Contoh Soal Perkembangan dalam Bidang Politik pada masa Orde Baru

Contoh Soal Perkembangan dalam Bidang Politik pada masa Orde BaruOrde Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia. Orde Baru hadir dengan semangat untuk perubahan total atas penyimpangan yang dilakukan oleh Ir. Soekarno di masa Orde Lama. Koreksi yang dilakukan berawal di tahun 1967 setelah MPR secara resmi melantik Soeharto untuk masa jabatannya sebagai Presiden. Soeharto kemudian secara berturut-turut dilantik kembali pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993 dan 1998. Presiden Soeharto mengubah total kebijakan politik Indonesia. Salah satu kebijakan politik luar negeri pertama yang dilakkan Soeharto adalah dengan mendaftarkan Indonesia kembali sebagai anggota PBB. Keanggotaan Indonesia dipulihkan kembali pada 28 September 1966.
       Kebijakan politik dalam negeri dimulai dengan mengeluarkan Ketetapan yang menyebutkan PKI dan ajaran komunisme sebagai organisasi terlarang di Indonesia. Selanjutnya, melalui Mahkamah Militer Luar Biasa, Soeharto mengadili mereka yang terkait dengan Partai Komunis Indonesia. Untuk mereka yang terlibat kriminalitas akan dibuang ke Pulau Buru, sementara untuk pelaku non kriminal maka dikenai hukum administratif dengan penandaan di Kartu Tanda Penduduk sebagai eks tahanan politik. Orde Baru memberlakukan dwifungsi ABRI di masanya, karenanya DPR dan MPR kurang berjalan efektif sebagai penyambung administrasi rakyat karena struktur keanggotaannya didominasi oleh militer.
       Pemerintahan Orde Baru juga dikenal dengan kebijakan represi politik. Kebijakan ini digunakan untuk mencapai stabilitas politik. Salah satunya adalah penempatan Bantara Pembina Desa, sebuah organisasi militer yang ditempatkan di desa-desa untuk melakukan tindakan represi terhadap warga negaranya. Berturut-turut muncul badan-badan bentukan negara seperti BAIS (Badan Intelijen Strategis), BAKIN (Badan Koordinasi Intelijen) dan BAKORSTANAS (Badan Koordinasi Strategis Nasional) sebagai lembaga yang ditempatkan di tengah masyarakat untuk melakukan pengawasan dan tindakan represi atas segala gejolak di tengah masyarakat.
       Berbeda dengan masa demokrasi Liberal yang mendukung multi partai, di masa Orde Baru partai-partai politik peserta Pemilihan Umum 1955 dilebur menjadi tiga partai berdasarkan kesamaan perjuangannya. Tercatat hanya pada Pemilu 1971 ada lebih dari tiga partai politik di Indonesia yang berpartisipasi dalam Pemilihan Umum. Sebanyak sepuluh partai politik berpartisipasi pada Pemilu 1971. Ketiga partai yang merupakan hasil peleburan partai- partai politik di Indonesia adalah:
1. Partai Persatuan Pembangunan sebagai fusi dari NU, PSII, Permusi dan Perti karena berjuang dengan ideologi Islam.
2. Partai Demokrasi Indonesia, fusi dari PNI, Partai Kristen Indonesia, Partai Katolik dan Murba.
3. Golongan Karya, partai politik penopang pemerintah Orde Baru.
       Pemilu pertama yang hanya diikuti oleh tiga partai politik ini berlangsung di tahun 1977. Tercatat selama masa Orde Baru berlangsung Pemilihan Umum sebanyak enam kali dengan pemenang kursi terbanyak dipegang oleh Partai Golongan Karya.

Contoh Soal Perkembangan dalam Bidang Politik pada masa Orde Baru

Era Orde Baru di Indonesia dimulai sejak tahun ….
Sebagai langkah awal politik luar negerinya, Indonesia bergabung kembali ke organisasi ini pada 28 September 1966. Organisasi yang dimaksud adalah ….
Pengadilan untuk tokoh-tokoh yang terlibat dalam Partai Komunis Indonesia dilakukan di ….
Bagi simpatisan partai komunis Indonesia yang telah menjalani hukuman, di masa Orde Baru tetap mendapat diskriminasi dengan penandaan di Kartu Tanda Penduduknya sebagai ….
Tujuan penempatan intelijen di tengah-tengah masyarakat adalah ….
Peserta Pemilihan Umum 1971 terdiri dari ….
Pemilihan Umum Pertama di Indonesia yang diikuti oleh tiga partai politik berlangsung pada tahun ….
Partai politik yang menopang pemerintahan Orde Baru adalah ….
Pemilihan Umum di masa pemerintahan Orde Baru berlangsung sebanyak ….
Pernyataan berikut yang salah terkait kebijakan politik pemerintahan di masa Orde Baru adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel