Contoh Soal Membuat Skala Suhu

Contoh Soal Membuat Skala SuhuBerapa suhu tubuh manusia sehat? Tentunya kalian akan menjawab 37oC. Tanda oC menyatakan Celcius yang merupakan salah satu contoh satuan suhu atau skala suhu. Bagaimana cara membuat skala suhu pada termometer? Untuk membuat skala termometer diperlukan bahan-bahan seperti pipa kapiler, sumbat kecil, dan zat termometrik seperti raksa. Jika bahan telah tersedia, masukkan zat termometrik (raksa) ke dalam pipa kapiler. Kemudian tentukan titik terendah skala termometer dengan cara mencelupkan termometer ke dalam bejana berisi es yang sedang mencair. Saat zat termometrik dalam pipa kapiler sudah dalam keadaan seimbang, titik itu kalian tandai sebagai titik 0oC. Titik tertinggi ditentukan dengan mencelupkan termometer ke dalam bejana berisi uap dari air yang sedang mendidih. Saat zat termometrik dalam pipa kapiler sudah dalam keadaan seimbang, titik tersebut kalian tandai sebagai titik 100oC. Skala berikutnya ditentukan dengan cara membagi jarak antara titik 0 dan titik 100 menjadi 100 bagian skala. Jadi, 1 bagian skala mewakili suhu sebesar 1oC. Nah, skala suhu sudah siap digunakan.
Beberapa skala termometer yang digunakan selain Skala Celcius antara lain: Skala Fahrenheit, Skala Kelvin, dan Skala Reamur.
a. Skala Celcius
Skala suhu paling tinggi celcius adalah angka 100 yang mewakili angka suhu uap air dari air yang mendidih pada tekanan 1 atmosfer. Sedangkan suhu terendahnya adalah angka 0, yang mewakili angka suhu es yang sedang mencair pada tekanan 1 atmosfer. Diantara skala 0 dan 100 dibagi menjadi 100 bagian skala suhu, sehingga 1 bagian mewakili suhu 1oC.
b. Skala Fahrenheit
Skala suhu Fahrenheit tertinggi adalah angka 212 yang mewakili angka suhu uap air yang sedang mendidih pada tekanan 1 atmosfer. Adapun skala suhu terendahnya adalah angka 32, yang mewakili angka suhu es yang sedang mencair pada tekanan 1 atmosfer. Antara skala angka 32 dan 212 terbagi menjadi 180 bagian skala suhu, sehingga 1 bagian skala mewakili suhu 1oF.
c. Skala Kelvin
Dalam sistem satuan internasional (SI), skala suhu yang digunakan adalah Kelvin. Adapun skala suhu tertinggi Kelvin adalah angka 373,16 yang mewakili angka suhu uap air yang mendidih pada tekanan 1 atmosfer. Sedangkan skala suhu terendahnya adalah 273,16 yang mewakili angka suhu es yang sedang mencair pada tekanan 1 atmosfer. Diantara skala angka 273,16 dan 373,16 dibagi menjadi 100 bagian skala suhu, maka 1 bagian skala mewakili suhu 1 K.
d. Skala Reamur
Skala suhu tertinggi Reamur adalah angka 80 dimana mewakili angka suhu uap dari air yang sedang mendidih pada tekanan 1 atmosfer. Sedangkan skala suhu terendahnya adalah angka 0 yang mewakili angka suhu es yang sedang mencair pada tekanan 1 atmosfer. Diantara skala angka 0 dan 80 dibagi menjadi 80 bagian skala, sehingga 1 bagian skala mewakili suhu 1oR.
Hubungan Antara Skala Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
Hubungan skala suhu termometer Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin adalah sebagai berikut.
section-media
Berdasarkan hubungan diatas, maka:
a. Konversi Celcius ke Reamur dapat ditulis dengan persamaan
section-media
b. Konversi Celcius ke Fahrenheit dapat ditulis dengan persamaan
section-media
c. Konversi Celcius ke Kelvin dapat ditulis dengan persamaan
section-media
Contoh
Suhu suatu benda jika diukur dengan termometer Fahrenheit adalah 68oF. Jika diukur dengan menggunakan termometer Celcius, maka besarnya adalah…
Penyelesaian
section-media
Jadi, besarnya suhu jika diukur mennggunakan termometer Celcius adalah 20oC.

Contoh Soal Membuat Skala Suhu

Pilihan Tunggal
Suhu titik didih air murni pada tekanan 1 atm jika dinyatakan dalam reamur adalah….
Pilihan Tunggal
Termometer Celcius dengan Fahrenheit akan menunjukkan angka yang sama pada suhu….
Pilihan Tunggal
Jika dinyatakan dalam suhu mutlak, maka 122oF sama dengan ….
Pilihan Tunggal
Jika suhu 40o Reamur dikonvesikan ke dalam Fahrenhait, maka akan setara dengan ….
Pilihan Tunggal
Jika suhu 50oC dikonversikan ke dalam satuan R, maka akan setara dengan ….
Pilihan Tunggal
Suhu 27o C sama dengan….
Pilihan Tunggal
Suhu 36o F setara dengan….
Pilihan Tunggal
Jika suhu benda 75oC, maka suhu benda tersebut dalam Kelvin adalah….
Pilihan Tunggal
Perbandingan skala termometer Celcius, Reamur, dan Fahrenheit adalah….
Pilihan Tunggal
Titik beku termometer celcius dan reamur adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel