Contoh Soal Jalur Impuls

Contoh Soal Jalur ImpulsJalur impuls merupakan jalur tertata baik yang memungkinkan semua impuls bergerak ke lokasi yang diinginkan. Impuls juga dikenal sebagai rangsangan dan rangsangan ini mencapai otak, kemudian otak mengirimkan reaksi yang diinginkan atau respons. Berikut ini adalah jalur ringkas yang dilalui impuls: 

RANGSANGAN --> INDRA --> RESEPTOR SENSORIK --> SISTEM SARAF PUSAT --> INTERNEURON --> NEURON MOTORIK --> OTOT/ORGAN --> RESPONS
             
1. Rangsangan adalah tindakan yang bisa dideteksi oleh manusia seperti, sentuhan, rasa dingin dan lain-lain. Rangsangan menjangkau reseptor sensorik.
2. Reseptor sensorik: Ini merupakan titik-titik pada tubuh yang dilalui rangsangan terdeteksi. Contohnya, kita mendeteksi aroma tertentu, enak ataupun tidak lewat hidung.
3. Neuron sensorik: ketika rangsangan beraksi pada reseptor sensorik, rangsangan ini dikirimkan ke Sistem Saraf Pusat dengan bantuan neuron sensorik. Sistem Saraf Pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang punggung.
4. Interneuron Sistem Saraf Pusat (SSP): Pada SSP, informasi yang diterima dikirimkan lewat interneuron.
5. Informasi ini akhirnya mencapai otak lewat neuron motorik.
6. Otot/ Efektor (bagian tubuh mana saja yang dituju rangsangan): Kemudian rangsangan dirasakan oleh otot, yang akhirnya, menjadi respons.

7. Kadang-kadang informasi yang disampaikan tidak diproses oleh otak. Kadang-kadang rangsangan tertentu diproses oleh neuron motorik dan dikirimkan ke efektor untuk menghasilkan respons. Hal ini disebut 'respons refleks'. Di sini refleks atau rangsangan tidak menjangkau otak, namun respons yang dihasilkan lebih cepat. Saat menyentuh permukaan yang panas respons cepat yang kita lakukan adalah memindahkan tangan kita. Ini merupakan contoh aksi refleks.

8. Respons adalah aksi yang terjadi karena adanya rangsangan. Contohnya, bila kita mengecap sesuatu yang pedas, kita langsung bergegas minum air. Proses sederhana ini bisa terlihat lewat jalur impuls dan pada tahapan yang dilalui rangsangan. Sekali lagi respons merupakan prosedur yang kompleks, yang melibatkan aksi neuron dan neurotransmiter, umumnya Asetilkolina.

Contoh Soal Jalur Impuls

Apa yang dimaksud dengan 'rangsangan' (stimulus)?
Apa yang dimaksud dengan jalur impuls?
Sistem saraf pusat terdiri atas:
Neuron sensorik mengirimkan informasi dari reseptor sensorik ke:
Contoh reseptor sensorik adalah:
Saat efektor menerima jenis rangsangan apa pun, efektor ini akan _____
Otot atau kelenjar yang dicapai oleh efek yang dihasilkan disebut:
Apa yang dimaksud dengan aksi refleks?
Contoh 'respons refleks' adalah:
Mana yang merupakan neurotransmiter?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel