Contoh Soal Percobaan dengan lensa cembung

Contoh Soal Percobaan dengan lensa cembungPada topik ini kita akan membahas percobaan yang berkaitan dengan lensa cembung. Lensa adalah kaca atau bahan transparan yang memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan bayangan. Jenis-jenis lensa yang umum berdasarkan bentuknya:
1. lensa planparalel (datar-datar);
2. lensa bikonveks (cembung-cembung);
3. lensa bikonkaf (cekung-cekung); dan
4. lensa gabungan seperti plan-konkaf (datar-cekung), konveks-konkaf (cembung-cekung).
section-media
Sekarang, mari kita lanjutkan pada pembentukan bayangan pada lensa cembung. Sebelum itu, kita harus memahami terlebih dahulu istilah-istilah yang akan dipakai dalam pembentukan bayangan, yaitu:
1. Titik Fokus
Titik fokus merupakan titik di mana cahaya yang dibiaskan oleh lensa tersebut terkumpul. Jarak fokus yang disimbolkan dengan fadalah jarak antara titik fokus dengan pusat kelengkungan lensa. Makin melengkung sebuah lensa, maka f makin kecil.
2. Titik Pusat Kelengkungan Lensa
Titik kelengkungan lensa adalah titik pusat lingkaran pada lensa. Jarak dari lensa ke titik kelengkungan lensa disebut sebagai jari-jari kelengkungan atau R, dengan R = 2f.
3. Sumbu utama
Sumbu utama merupakan tempat berkumpulnya benda, titik fokus, titik kelengkungan lensa, dan bayangan.
4. Pembiasan
Pembiasan adalah peristiwa pembelokan cahaya karena melalui dua medium yang berbeda.
Percobaan pengamatan benda menggunakan lensa cembung adalah percobaan pengamatan benda menggunakan lup atau kaca pembesar. Ilustrasinya adalah sebagai berikut:
section-media
Nah, mari kita bahas tentang perjalanan cahaya dalam pembentukan bayangan pada lensa cembung. Kita mengetahui ada 3 sinar istimewa pada lensa cembung, yaitu:
1. sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan melalui titik fokus (F1) di belakang lensa;
2. sinar datang menuju titik fokus di depan lensa (F2) akan dibiaskan sejajar sumbu utama; dan
3. sinar yang datang melewati pusat optik lensa (O) akan diteruskan.
Ketiga sinar istimewa tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:
section-media
Adapun persamaannya sebagai berikut.
section-media
Keterangan:
f = jarak fokus lensa (cm);
s = jarak benda ke lensa (cm);
s'= jarak bayangan ke lensa (cm);
M = perbesaran (kali);
p = kekuatan lensa (Dioptri)
h = tinggi benda (cm); dan
h' = tinggi bayangan (cm).

Contoh Soal Percobaan dengan lensa cembung

Perhatikan gambar di bawah ini.
section-media
Gambar di atas, merupakan lensa....
Sebuah lensa cembung memiliki jarak bayangan 15 cm. Jika titik fokus lensa 7,5 cm, maka jarak bendanya adalah....
Sebuah benda berada pada 36 cm dari sebuah lensa cembung. Sebuah layar ditempatkan di belakang lensa tersebut yang jarak fokusnya 9 cm. Bayangan yang dihasilkan nyata dan tepat pada layar. Jarak antara lensa dengan layar adalah ….
Sebuah benda yang tingginya 1 cm berdiri 5 cm di depan lensa cembung yang jarak fokusnya 4 cm. Sifat bayangan yang terbentuk adalah….
Sebuah benda yang tingginya 2 cm berdiri 6 cm di depan lensa cembung yang jarak fokusnya 4 cm. Besarnya perbesaran bayangan benda adalah ….
Suatu bayangan terbentuk pada jarak 1 meter di belakang lensa yang berkekuatan 4 dioptri. Letak benda terhadap lensa tersebut adalah....
Sebuah benda dengan tinggi 0,12 m berada pada jarak 60 cm dari lensa cembung dengan jarak fokus 40 cm. Tinggi bayangan benda adalah....
Sebuah lensa membentuk bayangan maya dan diperbesar 3 kali dari benda yang diletakkan di depannya. Jika jarak benda 12 cm, jarak titik fokus lensa tersebut adalah….
Di depan sebuah lensa diletakkan benda pada jarak 25 cm sehingga bayangan yang terbentuk posisinya terbalik sejauh 50 cm dari lensa. Besar kuat lensa tersebut adalah ….
Aplikasi lensa cembung dapat ditemukan pada....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel