Contoh Soal Menyusun Teks Tantangan

Contoh Soal Menyusun Teks Tantangan Kawan-kawan pernah tidak kalian menyaksikan langsung sebuah sidang di pengadilan? Atau kalau kalian senang melihat acara diskusi santai di televisi pasti tahu apa itu profesi pengacara. Ya, betul! Seorang pengacara adalah seorang yang memberikan bantuan hukum bagi seseorang yang belum bersalah secara hukum. Seorang pengacara yang lihai harus dapat menyusun kalimat-kalimat argumen dari data-data yang ada. Kemampuan itu tentu tidak begitu saja didapat seorang lawyer, kemampuan ini dilatih dan dilatih terus hingga akhirnya seorang pengacara handal mahir mempertentangkan sesuatu. Kerennya lagi, kok bisa ya para pengacara itu menyusun kalimat-kalimat menjadi wacana yang padu dan saling menguatkan. Pertanyaannya bagaimana sih caranya biar bisa membuat paragraf argumen yang baik dan padu seperti itu? Nah, mengenai hal itu mari kita pelajari bersama-sama pada pelajaran kali ini.
      Sebuah pernyataan akan terdengar atau terlihat baik jika isi dan maknanya juga saling menguatkan satu sama lain. Pada materi awal kita telah mengetahui bahwa teks tantangan dapat disebut baik jika strukturnya lengkap, yakni isu, argumen, dan simpulan. Ternyata, selain bagian per bagian strukturnya, paragraf per paragrafnya pun harus baik dan tersusun dengan padu. Kalimat satu yang memuat informasi awal harus dikuatkan oleh informasi selanjutnya pada kalimat kedua. Begitu seterusnya. Maka, terdapat dua hal yang dapat dijadikan alat ukur apakah sebuah paragraf dan teks keseluruhan itu “nyambung” atau tidak, yakni kohesi dan koherensi.
a. Kohesi
Kohesi adalah hubungan perkaitan antarpernyataan satu dengan lainnya, yang dinyatakan secara eksplisit oleh unsur-unsur gramatikal dan semantik (makna) dalam kalimat-kalimat yang kelak akan membentuk wacana.

Contohnya:
(A) Para pelatih kebugaran menyatakan bahwa bagi orang-orang yang sibuk di siang hari, namun masih ingin menjaga kebugaran tubuhnya dapat memilih jogging di malam hari sebagai alternatifnya. (B) Satu hal yang harus diperhatikan itu adalah sebaiknya dilakukan sebelum jam l0 malam agar jantung masih dapat menerima segala aktivitas berat yang dilakukan tubuh.

Pembahasan:
Informasi yang dinyatakan oleh pernyataan (A) berkaitan dengan informasi yang dinyatakan dalam (B). perkaitan tersebut diwujudkan dengan bentuk pemakaian kata itu pada kalimat (B). Kata itu merujuk pada jogging di malam hari
Kohesi dapat dilihat berdasarkan hubungan unsur-unsur kalimatnya. Biasanya terdapat kata penghubung atau kata penanda sebagai pengenalnya. Contohnya kata namun, malahan, bahkan, kecuali, meskipun, dan agar.
b. Koherensi
Kohenernsi adalah hubungan perkaitan antarpernyataan satu dengan lainnya, namun perkaitan tersebut tidak secara eksplisit atau nyata dapat dilihat pada kalimat- kalimat yang mengungkapkannya.

Contohnya:
(A) Penggunaan tablet untuk mengganti buku ajar di sekolah menjadi pekerjaan rumah bagi guru. Hal tersebut disampaikan banyak guru dalam curahan hatinya kepada mentri pendidikan tadi pagi. Seorang guru sambil menangis melaporkan bahwa jangankan untuk gadget, untuk buku tulis saja muridnya tidak sanggup membeli.
(B) Semua bermuara pada ketidaksiapan warga sekolah. Dewan Pendidikan pusat pun mengamini alasan-alasan para guru.
(C) Seusai dialog, mentri pendidikan berjanji akan menggodok kebijakan itu dengan lebih dalam lagi.
Pembahasan:
Paragraf B, dapat ditafsirkan sebagai bentukna pendek dari Semua (alasan-alasan itu) bermuara pada ketidaksiapan warga sekolah (untuk melengkapi sarana dan prasarana yang terbilang mahal tersebut).


Contoh Soal Menyusun Teks Tantangan


Perhatikan teks tantangan acak berikut ini! 

(1) Oleh sebab itu, akses transportasi harus menjadi prioritas dalam membangun daerah terpencil.
(2) Transportasi merupakan sarana pengangkutan manusia ataupun barang dari satu tempat ke tempat lainnya. 
(3) Transportasi yang baik dapat menjadi penentu berhasilnya sebuah pembangunan dari suatu daerah.
(4) Sebaliknya transportasi yang buruk dapat menjadi indikator daerah tertinggal.
Urutan yang benar agar menjadi bagian isu (masalah) dari teks tantangan adalah ....
Pernyataan yang merupakan bagian dari simpulan teks tantangan adalah ….
Perhatikan paragraf isu dari teks tantangan berikut ini! 

Masyarakat peduli pertelevisian Indonesia mengemukakan bahwa pilihan tontonan televisi yang baik dimulai dari penonton sendiri. …. Pada saat acara televisi yang tidak ramah terhadap anak-anak, orang tua segera mengalihkan saluran televisi. Cara lainnya adalah dengan memasang tombol parental guide pada remot televisi Anda.
Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah ….
Perhatikan teks berikut! 

(1) Pembinaan atlet sepakbola muda harus ditunjang dengan adanya kompetisi berbentuk liga rutin. (2) Kelak, liga amatir untuk usia di bawah 16 tahun dapat dijadikan pola perekrutan tim nasional usia 16 tahun. (3) Pola pembinaan yang tepat di antaranya adalah merekrut pemain tanpa mempertimbangkan asal klub yang jelas. (4) Klub-klub amatir tentu menolak anggapan bahwa kompetisi amatir yang sudah ada hanya sebagai ajang mencari uang. (5) Justru, berkat pola pembinaan yang dilakukan klub-klub amatir, kompetisi sehat akan terjaga karena tanpa mengandalkan dana APBD.
Kalimat penjelas yang seharusnya tidak ada dalam paragraf tersebut adalah ….
Simak baik-baik audio berikut! 
Berikut ini adalah pernyataan simpulan dalam perlombaan debat terkait audio tersebut kecuali .…
Perhatikan paragraf acak berikut ini! 

(1) Alasan utama mereka adalah karena masih banyak masyarakat di dunia yang kelaparan dan produsen kecantikan malah memonopoli sumber daya makanan untuk produk mereka.
(2) Bagi mereka yang pro tentu karena merasa mendapatkan manfaat dari zat-zat alami yang terkandung dalam beras.
(3) Penggunaan bahan makanan, seperti beras, dalam produk kecantikan menuai pro dan kontra di masyarakat.
(4) Sebaliknya, tidak sedikit orang memprotes produsen kecantikan yang menggunakan bahan beras dalam produk kecantikan.
Urutan yang tepat agar menjadi sebuah teks padu adalah ….
Simak baik-baik audio berikut! 
Perhatikan wawancara berikut ini! 

Siswa 1 : Selamat siang Pak, mohon maaf mengganggu beres-beres lapaknya?
Pedagang daging : Siang. Iya ada yang bisa saya bantu?
Siswa 1 : Mau tanya tentang kenaikan harga daging akhir-akhir ini.
Pedagang daging : Oh iya. Harga daging memang selalu terus naik. Sebetulnya kami juga menolak kenaikan tersebut karena konsumen kami jadi keberatan. Jika sudah begitu penghasilan kami jadi turun drastis.
Siswa 2 : Jadi bapak juga keberatan dengan kenaikan harga daging ya. Apa yang sebaiknya dilakukan pemerintah untuk menekan kenaikan harga ini, Pak?
Pedagang daging : Seharusnya sih pemerintah mendaftar harga daging yang disesuaikan pada setiap pasar. Sekaligus memperbanyak stok daging potong per harinya.
Siswa 1 dan 2 : oh begitu ya Pak. Terima kasih ya pak atas wawancaranya.
Jika dialog tersebut dijadikan paragraf, paragraf yang paling tepat adalah ….
Perhatikan konsep teks tantangan berikut!

1. Perizinan minimarket ditangguhkan.
2. Pembangunan minimarket harus mempertimbangkan letak geografis.
3. Perlu ada surat keputusan pemerintah daerah terkait perizinannya.
Paragraf berikut ini adalah pengembangan dari konsep teks tantangan di atas, kecuali ….
Judul yang tepat untuk teks tantangan di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel