Contoh Soal Interpretasi Teks Tantangan

Contoh Soal Interpretasi Teks Tantangan Setelah mampu mengidentifikasi kekurangan teks tantangan, pada materi kali ini kita akan masuk ke dalam tahapan berikutnya, yaitu belajar menginterpretasi isi teks tantangan. Materi ini bertujuan untuk menangkap makna teks tantangan baik lisan maupun tulisan.
      Pada materi lalu, kita telah mengetahui hal-hal apa saja yang harus kita perhatikan pada saat mengidentifikasi kekurangan sebuah teks tantangan. Selain kelengkapan struktur teks, kita pun harus memperhatikan unsur kebahasaan apa saja yang muncul dalam teks. Jika terdapat kesalahan berbahasa dalam teks, kita revisi dan perbaiki. Selain itu, kita pun harus mengenal kata-kata apa saja yang berkenaan dengan kalimat sanggahan dan kalimat penolakan yang menjadi karakter teks tantangan.
      Nah, bagaimana dengan isi teks tantangan itu sendiri? Ketika kita mengulas teks tantangan, banyak sekali hal baru yang kita dapatkan. Argumen-argumen yang muncul dalam teks tantangan dapat menambah wawasan kita mengenai berbagai hal. Hanya saja kita harus bijak pada saat menafsikan isi teks tantangan yang kita baca tersebut. Untuk itu, kita harus mengklasifikasikan terlebih dahulu kata-kata sulit yang belum kita pahami sebelumnya.
      Sebelumnya kawan-kawan harus tahu dulu, ternyata makna itu terbagi menjadi dua, yakni makna denotatif dan makna konotatif. Pernah dengar soal perbedaan makna kata tersebut? Ya, makna denotatif adalah makna sebenarnya, sedangkan makna konotatif ialah makna kias. Mari kita perjelas dengan lebih rinci:
1. Makna denotatif
Makna denotatif seringkali berhubungan dengan makna kamus atau makna leksikal. Maka dari itu, sudah saatnya kita mempunyai Kamus Besar Bahasa Indonesia atau aplikasi KBBI di laptop kalian. Hal ini berguna untuk mendefinisikan kata-kata sulit yang belum kita kenali artinya.
Coba kita perhatikan contoh berikut!
Setelah kecelakaan itu, kaki dan tangannya sudah tidak bisa digunakan lagi.
      Kata kaki dalam KBBI mempunyai beragam makna. Salah satunya adalah anggota badan yang menopang tubuh dan dipakai untuk berjalan (dari pangkal paha ke bawah).
2. Makna konotatif
Berbeda dengan makna denotatif, makna konotatif berhubungan dengan makna keseluruhan dalam kalimat (makna gramatikal). Bisa jadi, makna yang ditimbulkan dari sebuah kata berbeda artinya dari makna asal seperti dalam kamus. Biasanya kata-kata tersebut mempunyai makna kias setelah digabungkan dengan kata lain atau ditambahkan imbuhan.
Coba cermati contoh berikut!
Pria yang tertangkap KPK itu ternyata kaki tangan oknum anggota DPR dari partai X.
Kata kaki yang muncul dalam kalimat di atas sudah lepas dari makna asalnya. Kata kaki tersebut telah menjadi ungkapan baru setelah bergabung dengan kata tangan. Makna yang dihasilkan menjadi anak buah atau bawahan.
      Mari kita berlatih untuk menginterpretasi teks tantangan berikut ini. Perhatikan daftar kata-kata yang dicetak miring. Cermati pula klasifikasi kata-kata tersebut.
Ketua majelis hakim yang menangani kasus pembakaran hutan oleh PT Bumi Mekar Hijau menyatakan bahwa membakar lingkungan tidak merusak lingkungan karena masih bisa ditanami lagi. Seharusnya Pengadilan Negeri Palembang dapat menghukum mafia hutan yang telah membakar 20.000 hektar hutan Indonesia. Tentu saja pembakaran hutan itu merugikan negara dan bangsa Indonesia. Diduga ada konspirasi besar dalam kasus ini.

Mari kita analisis maknanya.


Nah, kawan-kawan setelah mengetahui makna kata-kata sulit yang muncul di teks tersebut. Tugas kalian adalah mencari hubungan antara kalimat isu dengan argumen-argumen yang menguatkannya. Dengan demikian, kalian telah dapat menangkap makna dari isi teks tantangan tersebut. Berdasarkan hasil analisis, teks di atas memiliki makna inti adalah masyarakat mempertanyakan keputusan hakim soal kasus pembakaran hutan.

Contoh Soal Interpretasi Teks Tantangan



Perhatikan kutipan teks berikut! 

Mereka yang menolak undian berhadiah memiliki berbagai pertimbangan yang menjadi alasannya. Hal ini pernah dialami oleh seorang mahasiswi asal Purwokerto yang menang undian sebuah barang elektronik. Ternyata, proses pengambilan hadiahnya tidak semudah yang diduga. Pajak hadiah yang dibebankan jumlahnya lebih mahal daripada harga hadiah barang yang didapatkan. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan banyak orang tidak setuju dengan undian berhadiah.
Makna sebenarnya dari kata yang bercetak miring dalam teks di atas adalah ….
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Terkait revisi itu, dua partai mengusulkan perubahan sistem pemilu dari sistem proporsional terbuka ke sistem proporsional tertutup. Biaya pemilu jadi mahal karena banyak calon yang melakukan berbagai cara termasuk politik uang untuk memenangkan pemilu. Pasalnya, sistem proporsional terbuka yang mendasarkan pemilihan dengan suara terbanyak dianggap sebagai sebab mahalnya biaya pemilu. Sebaliknya, sistem proporsional tertutup dapat menekan biaya pemilu.
Kata-kata yang bercetak miring di atas termasuk kosa kata di bidang ….
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Para pemerhati perkeretaapian yang sekaligus tergabung dalam Komunitas Kereta Anak Bangsa menentang langkah pemerintah yang terlalu cepat mengeluarkan Amdal KA. Hal tersebut terkesan terburu-buru sehingga dikhawatirkan berakibat pada kecelakaan KA seperti KA anjlok
Sinonim yang tepat dari kata yang bercetak miring di atas adalah ….
Pemerintah siap memberikan payung hukum untuk penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada 2017, 2018, dan 2019. 
Berikut ini adalah kata-kata yang dapat menggantikan kata bercetak miring di atas, kecuali ….
Perhatikan kutipan teks berikut!

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Jakarta Propertindo menjanjikan renovasi total velodrom baru di Rawamangun, Jakarta, akan selesai pada Juni 2017. Hal tersebut bersamaan dengan target selesainya renovasi arena berkuda di Pulo Mas. Pembangunan kedua arena Asian Games Jakarta-Palembang 2018 itu dijadwalkan dimulai Juni 2016. 
Peribahasa yang tepat untuk menafsirkan teks di atas adalah ….
Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Penguasaan teknologi dan aplikasi terapan akan sangat menentukan posisi Indonesia dalam perdagangan internasional. Lambannya penguasaan teknologi akan menyebabkan Indonesia tertinggal dalam pergaulan internasional. Teknologi canggih menjadi … revolusi industri keempat.
Istilah yang tepat untuk mengisi teks rumpang di atas adalah ….
Kalimat yang menggunakan serapan asing yang tepat adalah ….
Kalimat penolakan yang tepat berdasarkan isu tersebut adalah ….
Teks tantangan yang sesuai dengan peribahasa bagai bertanak di kuali adalah ….
Simak baik-baik audio berikut ini! !
Penangkapan makna yang salah dari teks yang dibacakan tersebut adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel