang polong, kacang merah, buah-buahan fresh, serta sayuran.
Makanan rendah kalori ini begitu dibutuhkan untuk orang yang diet atau pasien diabetes. Bahkan termasuk makanan yang dikonsumsi tak membuahkan kalori lantaran Mengenakan pemanis buatan. Misalnya sakarin, sukralosa, neotam, serta aspartam.

Sakarin adalah pemanis buatan bersama tingkat kemanisan 500 kali lebih manis berasal dari pada gula pasir. Sukralosa adalah pemanis buatan bersama tingkat kemanisan begitu tinggi raih 600 kali di banding sukrosa (gula meja). Neotam mempunyai rasa manis 8000 kali dibanding gula. Aspartam adalah pemanis buatan yang mempunyai tingkat kemanisan kurang lebih 200 kali lebih manis berasal dari pada gula pasir. Diantara seutuhnya pemanis tak berkalori, hanya aspartam yang alami metabolisme. Tiap-tiap gr aspartam membuahkan 4 kalori.


2. Tehnologi Pengawetan Makanan

Perkembangan tehnologi terlalu mungkin kami tingkatkan cara baru untuk mengawetkan makanan. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk peroleh kwalitas yang malah baik. ###

Beberapa macam pengawetan makanan 

⓵ Pengawetan bersama cara Fisika 
Pengawetan bersama cara fisika dapat ditunaikan lewat cara tersebut.
a. Pengeringan, mempunyai tujuan kurangi takaran takaran air agar bakteri tidak dapat hidup. Umpamanya selai pisang.
b. Pemanasan, mempunyai tujuan untuk menyebabkan rusaknya enzim-enzim metabolisme hingga bakteri tidak dapat aktif kembali. Umpamanya pada pembuatan dodol.
c. Pendinginan, mempunyai tujuan untuk menghalangi pertumbuhan bakteri hingga makanan jadi awet. Umpamanya telur, sayuran, serta daging yang dimasukkan kedalam kulkas lebih tahan lama dibanding pada suhu ruangan.

⓶ Pengawetan bersama cara Kimia 
Pengawetan bersama cara kimia melibatkan lebih dari satu zat yang bersifat kimiawi layaknya berikut.
a. Pemanisan, ditunaikan bersama memberi tambahan larutan gula yang lebih pekat hingga bakteri akan mati. Umpamanya manisan buah-buahan.
b. Pengasinan, ditunaikan bersama memberi tambahan larutan garam yang lebih pekat hingga bakteri jadi mati. Umpamanya pembuatan ikan asin.
c. Pengasaman (pH rendah) bersama memberi tambahan asam organik yaitu asam laktat serta asam benzoat. Umpamanya pembuatan asinan buah-buahan.

⓷ Pengawetan bersama cara Biologi 
Pada saat ini ini, teknik fermentasi sudah banyak dipakai untuk mengawetkan makanan, umpamanya pembuatan kecap.

⓸ Pengalengan 
Sempatkah kamu makan buah yang dikalengkan? Pengalengan adalah satu diantara cara untuk mengawetkan makanan. Pengalengan adalah pengawetan paduan bersama cara kimia serta fisika, yaitu di beri rasa asam atau manis serta ditunaikan pada kondisi hampa hawa.

⓹ Pengawetan bersama cara Radiasi 
Sekarang ini, sudah banyak dipakai pengawetan bersama cara radiasi yang Mengenakan cahaya X, ultraviolet, serta gamma. Sinar-sinar ini dapat membunuh mikroba serta menghalangi pertunasan, umpamanya pengawetan buah-buahan, umbi-umbian, serta biji-bijian.


3. Tehnologi Daya Substitusi

Sempatkah kamu sakit atau dirumah sakit? Waktu sakit, badan kami butuh konsumsi makanan yang miliki takaran daya. Misalnya yaitu cairan infus, suplemen makanan, serta garam beryodium.
Cairan infus yaitu bahan makanan yang didapatkan privat di pembuluh vena. Cairan ini bersifat glukosa yang siap dikonversi jadi daya oleh badan. Cairan infus termasuk miliki takaran garam mineral untuk memelihara keseimbangan elektrolit dalam darah.

Suplemen makanan yaitu product yang dipakai untuk lengkapi makanan yang miliki takaran satu atau lebih paduan bahan. Faedahnya untuk memelihara kebugaran badan. Bila kami konsumsi makanan yang sebanding jadi suplemen makanan tak dibutuhkan badan.

Garam beryodium menopang adanya garam mineral mikro yang dibutuhkan badan dalam jumlah kecil. Yodium digunakan badan untuk memelihara fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid bertugas untuk menyesuaikan kecepatan pembakaran daya, membuahkan protein, dan menyesuaikan serta membuahkan hormon. Saat kelenjar ini kekurangan unsur yodium, badan akan merangsang kelenjar tiroid untuk bekerja lebih keras yang menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid (penyakit gondok).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel