Contoh Soal Menyunting Paragraf Persuasif

Contoh Soal Menyunting Paragraf PersuasifMenyunting teks adalah kegiatan memperbaiki atau merevisi suatu teks. Untuk dapat melakukan kegiatan menyunting, seseorang harus memahami ciri dan karakteristik teks yang akan disunting. Dengan demikian, ia akan mengetahui hal-hal apa sajakah yang harus muncul dan tidak. Berikut adalah hal-hal yang perlu kita pahami sebelum melakukan penyuntingan.
1. Pahami sifat paragraf secara umum
Teks persuasif haruslah memiliki kaidah-kaidah umum yang dimiliki oleh sebuah paragraf. Ia harus memiliki unsur gagasan utama-gagasan penjelas. Gagasan utama dalam setiap paragraf hanya boleh ada satu. Setiap kalimat yang membentuk paragraf haruslah saling terkait (padu), tanpa ada yang sumbang (berbeda informasi).
2. Pahami karakteristik paragraf persuasif 
Dari materi sebelumnya, dapat kita ketahui bahwa karakteristik paragraf persuasi harus berisi ajakan yang disertai alasan pendukung dengan tujuan agar pembaca mau mengikuti apa yang diinginkan penulis. Ciri khususnya adalah munculnya kalimat imperatif yang dapat diperkuat dengan penggunaan partikel –lah. Inilah yang membedakan paragraf persuasif dengan argumentatif.
      Selain menggunakan pengembangan sebab-akibat, bentuk paragraf persuasif biasanya menggunakan dua cara pendekatan: pendekatan emotif dan pendekatan rasional. Pendekatan emotif adalah pendekatan yang berusaha membangkitkan emosi pembaca dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan meyakinkan atau kata-kata simpati atau antipati yang dapat menciptakan konflik batin. Contoh persuasif jenis ini adalah propaganda. Pendekatan rasional adalah pendekatan dengan pengunaan akal untuk memberikan dasar pembenaran terhadap suatu persoalan. Pendekatan ini memiliki ciri, yaitu dengan menyampaikan fakta-fakta.

Contoh Soal Menyunting Paragraf Persuasif

Agar dapat menyunting paragraf, kita harus mengetahui pemahaman mengenai kelemahan paragraf. Berikut yang tidak termasuk kelemahan pada sebuah paragraf adalah….
Bersepeda akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari bersepeda. Pertama, bersepeda akan membakar kalori. Gerakan tubuh saat mengayuh sepeda membantu membakar banyak kalori. Bayangkan, orang dengan berat sekitar 80 kg, dapat membakar lebih dari 500 kalori setelah melakukan satu jam bersepeda pada kecepatan moderat. Hal ini tentu akan lebih efektif jika dibanding menyiksa diri dengan diet ketat. Kedua, bersepeda sama dengan melatih otot. Bersepeda melibatkan penggunaan otot paha depan, hamstring, dan otot betis. Aktivitas bersepeda akan membuat otot-otot tersebut kencang dan kuat sehingga tubuh akan terlihat lebih ramping. Olahraga ini juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena pembakaran kalori terjadi lebih banyak meskipun tubuh sedang dalam kondisi istirahat. Dengan begitu banyaknya manfaat, sungguh mengherankan jika masih banyak orang malas mengganti kendaraannya dengan sepeda.
Kalimat yang tepat untuk mengganti kalimat terakhir paragraf di atas agar menjadi paragraf persuasif yang baik adalah….
Meminum jus setiap hari sangatlah penting. Setidaknya, ada lima manfaat yang diberikan jus kepada tubuh. Pertama, jus dapat menghaluskan kulit. Meminum jus setiap hari, khususnya jus tomat dan jus jambu, akan membuat kulit terlihat lebih muda dan lebih segar. Kedua, jus dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan jus memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan mengandung zat antioksidan. Ketiga, jus mampu memperbaiki indra penglihatan. Keempat, Jus dapat menyegarkan pikirkan. Kelima, jus dapat meningkatkan daya ingat. Gimana tertarik bukan?
Kalimat yang tepat untuk mengganti kalimat akhir paragraf di atas adalah….
Mi instan memang makanan yang lezat dan mudah dalam hal penyajian. Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada 1958, yang kemudian memproduksi produk mi instan pertama di dunia. Makanan murah ini menjadi favorit banyak kalangan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mi instan memiliki berbagai macam keburukan? Terlalu banyak mengonsumsi mi instan akan menghambat penyerapan nutrisi. Atas dasar inilah mi instan tidak baik untuk anak di bawah 5 tahun. Mi instan juga dapat menyebabkan kanker dan keguguran. Kandungan propylene glycol dalam mi juga dapat membuat kerusakan pada hati, ginjal, dan liver. Jadi, kurangi dan hentikan mengonsumsi mi instan. Gantilah dengan makanan yang bergizi.
Hal yang menyebabkan kelemahan paragraf di atas adalah….
Ciri paragraf persuasif mengandung kalimat ajakan. Berikut yang termasuk kalimat ajakan adalah….
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
  1. Akan tetapi, kebanyakan keluarga Indonesia betah berlama-lama duduk menonton televisi atau mendengarkan musik sambil tidur-tiduran.
  2. Aktif akan membuat Anda dan keluarga sehat.
  3. Ada beberapa cara mudah, seperti olahraga bersama, buat ruang keluarga lebih aktif, bekerja membereskan rumah bersama-sama, atau berbelanja.
  4. Ayo kita lakukan dan jadikan keluargamu menjadi cermin keluarga sehat!
  5. Kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan.
  6. Sudah saatnya kita menghilangkan kebiasaan jelek tersebut dengan membuat seluruh keluarga Anda bergerak aktif.
  7. Hal ini bukanlah hal yang terlampau sulit.
Susunan yang tepat agar menjadi paragraf persuasif yang baik adalah....
Perhatikan paragraf berikut!
(1)Minyak bumi adalah energi yang tidak dapat diperbarukan. Suatu saat, energi ini akan habis. (2)Apalagi jika kita mengamati konsumsi akan energi ini setiap tahun semakin meningkat drastis (3)Tak terbayang apa jadinya dunia ketika sumber energi ini tidak dapat lagi kita temukan. (4)Untuk itu, sudah sepantasnya dari sekarang mari kita menghemat penggunaannya dan mencoba alternatif energi lain untuk mengantisipasi jika suatu saat energi ini mengalami kelangkaan.
Agar padu dan menciptakan penegasan informasi alasan, kalimat Padahal, hampir seluruh sektor kehidupan membutuhkannya dapat diletakkan ….
(1)Femalefirst melansir sebuah berita yang menarik. (2) Laman ini menyatakan bahwa seorang jomblo memiliki kualitas tidur yang lebih baik. (3)Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. (4)Seorang jomblo tidak memiliki kekhawatiran terhadap suatu hubungan. (5)Jadi, Semangatlah dalam hidup dan tak perlu khawatir jika Anda jomblo.
Paragraf di atas akan menjadi padu jika diperbaiki dengan cara ....
Ingin hidup sehat dan tenang? Anda dapat melakukan hal-hal berikut. Pertama, penuhi diri dengan mencintai sesama. Kedua, bebaskan diri dari rasa cemas dan takut. Kedua hal itu dapat membersihkan hati yang menimbulkan ketenangan bagi jiwa. Padahal, ketenangan jiwa inilah yang nantinya akan memicu hidup yang sehat. Mudah bukan? Yuk, kita mencobanya!
Kelemahan paragraf persuasif di atas adalah….
(1)Ingin anak Anda selalu mendengarkan Anda? (2)Ada satu langkah mudah untuk mewujudkan itu. (3)Orang tua terkadang kesal ketika anak tidak mau mendengarkan nasihat atau perintah orang tuanya. (4)Alasan anak tidak mau menurut berawal dari orang tua yang tidak mau mendengarkan anak ketika si anak mengajak berbicara karena dianggap bukan sesuatu yang penting. (5)Padahal, mungkin bagi anak, itu adalah hal yang sangat penting. (6)Cobalah untuk memulai mendengarkan celoteh anak-anak kita sehingga ia merasa dihargai dan dipedulikan.
Kelemahan yang terdapat pada paragraf di atas adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel