Contoh Soal Sumber Sejarah

Contoh Soal Sumber SejarahSejarah sebagai kisah atau catatan menggambarkan sesuatu yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Oleh karena itu, usaha penulisan sejarah (historiografi) haruslah disusun berdasarkan buku yang merupakan peninggalan-peninggalan dari perbuatan manusia dari masa lampau. Dari bukti itu disusun fakta yang merupakan pengungkapan tentang suatu keadaan atau peristiwa yang telah terjadi. Peninggalan-peninggalan manusia dari masa lampau itu lazim disebut sebagai sumber sejarah. Sumber-sumber sejarah terdiri dari sumber sejarah yang berasal dari benda-benda peninggalan sejarah (sumber sejarah berdasarkan bentuknya) dan sumber sejarah berdasarkan asalnya.
• Sumber sejarah berdasarkan bentuknya
a) Sumber tertulis (sumber dokumen)
Sumber dokumen misalnya prasasti, kronik, babad,hikayat,surat-surat, laporan,notulen rapat, piagam, naskah, arsip,dan surat kabar. Dokumen-dokumen tersebut banyak tersimpan di Arsip Nasional, museum, kantor-kantor serta koleksi pribadi.
b) Sumber benda (artefak)
Sumber benda (artefak) antara lain berupa fosil, senjata, peralatan hidup, perhiasan, prasasti, candi, arca, foto, patung, batu nisan, dan bangunan.
c) Sumber lisan
Sumber lisan adalah keterangan langsung dari pelaku atau saksi sejarah. Banyak pelaku dan saksi sejarah yang masih hidup dari zaman pendudukan Jepang, awal kemerdekaan, masa demokrasi liberal, peristiwa G30S, dan sebagainya. Mereka menjadi sumber sejarah penting sebagai pelengkap dari kekosongan dokumen masa tersebut. Kelemahan dari sumber lisan ini yaitu sering kali ada unsur subjektivitas di dalamnya seperti membesar-besarkan peranannya pada suatu peristiwa besar sejarah.
d) Sumber rekaman
Sumber rekaman dapat berupa rekaman audio maupun video.Misalnya rekaman peristiwa berkaitan dengan proklamasi, demonstrasi mahasiswa menuntut reformasi, dan lainnya. Agar mendapatkan bukti dan fakta sejarah yang benar maka sejarawan harus berhati-hati dalam mengumpulkan sumber-sumber yang ada.
• Sumber sejarah berdasarkan asalnya
a) Sumber primer (sumber pertama)
Sumber primer yaitu peninggalan asli sejarah seperti prasasti, kronik, piagam dan candi ataupun peninggalan lain yang berasal dari zamannya.
b) Sumber sekunder (sumber kedua)
Sumber sekunder yaitu benda-benda tiruan dari benda aslinya atau sumber-sumber kepustakaan sebagai hasil penelitian ahli-ahli sejarah, seperti prasasti tinulad (tiruan), laporan penelitian, dan terjemahan kitab kitab kuno.
c) Sumber tersier (sumber ketiga)
Sumber tersier yaitu berupa buku-buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan penelitian ahli sejarah tanpa melakukan penelitian langsung.
Sumber primer merupakan sumber yang paling baik untuk digunakan dalam menyusun kisah sejarah. Semakin jauh sumber sejarah dari benda aslinya, maka semakin besar kemungkinan terjadi pembiasan makna. Demikian halnya, semakin banyak sumber sejarah yang ditemukan, semakin cermat para ahli melakukan penyusunan sejarah.



Contoh Soal Sumber Sejarah

Usaha penulisan sejarah disebut juga dengan …
Prasasti Batu Tulis adalah salah satu bentuk sumber sejarah …
Dokumen-dokumen sejarah disimpan di tempat-tempat berikut, kecuali …
Perhatikan hal-hal berikut !
1. Fosil
2. Patung
3. Rekaman
4. Video
Yang termasuk sumber sejarah artefak adalah …
Penuturan saksi dari sebuah peristiwa bersejarah disebut sebagai sumber sejarah …
Kekurangan dari sumber sejarah lisan adalah …
Sumber primer sejarah di antaranya adalah …
Laporan penelitian dan terjemahan kitab-kitab kuno dikategorikan sebagai sumber … sejarah.
Penyusunan kisah sejarah paling baik jika didukung oleh …
Keakuratan penyusunan sejarah didukung oleh …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel