Contoh Soal Komponen-Komponen Peta

Contoh Soal Komponen-Komponen Peta Pernahkah kalian melihat sebuah peta? Pasti kalian sudah sering mendengar dan melihat dan bahkan kalian pasti tahu apa itu peta. Lalu apakah kalian tahu komponen-komponen yang ada dalam peta? Agar kalian dapat memahami peta dan komponennya mari kita simak pembahasan berikut ini.
Dalam sebuah peta, kita akan menjumpai komponen peta atau kelengkapan peta, di antaranya:
A. Judul peta
       Judul peta mencerminkan isi dan tipe peta. Judul biasanya ditampilkan di bagian atas peta dengan huruf besar dan menonjol dan mudah dibaca. Fungsi judul peta adalah memberi nama peta sesuai dengan isi peta tersebut.
B. Orientasi atau Arah
       Biasanya berupa gambar arah mata angin. Arah utara secara konvensional digunakan sebagai pedoman untuk orientasi.
C. Skala
       Skala adalah perbandingan antara jarak yang ada pada peta dengan jarak yang sebenarnya di permukaan bumi. Secara umum skala dapat dibedakan menjadi tiga.
       •Skala Angka atau Numerik adalah skala yang berupa angka-angka, misalnya skala peta 1:1.000.000.
       • Skala Garis atau Grafik, skala yang ditunjukkan melalui pembuatan garis linier dengan perbandingan pada setiap ruasnya.
       • Skala Kalimat atau Verbal, skala yang membuat kalimat baku sebagai penunjuk skala. Jenis skala ini banyak dipakai di Eropa, biasanya menggunakan satuan inchi dan mil. Contohnya, one inches to two miles.
D. Legenda atau Keterangan
       Legenda adalah keterangan penting yang memberikan keterangan dan penjelasan tentang simbol-simbol yang terdapat pada peta.
E. Garis Koordinat (Geografis)
       Garis ini diperlukan untuk mengetahui letak geografis suatu tempat. Biasanya terdiri dari garis bujur dan garis lintang yag dituliskan di tepi peta dengan menunjukkan beberapa derajat, berapa menit, dan berapa detik. Contohnya, 3090”LU - 3010’LS.
F. Tata Tulis (Lettering)
       Adalah tata cara penulisan di dalam peta. Secara umum, untuk penulisan obyek yang berupa daratan digunakan jenis huruf tegak, sedangkan obyek perairan digunakan huruf miring.
G. Sumber dan Tahun Pembuatan
       Sumber peta sangat penting, terutama untuk peta tematik, yang menunjukkan siapa pembuat peta tersebut. Tahun pembuatan juga sangat penting, karena obyek di atas permukaan bumi, baik yang alami maupun buatan manusia mudah berubah sejalan dengan waktu.
H. Inset
       Inset adalah peta skala kecil yang berfungsi untuk memberikan gambaran lokasi daerah yang dipetakan terhadap wilayah lain secara global (lebih luas).
I. Garis Tepi
       Berfungsi untuk membatasi liputan peta dan keindahan penyajian peta. Biasanya garis tepi dibuat rangkap dua.
J. Tata Warna
       Tata warna sangat penting jika peta yang dibuat adalah peta berwarna. Fungsi warna adalah sebagai simbol yang mempunyai makna bermacam-macam, tergantung kepada pembuat peta. Contoh fungsi tata warna adalah sebagai berikut:
        Membedakan tinggi rendahnya suatu daerah atau kedalaman laut.
        Memberikan kualitas atau kuantitas simbol-simbol yang ada pada peta.
        Untuk keperluan keindahan (estetika).
K. Simbol
       Simbol adalah tanda atau lambang yang mewakili obyek di permukaan bumi yang terdapat pada peta. Mengingat pentingnya materi ini, maka simbol disajikan pada bagian tersendiri.
L. Simbol Peta
       Simbol adalah cerminan suatu obyek yang ada di permukaan bumi pada suatu peta. Simbol yang baik adalah jika mudah dikenal sekalipun tanpa menggunakan keterangan/legenda. Selain itu, simbol hendaknya kecil, terang, dan mudah digambar.
Secara umum simbol dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni simbol titik, simbol garis, dan simbol area.
       • Simbol Titik
       Simbol titik digunakan untuk menggambarkan kenampakan yang bersifat tunggal, misalnya suatu kota, candi, stasiun, rumah makan, dan lapangan terbang. Kota pada skala kecil hanya tergambar sebagai titik, tetapi kota dalam skala besar dapat meliputi suatu luasan (area) yang tidak dapat diwakili hanya dengan suatu titik saja.
       • Simbol Garis
       Simbol garis untuk menggambarkan unsur-unsur yang memanjang, misalnya jalan raya, jalan kereta api, sungai, garis pantai, dan batas administrasi. Untuk membedakan unsur tersebut, garis dibuat berbagai ragam dan kadang-kadang ditambah dengan warna sebagai pembeda dan agar lebih indah.
       • Simbol Area
       Simbol wilayah atau area untuk menggambarkan unsur-unsur yang meluas atau mempunyai luasan, misalnya perkebunan, rawa, hutan, sawah, tegalan, atau danau.


Contoh Soal Komponen-Komponen Peta

Judul peta mencerminkan ….
Arah …. secara konvensional digunakan sebagai pedoman untuk orientasi.
Jenis skala yang banyak digunakan di Eropa adalah ….
Bagian dari peta yang berisi kumpulan simbol-simbol untuk mempertegas arti pada peta, disebut ….
Lettering dapat dimaknai sebagai ….
Untuk memberikan gambaran lokasi daerah yang dipetakan terhadap wilayah lain dapat digunakan ….
Berikut adalah fungsi tata warna dalam peta, kecuali ….
Simbol yang terbaik untuk memperlihatkan persebaran suatu obyek adalah simbol …
Simbol geometris adalah simbol yang menggunakan simbol matematis, seperti simbol segitiga, segi empat, lingkaran yang dipakai untuk menentukan ….
Pengenalan pertama dalam membaca peta adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel