Contoh Soal Sudut pandang dalam Novel

Contoh Soal Sudut pandang dalam NovelSudut pandang atau point of view adalah cara pengarang menempatkan posisinya dalam karyanya dengan menggunakan teknik tertentu untuk menyampaikan cerita. Teknik tersebut bisa dengan menjadikan dirinya secara langsung sebagai narator atau dengan menjadikan pihak lain sebagai narator. Dengan kata lain, sudut pandang adalah mencari tahu siapa yang bercerita dalam novel. Sudut pandang memiliki beberapa jenis sebagai berikut.
1. Sudut pandang orang pertama pelaku utama
      Pada bagian ini, pengarang menjadikan tokoh dalam novel sebagai narator. Tokoh yang dijadikan narator biasanya adalah aku yang merupakan salah satu tokoh yang mengisahkan dirinya, tindakan, serta peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Sudut pandang ini membuat pembaca hanya mengetahui segala hal yang dialami si aku sebab si akulah yang menjadi narator sekaligus pusat cerita. Perhatikan contoh berikut!
Aku rapatkan jaket melawan angin dingin musim gugur dan duduk di kursi kayu di tengah Kogan Plaza. Aku kunyah pretzel keras dan asin ini. Mulutku mengeluarkan asap seperti naga setiap kali menganga.
(Rantau 1 Muara, A. Fuadi)
2. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
      Sudut pandang ini hampir sama dengan sudut pandang orang pertama pelaku utama. Namun, pada bagian ini, si aku tidak sepenuhnya mengisahkan dirinya. Si aku lebih banyak menceritakan tokoh lain dengan segala hal yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Dengan kata lain, si aku pada sudut pandang ini hanyalah sebagai narator bagi tokoh di sekelilingnya. Cermati contoh berikut!
Si Jhony Chan itu juga semakin menyebalkan. Dia beberapa kali terang-terangan mengajakku jalan bareng. Belum lagi komplotan wajah-wajah Melayu lain yang sok dewasa. Termasuk Adi temanku asal Jakarta (penerima ASEAN ssholarship juga) mulai pendekatan.
(Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Tere Liye)
3. Sudut pandang orang pertama jamak
      Ciri dari sudut pandang ini adalah pihak yang menjadi narator bukanlah aku melainkan kami. Si kami mengisahkan apa yang aku dan kawan-kawannya atau tokoh lain di sekitarnya lakukan dan alami. Perhatikan contoh berikut ini!
Lucu sekali melihat penampilan kami malam itu. Pakaian yang robek dan kumuh, rambut dekil dan kotor, badan hitam yang bau, memakai sepatu mahal dan kaus kaki putih.
(Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Tere Liye)
**4. Sudut pandang orang ketiga serbatahu
      Pada jenis ini, narator dalam cerita adalah pengarang dengan menyebutkan nama tokoh dalam cerita secara langsung. Pengarang mendeskripsikan beberapa tokoh secara bebas dengan peristiwa yang mereka alami serta dengan menggambarkan keadaan lingkungan yang berada di sekitar para tokoh, contonya:
Malam itu, Noni dan Eko terpaksa menggantungkan nasib perut mereka pada Mas-Mas pengantar pizza. Wanda dan Keenan mengobrol soal dunia lukisan dengan asyiknya hingga tak menggubris desakan Noni dan Eko untuk makan malam di luar.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
5. Sudut pandang orang ketiga terbatas
      Pada jenis ini, pengarang mengisahkan tokoh lain secara terbatas; hanya satu atau dua tokoh dan tidak dapat leluasa menceritakan tokoh-tokoh lainnya, seperti:
Keenan memejamkan matanya sejak sepuluh menit pertama kereta api itu bertolak dari Stasiun Bandung. Ia terbangun oleh karena haus yang menggigit dan hening yang dirasakan terlalu lama dari seharusnya. Saat matanya membuka, kereta itu memang sedang berhenti di sebuah stasiun kecil. Dan Kugy tidak ada di sebelahnya.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
6. Sudut pandang orang ketiga jamak
      Pada bagian ini, pengarang sebagai narator menceritakan tokoh dengan menggunakan kata ganti mereka. Berikut ini adalah contohnya.
Angkutan kota Colt L-300 yang sudah tua dan kepayahan nanjak itu hanya mengantarkan mereka bertiga sampai di mulut sebuah jalan setapak. Matahari pagi terasa hangat menyentuh kulit muka setelah sekian lama mereka terperangkap dalam mobil.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
      Dari jenis sudut pandang tersebut, terdapat kelebihan dan kelemahan pada setiap sudut pandang. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan ketika menggunakan sudut pandang di atas.
1. Sudut pandang orang pertama
a. Kelebihan
  • Bebas menggunakan jenis dan gaya bahasa karena narator adalah aku yang secara tidak langsung tidak terikat kebakuan bahasa.
  • Sudut pandang aku biasanya memiliki peran sebagai tokoh protagonis.
  • Gaya tulisan lebih ringan; tidak terlalu formal.
b. Kekurangan
Karena narator adalah aku, setiap konflik yang berhubungan dengannya akan mudah ditebak, yaitu pasti akan selamat, sebab tidak mungkin aku menceritakan dirinya mati dalam sebuah konflik atau peristiwa.
2. Sudut pandang orang ketiga
a. Kelebihan
  • Sangat disarankan bagi penulis pemula menggunakan sudut pandang ini agar narasi tidak mudah ditebak sehingga pembaca akan merasa penasaran.
  • Narator bisa memiliki peran sebagai protagonis, antagonis, atau tritagonis.
b. Kekurangan
Dengan menggunakan narator berupa nama tokoh, gaya bahasa dan gaya penulisan seolah memiliki tekanan ke arah kebakuan dan keformalan.

Poin Penting

  1. Sudut pandang atau point of view adalah cara pengarang menempatkan posisinya dalam novel dengan menggunakan teknik tertentu untuk menyampaikan cerita.
  2. Sudut pandang memiliki beberapa jenis sebagai berikut.
  • Sudut pandang orang pertama pelaku utama.
  • Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan.
  • Sudut pandang orang pertama jamak.
  • Sudut pandang orang ketiga serbatahu.
  • Sudut pandang orang ketiga terbatas.

Contoh Soal Sudut pandang dalam Novel



Cuplikan novel yang menggunakan sudut pandang orang ketiga terbatas adalah ....
Cermati penggalan novel berikut!
Begitu acara selesai, kami disalami dan dipuji banyak jemaah. Ada yang bertanya bagaimana belajar pidato bahasa asing, bagaimana cara masuk PM, dan sebagainya. Dengan agak malu-malu, kami menjawab semua pertanyaan dengan sabar. Tiga mahasiswi berjilbab bertanya ke Atang dengan bahasa Sunda.
(Negeri 5 Menara, A. Fuadi)
Sudut pandang yang terdapat pada cuplikan novel di atas adalah ....
Berikut ini adalah cuplikan novel yang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, kecuali ....
Cermati potongan novel berikut!
“Tau gak, pas pelajaran Ibu Dewi lagi, Dilan bawa obat nyamuk,” lanjut Piyan sambil senyum.
“Buat apa?”
“Obat nyamuknya, dia nyalain,” jawab Piyan senyum bagai sedang nahan ketawa. “Yang tau cuma Piyan sama si Bambang.”
“Terus?” kataku.
“Terus obat nyamuknya disimpen di bawah mejanya,” jawab Piyan.
“Di bawah mejanya sendiri?” tanya wati dengan wajah sedikit bingung.
“Iya. Di atas obat nyamuknya disimpen petasan,” jawab Piyan tersenyum. “Kan, apinya ngerembet, tuh, jadi pas kena petasan langsung meledak!”
(Dilan #2, Pidi Baiq)
Sudut pandang pada cuplikan novel di atas dapat diketahui melalui orang yang menarasikan semua peristiwa di atas, yaitu ....
Amati kutipan novel berikut!
Namanya Adi Wirawan. Waktu itu, dia masih mahasiswa ITB, semester 5. Anak Pak Alfin, kawan ayahku.
Ayah memperkenalkannya ke aku waktu dia datang ke rumah untuk ada urusan bisnis antara ayahku dan ayahnya yang adalah seorang pejabat di pemerintahan Kota Bandung.
(Dilan, Pidi Baiq)
Sudut pandang pada cuplikan novel di atas adalah ....
Perhatikan kutipan novel di bawah ini!
Kerongkongan Kugy tercekat. Rasa keselak itu datang lagi. Gempa itu terulang kembali. Tanpa disadari, punggungnya mundur, menempel pada sandaran kursi.
Dari kantong celananya, Remi mengeluarkan sebuah kotak berwarna perak.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
Hal yang dideskripsikan oleh narator pada cuplikan drama di atas adalah ....
Cermati kutipan novel berikut!
Keenan masih membereskan barang-barangnya di kamar, dan Lena tengah menunggunya sendirian di serambi rumah utama. Wayan berjalan menghampirinya. Lena yang mendengar suara langkah kaki, langsung menoleh ke belakang. Dan ia lebih kaget lagi ketika mendapatkan Wayan sedang berjalan mendekatinya, menggeser kursi, dan duduk di hadapannya.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
Hal yang menandakan bahwa cuplikan novel di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga serbatahu adalah ....
Perhatikan cuplikan novel berikut!
“Minggu depan kita punya proyek besar. Berfoto bersama,” umum Said di depan kelas.
“Di mana.... di mana.... kapan.... kapan....” Wajah-wajah pecinta lensa kami bertanya-tanya. Tidak perlu alasan buat apa yang penting tampil.
(Negeri 5 Menara, A. Fuadi)
Pernyataan yang sesuai untuk cuplikan novel di atas adalah ....
Amati penggalan novel berikut!
Terdengar suara langkah kaki mendekati mereka. Ami muncul dari arah belakang. “Gy, Nan, pulang, yuk? Mumpung Bimo masih nungguin di depan. Kita sesak-sesakan aja berlima kayak pindang,” ajak Ami sambil terkekeh.
“Yuk!” Kugy bangkit berdiri.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
Narator pada cuplikan novel di atas adalah ....
Cermati penggalan novel berikut!
Terdengar suara langkah kaki mendekati mereka. Ami muncul dari arah belakang. “Gy, Nan, pulang, yuk? Mumpung Bimo masih nungguin di depan. Kita sesak-sesakan aja berlima kayak pindang,” ajak Ami sambil terkekeh.
“Yuk!” Kugy bangkit berdiri.
(Perahu Kertas, Dewi Lestari)
Ciri yang dapat digunakan sebagai penentu sudut pandang yang digunakan adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel