Contoh Soal Tabel Periodik Modern

Contoh Soal Tabel Periodik Modern Mendeleev menyusun tabel periodiknya dengan mengelompokkan berdasarkan massa yang meningkat di mana tabel periodik modern disusun berdasarkan nomor atom dan mempunyai sekitar 108 unsur. Tabel periodik modern disusun berdasarkan nomor atom pada unsur dimulai dari 1 dan terus hingga 108. Terdapat satu proton yang ada di inti Hidrogen dan karenanya diberikan angka 1 di tabel periodik. Demikian pula Helium mempunyai dua proton dan karenanya angkanya adalah 2 di grafik periodik dan daftar terus berlanjut pada pola yang sama. Secara vertikal tabel periodik modern dibagi menjadi kelompok dari 1 hingga 18 dan secara horisontal baris juga disebut sebagai periode dari 1 hingga 7.  

Menganalisa Tabel Periodik Modern
Tabel periodik modern secara luas didasarkan pada nomor atom yang meningkat yang menghubungkan dengan jumlah proton yang ada pada unsur.
Tabel periodik modern terdiri dari 18 kelompok yang dibagi menjadi kolom vertikal. Kolom ini mempunyai karakteristik kimia dan fisik yang sama karena mereka terdiri dari jumlah elektron yang sama di lapisan luarnya. Di sini kita dapat katakan bahwa elemen ini mempunyai karakteristik umum yang sama walaupun beda nama untuk masing-masing. Setiap kelompok dinamai dengan angka romawi begitu juga dengan huruf A dan B yang sekarang digantikan dengan angka 1 hingga 18.
Divisi horisontal tabel periodik dikenal dengan periode. Karakteristik berganti secara bertahap begitu juga dengan horisontal. Sebagai contoh, di baris tertentu karakteristik logam menurun secara bertahap dan karakteristik non-logam meningkat. Terdapat tujuh periode di tabel periodik modern dan semuanya bervariasi dalam panjang begitupun setiap unsurnya. Periode pertama sangat singkat dan mempunyai dua unsur saja, kedua berikutnya mempunyai delapan unsur masing-masingnya daripada setiap periode terdiri dari 18 unsur dan periode enam memiliki 32 unsur. Periode terakhir dibuka untuk melengkapi banyak penemuan baru yang sedang dibuat.
Secara umum semua unsur dapat dikelompokkan secara luas ke dalam tiga divisi, logam, non-logam dan metaloid. Logam ditunjukkan pada tabel periodik sebagai bayang-bayang kuning, ungu dan biru. Unsur metaloid digambarkan dengan kotak merah muda secara diagonal dan unsur non-logam ditunjukkan oleh kotak berwarna emas, hijau dan merah. Hidrogen diwarnai hijau karena itu juga non-logam.
Jadi tabel periodik ini merupakan cara yang nyaman untuk mengingat divisi unsur dan pembagiannya secara luas berdasarkan jumlah atom setiap unsur.






Contoh Soal Tabel Periodik Modern




Apa perbedaan besar antara Tabel Periodik Mendeleev dan Tabel Periodik Modern?
Jumlah total unsur pada tabel periodik Mendeleev adalah __ dan tabel periodik modern adalah ___.
Terdapat ___ Kelompok dan ______ Periode pada tabel periodik modern.
Kelompok 1 juga dikenal sebagai ___________ dan  dilambangkan   dalam  Angka Romawi sebagai:
Kelompok 17 juga dikenal sebagai ___________ dan dilambangkan dengan angka Romawi  sebagai:
Unsur pada sebuah Kelompok mempunyai karakteristik kimia dan fisik yang serupa karena:
Periode mana yang terdiri dari hanya unsur non-logam?
Unsur secara kimiawi dibagi menjadi tiga tipe, berikut merupakan dari kiri ke kanan di Tabel Periodik:
Blok mana yang terdiri dari Lanthanides dan Actinides?
Unsur mana yang membuat Blok d?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel