Contoh Soal Konflik Kamboja

Contoh Soal Konflik KambojaKamboja adalah bagian dari kolonial Perancis sejak abad ke- 19. Perancis memegang kendali penuh atas perekonomian Kamboja yang dikembangkan untuk mengisi kas negara Perancis. Lamanya pendudukan kolonial Perancis akhirnya menimbulkan perlawanan dari rakyat Kamboja. Mereka membentuk Gerakan Front Anti Perancis dengan dukungan dari Vietnam. Dukungan Vietnam tersebut tidaklah tulus, karena sesungguhnya mengincar wilayah Kamboja untuk dijadikan jajahan. Niat buruk Vietnam ini akhirnya disadari oleh rakyat Kamboja sehingga balik mengusir Vietnam yang sudah menginvasi Kamboja.
Invasi Vietnam ke Kamboja mendapatkan sorotan dari dunia internasional. Negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat, mengutuk invasi. Namun, negara-negara Blok Timur, seperti Uni Soviet dan RRC, mendukung langkah Vietnam untuk melakukan invasi atas Kamboja. Negara-negara tetangga, yang tergabung dalam ASEAN, mengambil sikap dengan mengecam Vietnam. Terlebih karena negara-negara Asia Tenggara mengkhawatirkan kekuatan militer Vietnam yang baru saja memenangkan perang dengan Amerika Serikat. Jika Vietnam diberi peluang untuk menyebarkan komunisme di Asia Tenggara, maka akan mempengaruhi ideologi negara-negara lain sekawasan.
Dalam komunike bersama tanggal 7 Januari 1979 di Jakarta, ASEAN menyatakan penolakan atas invasi bersenjata Vietnam ke Kamboja dan mengingatkan akan hak-hak rakyat Kamboja untuk menentukan masa depannya sendiri. Terlebih, perang meluas dengan tidak hanya melibatkan dua pihak, namun empat pihak atau faksi yaitu, People’s Republic of Kampuchea (PRK) pimpinan Heng Samrin, Democratic Kampuchea (DK) pimpinan Pol Pot, Front Uni National pour un Cambodge Independent (FUNCINPEC) pimpinan Norodom Sihanouk, dan Khmer People’s National Liberation Front (KPNLF) pimpinan Son Sannu.
Himbauan ASEAN ternyata tidak mendapatkan tanggapan positif. Vietnam bahkan mendudukkan pemimpin baru di Kamboja, yakni Heng Samrin, sebagai perpanjangan tangan Vietnam. Tindakan tersebut semakin mengobarkan perlawanan rakyat yang dikenal sebagai Khmer Merah di bawah pimpinan Pol Pot dan Kieu Samphan. Angin perdamaian baru berhembus di Kamboja ketika ASEAN berinisiatif untuk mengadakan Jakarta Informal Meeting di Istana Bogor pada Juli 1988 untuk mencari solusi atas konflik di Kamboja dengan mempertemukan pihak-pihak yang bertikai. Jakarta Informal Meeting menghasilkan beberapa kesepakatan, yaitu :
1. Program rekonstruksi dan pembangunan internasional untuk Kamboja.
2. Menghentikan campur tangan dan bantuan dari pihak luar.
3. Penarikan pasukan Vietnam dari Kamboja.
4. Penyelenggaraan pemilihan umum di Kamboja.
Menindaklanjuti Jakarta Informal Meeting, Dewan Keamanan PBB menawarkan diri untuk turut memediasi konflik yang berlangsung di Kamboja. Melalui Konferensi Internasional di Paris, Dewan Keamanan PBB dan wakil dari ASEAN sepakat untuk membentuk International Conference on Kampuchea (ICK) guna mengawasi penarikan mundur pasukan Vietnam dari Kamboja. Pada 23-28 Mei 1993, pemerintahan transisi PBB di Kamboja, United Nations Transitional Authority in Cambodia (UNTAC) melaksanakan pemilihan umum di Kamboja. Hasil dari Pemilu ditetapkan sebagai pemerintahan baru di Kamboja dengan Norodom Ranaridh dan Hun Sen sebagai Perdana Menteri dan Norodom Sihanouk menjadi Kepala Negara.

Contoh Soal Konflik Kamboja

Kamboja menjadi bagian dari koloni Perancis sejak abad ke ....
Rakyat Kamboja memperoleh dukungan untuk mengusir Perancis dari ....
Pertemuan pertama ASEAN untuk mengutuk invasi Vietnam ke Kamboja berlangsung pada tanggal ....
Pimpinan Kamboja yang mendapat dukungan dari Vietnam adalah ....
Tentara rakyat Kamboja yang melakukan perlawanan kepada Vietnam dikenal dengan sebutan ....
Pertemuan negara-negara ASEAN dengan faksi yang berkonflik di Kamboja berlangsung di ....
Badan PBB yang dibentuk untuk mengawasi penarikan pasukan Vietnam dari Kamboja adalah ....
Badan yang bertugas melaksanakan pemilihan umum di Kamboja adalah ....
Perdana Menteri terpilih Kamboja pasca konflik adalah ....
Pernyataan berikut yang benar adalah .....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel