Contoh Soal Reaksi kimia dalam Kata dan Simbol

Contoh Soal Reaksi kimia dalam Kata dan SimbolKimia adalah ilmu perubahan-perubahan fisik dan perubahan kimia. Perubahan fisik menghasilkan perubahan keadaan fisik suatu zat, seperti ketika es mencair membentuk air. Perubahan ini penting, tetapi pada perubahan kimia itulah yang benar-benar paling menarik bagi ahli kimia. Jadi bagaimana ahli kimia menjelaskan perubahan kimiawi atau karena mereka lebih suka menyebut mereka, reaksi kimia?

Cara termudah untuk menggambarkan reaksi kimia adalah dengan menggunakan semua nama zat yang terlibat. Zat-zat yang akan menjalani reaksi kimia disebut reaktan (atau kadang-kadang reagen) dan zat yang terbentuk dalam reaksi disebut produk . Untuk menunjukkan reaksi kimia, ahli kimia menggunakan panah seperti ini: reaktan → produk . Jika beberapa reaktan atau produk yang terlibat, tanda tambah "+" digunakan seperti ini:. 
Reaktan 1 + reaktan 2 → produk

Dua contoh kerja adalah:
Ketika natrium karbonat ditempatkan dalam asam klorida, natrium klorida, karbon dioksida dan air yang dihasilkan. Reaksi ini ditulis sebagai:
kalsium karbonat + asam klorida → kalsium klorida + karbon dioksida + air

Ketika gas kalium dan klorin direaksikan, kalium klorida terbentuk. Reaksi ini ditulis sebagai:
kalium + klorin → kalium klorida

Meskipun persamaan kata cukup baik untuk mengetahui apa yang akan bereaksi dan apa yang akan diproduksi, mereka tidak memberikan informasi yang cukup tentang reaksi seperti formula zat yang terlibat, kondisi fisik mereka (padat, cair, gas atau larutan) dan rasio dimana reaktan bereaksi dan produk yang dihasilkan.
 Untuk memberikan informasi ini, ahli kimia menggunakan persamaan kimia menggunakan simbol-simbol, bukan kata-kata.

Menggunakan simbol dalam persamaan kimia memerlukan pengetahuan yang baik tentang bagaimana simbol kimia yang digunakan untuk menulis rumus. Sebagai contoh, air memiliki rumus H O. Ini memberitahu ahli kimia bahwa unit air terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, dengan menambahkan kondisi fisiknya H O (l), hal ini menunjukkan bahwa air cair. Bahkan setiap negara memiliki simbol fisik sendiri: padat (s) cair (l) gas (g) dan larutan dalam air (aq) untuk larutan.

Sebelum seseorang dapat berlatih menulis persamaan kimia, salah satu kebutuhan untuk mengetahui simbol elemen, dan menggunakan Tabel Periodik, orang harus bisa menulis rumus kimia dari simbol. Hal ini tercakup dalam topik:. "Menulis rumus senyawa ion dari nama IUPAC nya" dan "Menulis rumus senyawa molekuler dari nama IUPAC nya"

Menggunakan contoh di bawah ini, yang persamaan kimia dapat ditulis dengan menggunakan formula dari senyawa (reaktan dan produk) dan simbol dari negara bagian senyawa.

Ketika kalsium karbonat padat ditempatkan dalam larutan asam klorida, larutan kalsium klorida, gas karbon dioksida dan air cair yang dihasilkan. Reaksi ini ditulis sebagai:
CaCO 3 (s) + HCl (aq) → CaCl 2 (aq) + CO 2 (g) + H (l) (tidak seimbang) 

Ketika kalium padat dan gas klor direaksikan, kalium klorida padat terbentuk. Reaksi ini ditulis sebagai:
(s) + Cl 2 (g) KCl (s) (tidak seimbang)

Menyeimbangkan persamaan kimia sangat penting dan tercakup dalam topik "Menyeimbangkan Persamaan - 1 & 2". Dalam topik ini pertanyaan hanya akan meminta Anda untuk menulis persamaan kata dan persamaan kimia seimbang dari deskripsi dari reaksi. Ini merupakan langkah penting dalam menulis persamaan kimia dan harus diselesaikan sebelum seseorang dapat menulis persamaan kimia sepenuhnya seimbang.

Contoh Soal Reaksi kimia dalam Kata dan Simbol


Tuliskan deskripsi berikut sebagai persamaan kata saja: nitrogen dan hidrogen bergabung membentuk amonia.
Tuliskan uraian berikut sebagai persamaan kata saja: amonia dan oksigen bereaksi membentuk nitrogen monoksida dan air.
Tuliskan persamaan kimia yang belum seimbang, tanpa keadaan fisik, untuk reaksi: nitrogen + hidrogen → amonia.
Tuliskan persamaan kimia yang tidak seimbang, tanpa keadaan fisik, untuk reaksi: amonia + oksigen → nitrogen monoksida + air.
Tuliskan persamaan kimia yang tidak seimbang untuk reaksi: gas nitrogen dan gas hidrogen bereaksi membentuk amonia cair.
Tuliskan persamaan kimia yang tidak seimbang untuk reaksi: larutan amonia dan gas oksigen bereaksi membentuk gas nitrogen monoksida dan air cair./div>
Tuliskan persamaan kimia seimbang untuk reaksi: larutan natrium klorida dicampur dengan larutan perak nitrat untuk membentuk perak klorida padat dan larutan natrium nitrat.
Tuliskan persamaan kimia yang tidak seimbang untuk reaksi: magnesium padat ditempatkan dalam larutan asam klorida membentuk gas hidrogen dan larutan magnesium klorida.
Tuliskan persamaan kimia yang tidak seimbang untuk reaksi: besi padat (III) oksida dipanaskan dengan karbon padat untuk memberikan besi cair dan gas karbon monoksida 
Tuliskan persamaan kimia yang tidak seimbang untuk reaksi: natrium karbonat padat dijatuhkan ke dalam larutan asam klorida menghasilkan gas karbon dioksida, larutan natrium klorida dan air cair.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel