Contoh Soal Cara Kerja Hormon

Contoh Soal Cara Kerja HormonMeski sistem saraf begitu penting bagi makhluk hidup untuk merespons lingkungannya, terutama saat respons cepat sangat dibutuhkan guna bertahan hidup, beberapa respons bisa dipicu lebih lambat dan harus dipertahankan dari waktu ke waktu. Sistem endokrin, yang terdiri dari sejumlah kelenjar yang mengeluarkan molekul terkait yang disebut hormon, berfungsi untuk mengatur respons yang mungkin berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa minggu.

Secara bersamaan, sistem saraf dan endokrin membantu makhluk hidup merespons status fisiologisnya juga lingkungannya secara adaptif. Hormon penting untuk mempertahankan homeostasis, status fisiologis yang relatif stabil, karena sifat melepasnya yang terus menerus dan pengaruhnya terhadap tubuh.

Apa Fungsi Kelenjar Endokrin Utama?
Kelenjar endokrin umumnya ditemukan di pusat tubuh dan kepala. Kelenjar pineal terdapat jauh di dalam otak dan melepaskan melatonin, a hormon yang membantu mengatur jam mekanisme tubuh dan memulai siklus tidur.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang ditemukan di bagian depan leher; hormon tiroid T3 dan T4 mengatur laju istirahat metabolik tubuh. Pankreas adalah kelenjar yang terletak di dekat perut yang melepaskan insulin ke dalam sistem cerna guna membantu mengatur glukosa darah. Secara khusus, penyakit diabetes terjadi bila seseorang kehilangan sensitifitas terhadap atau tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah secara benar. 

Berikutnya, kelenjar adrenal terletak tepat di atas ginjal. Selain menghasilkan androgen, seperti testosteron, dan glukokortikoid, seperti hormon stres kortisol, pada korteks atau bagian luar kelenjar, medula adrenal atau bagian tengah turut terlibat dalam produksi epinefrin, yang bisa menstimulasi peningkatan denyut jantung dan mengembangkan pembuluh darah untuk menghasilkan respons "melawan atau lari" yang efektif.

Terakhir, gonad menghasilkan hormon seks yang membantu memelihara proses reproduksi dan menghasilkan karakteristik seks sekunder. Pada ovarium wanita, hormon seks yang utama adalah estrogen dan progesteron. Pada testis pria, testosterone dan androgen lain merupakan hormon utama, meskipun sedikit estrogen juga dihasilkan.

Apakah Sistem Saraf dan Sistem Endokrin Saling Berinteraksi?
Seringkali, sistem saraf dan endokrin saling berpengaruh secara tidak langsung. Contohnya, insulin menstimulasi penyerapan glukosa dari darah lewat sel otot, yang kemudian membuat kerja sistem saraf eferen menjadi lebih baik. Namun, ada satu pengecualian dalam hal ini, yaitu aksi kelenjar pituitari. Kelenjar ini sering disebut "kelenjar utama" karena selain memproduksi hormon pertumbuhan, yang membantu menentukan tinggi badan saat masa perkembangan makhluk hidup, kelenjar ini juga memproduksi hormon yang bisa mempengaruhi fungsi kelenjar endokrin lainnya. Kelenjar pituitari menghasilkan hormon perangsang tiroid (TSH) untuk mengendalikan kadar T3 dan T4 yang dihasilkan oleh tiroid, hormon adenokortikotropik (ACTH) untuk mengendalikan produksi glukokorticoid yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Hormon perangsang folikel
(FSH) merangsang kematangan sel gamet pada sistem reproduksi, sementara hormon lutein (LH) merangsang ovulasi pada wanita dan sintesis testosteron pada pria.

Sama pentingnya dengan kelenjar endokrin, kelenjar pituitari diatur oleh hipotalamus otak, yang bisa menerima impuls saraf dari bagian otak lainnya sambil mengeluarkan hormon untuk mengatur fungsi pituitari. Dengan cara ini, keseluruhan sistem endokrin diatur sebagian lewat informasi mengenai tubuh dan lingkungannya.

Contoh Soal Cara Kerja Hormon

Mana dari kelenjar berikut yang dikendalikan oleh hormon perangsang tiroid (TSH)?
Bagian otak mana yang mengendalikan kelenjar pituitari utama?
Mana dari hormon berikut yang berperan mengatur penyerapan glukosa oleh sel otot?
Area kelenjar adrenal ini berperan terhadap produksi glukokortikoid.
Apa fungsi hormon pertumbuhan?
Apa organ tubuh yang berperan terhadap pelepasan hormon yang mengatur kadar glukosa dalam darah?
Hormon apa yang menyebabkan tiroid melepaskan dua hormon lainnya yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh?
Hormon apa yang merangsang dilepaskannya glukokortikoid dari korteks adrenal?

Kortisol adalah hormon yang dilepaskan oleh korteks adrenal sebagai akibat adanya tekanan. Kortisol termasuk golongan mana dari hormon steroid yang dilepaskan di korteks adrenal?
Bila hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon lutein (LH) mengendalikan gonad, lalu apa fungsi kedua hormon tersebut?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel