Contoh Soal Reproduksi pada Tumbuhan

Contoh Soal Reproduksi pada TumbuhanPerhatikan berbagai jenis dan ukuran tumbuhan di lingkungan sekitar rumah kalian. Tumbuhan tersebut akan tumbuh dan berkembang dewasa. Tumbuhan tersebut akan terus bertambah jumlahnya. Bertambahnya jumlah tumbuhan disebabkan karena tumbuhan tersebut melakukan perkembangbiakkan yang sering disebut kemampuan bereproduksi. Jadi bisa dikatakan bahwa tumbuhan tersebut bereproduksi dengan tujuan menambah dan mempertahankan jenis keturunannya. Cara tumbuhan bereproduksi ada berbagai macam cara. Tumbuhan yang dapat bereproduksi dengan menggunakan 3 organ tubuhnya seperti akar, batang, dan daun dikatakan Reproduksi Vegetatif. Sementara jika tumbuhan melakukan reproduksi dengan bunga dikatakan Reproduksi Generatif.

Reproduksi Vegetatif

            Reproduksi vegetatif disebut juga reproduksi aseksual karena tumbuhan dapat menghasilkan keturunan tanpa melibatkan peleburan sel sperma dan sel ovum. Tumbuhan dapat bereproduksi secara aseksual dikarenakan kemampuan sel-selnya membelah secara meristem, dan keturunan yang dihasilkan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Ada 2 cara bereproduksi secara aseksual tumbuhan yaitu dengan kemampuan sendiri disebut Vegetatif Alamiah dan dengan bantuan manusia disebut Vegetatif Buatan.

Vegetatif Alamiah

  • STOLON / GERAGIH
            Pernahkah kalian mengamati rumput di sekitar lingkunganmu? Tumbuhan tersebut memiliki batang yang merambat di atas tanah dan contoh lainnya adalah pegagan. Batang yang menjalar di atas tanah tersebut yang disebut stolon/geragih. Pada stolon akan tumbuh tunas baru dan jika sudah terpisah dari tubuh induk maka akan menjadi individu baru.
  • RHIZOMA
            Tahukah kalian bahwa batang akan tumbuh seiring terbentuknya akar di dalam tanah, dimana batang yang merupakan tempat tumbuhnya tunas baru. Ada tunas baru yang tumbuh dari dalam batang yang berada di dalam tanah, dan disebut Rhizoma (akar tinggal disebut juga batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah). Contohnya kunyit, jahe, kencur, dan temu lawak.
  • UMBI LAPIS
            Kalian pasti tahu salah satu bumbu masak di dapur: bawang merah dan bawang putih. Ketika bawang tersebut diiris kalian bisa mengamati susunan dalam berlapis-lapis disebut dengan umbi lapis. Bawang merupakan modifikasi dari batang dimana akan menghasilkan kuncup samping yang berkelompok dan akan membentuk siung disebut individu baru.
  • UMBI BATANG
            Kentang yang kalian konsumsi merupakan tumbuhan yang bereproduksi dengan Umbi batang dan batang tumbuh di dalam tanah, ujungnya menggembung membentuk umbi, batang yang tumbuh membesar. Contoh lain wortel dan lobak. Pada umbi batang dapat tumbuh mata tunas, yang dapat tumbuh menjadi individu baru.
  • TUNAS ADVENTIF DAUN
            Bagaimana daun dapat menghasil kan individu baru? Tahukah kalian bahwa pada bagian tepi daun terdapat sel yang selalu membelah (sel meristem). Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh bukan pada ujung batang ataupun ketiak daun pada bagian daun yang demikian dapat membentuk kuncup yang merupakan calon tunas terdiri atas calon batang beserta calon daun yang terdapat pada tepi daun disebut kuncup adventif daun atau tunas liar pada tepi daun. Contohnya cocor bebek, cemara, dan sukun.

Vegetatif Buatan

            Pernahkah kamu melihat pohon mangga yang masih muda tetapi mampu menghasilkan buah dalam jumlah banyak dan rasa yang manis? Apakah mangga jenis demikian ada secara alami di alam? Berikut jenis reproduksi vegetatif buatan dengan bantuan manusia:
  • Mencangkok, hanya bisa dilakukan pada tumbuhan yang berkambium (dikotil). Contoh: jeruk, mangga, belimbing, dan jati.
  • Menyambung atau mengenten, dengan tujuan menyambung dua jenis tanaman yang berbeda sifatnya, biasanya dilakukan pada pucuk tanaman. Contoh: singkong biasa.
  • Menempel atau okulasi, yaitu menggabungkan dua jenis tanaman yang berbeda sifatnya dengan menggunakan lapisan kulitnya (pada mata tunas). Contoh: jeruk bali dengan jeruk limau.
  • Stek, yaitu cara memperbanyak tanaman dengan menggunakan potongan-potongan dari bagian tubuh tanaman, baik akar, batang, atau daun. Contoh: tebu, tanaman bunga, dan singkong.
  • Merunduk, yaitu membengkokkan cabang atau ranting tanaman ke bawah. Contoh: alamanda dan apel.

Reproduksi Generatif

            Pada reproduksi seksual, digunakan sel kelamin yaitu sel sperma (benang sari) dan sel telur (putik) dan proses fertilisasi untuk menghasilkan biji melalui proses Penyerbukan pada bunga. Kalian mengetahui di manakah letak sel kelamin pada tumbuhan? Perhatikan gambar berikut:
Gambar. Komponen-komponen bunga

Penyerbukan (polinase)

            Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Berdasarkan penyebab sampainya serbuk sari di kepala putik, penyerbukan dibedakan menjadi:
  1. Anemogami (penyerbukan yang dibantu oleh angin), contohnya rumput, jagung, padi.
  2. Zoidiogami (penyebabnya hewan), dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:
  • Entomogami (serangga), contoh bunga matahari.
  • Kiropterogami (kelelawar), contoh jambu biji.
  • Ornitogami (burung), contoh padi.
  • Malakogami (siput), contoh tumbuhan buah.
  • Hidrogami (air), contoh tumbuhan air.
  • Antropogami (manusia), contoh vanili.
Penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya dibedakan menjadi:
  1. Autogami (penyerbukan sendiri): Serbuk sari berasal dari bunga yang sama. Autogami yang terjadi sebelum bunga mekar disebut kleistogami.
  2. Geitonogami (penyerbukan tetangga): Serbuk sari berasal dari bunga lain, tetapi masih satu pohon.
  3. Alogami: Serbuk sari berasal dari pohon lain, tapi masih satu varietas.
  4. Bastar: Serbuk sari dari pohon lain yang berbeda varietas.
Nah, untuk lebih jelas mari perhatikan gambar berikut.


Contoh Soal Reproduksi pada Tumbuhan

Tumbuhan bereproduksi tanpa melibatkan sel kelamin jantan dan betina disebut ....
Jika menggabungkan dua jenis tanaman yang berbeda sifatnya dengan menggunakan lapisan kulitnya (pada mata tunas) disebut .
Reproduksi secara aseksual dan keturunan yang dihasilkan memikili sifat yang sama dengan induknya ....
Contoh perkembangbiakan secara generatif berikut ini adalah ....
Tunas adventif pada daun terdapat pada tanaman …
Ciri khusus yang dimiliki oleh rhizoma adalah ....
Suatu tanaman dengan ciri-ciri:
  1. Mempunyai kelanjar madu
  2. Mahkota berwarna menyolok
  3. Serbuk sari mudah lengket
Perantara yang sesuai untuk penyerbukan bunganya adalah ....
Serbuk sari berasal dari bunga yang sama yang terjadi sebelum bunga mekar disebut ....
Berikut contoh penyerbukan antropogami ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel