Contoh Soal The Law of Diminishing Returns

Contoh Soal The Law of Diminishing Returns Dalam ilmu ekonomi terdapat beberapa hukum untuk memberikan penjelasan mengenai permintaan dan penawaran. Dalam materi ini hukum yang dimaksud pada titik tertentu hasil yang kita peroleh akan semakin berkurang.

Pengertian Law Of Diminishing Return

       Law of Diminishing Returns adalah sebuah hukum dalam ekonomi yang memberikan penjelasan tentang proporsi inputuntuk mendapatkan output yang maksimal. The Law of Diminishing Return dikemukakan oleh seorang ahli ekonomi dari Inggris, David Richardo (1772-1823). David mengemukakan bahwa, jika kita menambah terus-menerus salah satu unit input dalam jumlah yang sama, sedangkan input yang lain tetap, maka mula-mula akan terjadi tambahan output yang lebih dari proporsional (increasing return), tapi pada titik tertentu hasil lebih yang kita peroleh akan semakin berkurang (diminshing return).
       Teori ini menjelaskan bahwa ketika input yang dimiliki melebihi kapasitas produksi, maka output yang dihasilkan akan semakin menurun. Ada tiga tingkatan dalam teori ini, yaitu:
1Increasing return atau pendapatan meningkat dimana penambahan jumlah input yang disertakan dalam proses produksi masih sebanding dengan kapasitas produksi sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan.
2. Fase dimana jumlah input, yang disertakan dalam proses produksi masih menghasilkan peningkatan pendapatan, namun tidak dalam porsi yang proporsional.
3Diminishing, fase ketika penambahan input produksi tidak lagi menghasilkan peningkatan dari sisi pendapatan.
       Ketiga teori di atas berlaku dengan catatan hanya satu variabel (input) yang berubah sementara yang lainnya tetap, dan teknologi dalam proses produksi juga tidak berubah. Untuk menghindari terjadinya diminishing returns, maka harus mempertimbangkan fungsi produksi.
Fungsi produksi berhubungan dengan tiga konsep, yaitu:
1. Produksi Total atau Total Product
Jumlah total output yang diproduksi dalam waktu tertentu. Jika satu faktor produksi dijaga stabil maka produk total yang dihasilkan akan berubah sejalan dengan perubahan variabel faktor produksi yang digunakan.
2. Produk Rata-Rata atau Average Product
Produk total dibagi dengan jumlah unit variabel produksi yang digunakan, dalam hal ini tenaga kerja atau Labour. Produk rata-rata dapat dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut:
AP = Average Product atau produk rata-rata
TP = Total Product atau jumlah total produk yang dihasilkan
L   = Labour atau jumlah tenaga kerja yang dilibatkan
3. Produk Marjinal atau Marjinal Product
Tambahan dalam produk total karena penambahan penggunaan satu unit variabel faktor produksi atau dapat dinyatakan dalam bentuk:
MP = Marjinal Product
TP = Total Product
∆L =Perubahan variabel tenaga kerja
       Dari rumusan di atas diketahui, jika input produksi terus bertambah maka tambahan produk total akan semakin berkurang, bahkan pada satu titik tertentu, hasil produksi akan mencapai tingkat maksimum dan kemudian menurun. 
Untuk mendapatkan hasil produksi maksimal, maka perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut dalam sebuah proses produksi:
Ekstensifikasi, memperluas lahan yang digunakan untuk produksi.
Intensifikasi, mengkonsentrasikan pengolahan lahan sebaik-baiknya.
Spesialisasi, melakukan pembagian kerja bagi setiap pekerja dalam lahan.
Diversifikasi, melakukan penanaman beberapa jenis tumbuhan dalam satu lahan.
Mendorong investasi, mencari modal tambahan untuk mengelola lahan.
Memberikan proteksi, bagi pelaku produksi.

Contoh Soal The Law of Diminishing Returns

Law of Diminishing Returns adalah teori yang dikemukakan ….
Teori diminishing returns meneliti pertambahan input dengan perubahan output yang dihasilkan. Contoh input dalam sebuah sistem adalah ….
Peningkatan produksi sebagai dampak keberhasilan penambahan input disebut dengan ….
Produk rata-rata yang dihasilkan adalah perbandingan variabel produksi dengan ….
Perluasan lahan untuk penambahan aktivitas produksi disebut dengan ….
Peningkatan kapasitas produksi dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ….
Diminishing returns berhubungan dengan ….
Perhatikan tabel hipotesis produksi berikut!
Produk rata-rata yang dihasilkan ketika jumlah pekerja 3 orang adalah ....

Berdasarkan tabel, teori diminishing returns terjadi pada jumlah pekerja ….
Teori diminishing returns menjelaskan bahwa ketika input yang dimiliki melebihi kapasitas produksi, maka output yang dihasilkan akan semakin menurun. Salah satu teori ini menjelaskan bahwa ketika penambahan input produksi tidak lagi menghasilkan peningkatan dari sisi pendapatan, maka hal ini dinamakan ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel