Contoh Soal Kaitan Isi Gurindam dengan Kehidupan Sehari-Hari
Contoh Soal Kaitan Isi Gurindam dengan Kehidupan Sehari-Hari - Pada topik sebelumnya, kalian sudah belajar tentang karakteristik gurindam dan sudah bisa mengelompokkan pesan dan isi gurindam. Pada topik kali ini, kalian akan belajar mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan kalian sehari-hari.
Berbicara tentang “mengaitkan isi” gurindam dengan kehidupan sehari-hari berarti kita akan belajar mencari nilai-nilai kehidupan yang terkandung pada gurindam yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai-nilai kehidupan yang dapat kita ambil dari sebuah gurindam meliputi nilai agama, sosial, pendidikan, dan moral.
Berbicara tentang “mengaitkan isi” gurindam dengan kehidupan sehari-hari berarti kita akan belajar mencari nilai-nilai kehidupan yang terkandung pada gurindam yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai-nilai kehidupan yang dapat kita ambil dari sebuah gurindam meliputi nilai agama, sosial, pendidikan, dan moral.
Contoh 1:
Sedari kecil Antok selalu dimanjakan orang tuanya. Mulai bangun tidur sampai tidur lagi semua terlayani dengan sempurna. Baju sudah siap tinggal dipakai, makanan sudah tersaji tinggal dinikmati, mau pergi sudah ada supir yang siap mengantar kemana saja. Pokoknya apa yang diinginkan pasti akan terpenuhi.
Sedari kecil Antok selalu dimanjakan orang tuanya. Mulai bangun tidur sampai tidur lagi semua terlayani dengan sempurna. Baju sudah siap tinggal dipakai, makanan sudah tersaji tinggal dinikmati, mau pergi sudah ada supir yang siap mengantar kemana saja. Pokoknya apa yang diinginkan pasti akan terpenuhi.
Ilustrasi di atas memiliki arti yang sama dengan gurindam
Selagi kecil tak pernah terlatih
Bila besar orang tua akan letih
Selagi kecil tak pernah terlatih
Bila besar orang tua akan letih
Maka nilai-nilai yang terkandung pada gurindam meliputi :
• Nilai pendidikan yang dapat kita peroleh : hendaknya orang tua mengajari anaknya sejak kecil untuk hidup mandiri agar bila dewasa tidak menyusahkan orang tuanya.
• Nilai moral yang dapat kita peroleh : orang yang tidak dibiasakan hidup mandiri akan sengsara di kemudian hari.
• Nilai pendidikan yang dapat kita peroleh : hendaknya orang tua mengajari anaknya sejak kecil untuk hidup mandiri agar bila dewasa tidak menyusahkan orang tuanya.
• Nilai moral yang dapat kita peroleh : orang yang tidak dibiasakan hidup mandiri akan sengsara di kemudian hari.
Perbedaan antara nilai pendidikan dan nilai moral terletak pada pilihan kata.
• Nilai pendidikan mengandung unsur ajakan. Kata ajakan yang sering dipakai adalah hendaknya, mari, seharusnya, dan sebagainya.
• Nilai moral mengandung pesan yang akan disampaikan, sehingga kalimatnya langsung berupa pernyataan tanpa memakai kata ajakan.
• Nilai pendidikan mengandung unsur ajakan. Kata ajakan yang sering dipakai adalah hendaknya, mari, seharusnya, dan sebagainya.
• Nilai moral mengandung pesan yang akan disampaikan, sehingga kalimatnya langsung berupa pernyataan tanpa memakai kata ajakan.
Contoh 2:
Dengan orang tua hendaklah hormat
Agar hidup bahagia dan selamat
Agar hidup bahagia dan selamat
Bila diparafrasekan dalam sebuah cerita, dapat diperoleh gambaran:
Kanita adalah anak yang sangat berbakti kepada orang tuanya. Tidak pernah dia membantah sepatah kata pun kata-kata orang tuanya. Dia juga selalu membantu orang tuanya untuk meringankan pekerjaan rumah tangga seperti membereskan tempat tidur, menyapu, dan mencuci perlatan makan. Tak heran bila hidupnya sekarang selalu dalam kebahagiaan.
Kanita adalah anak yang sangat berbakti kepada orang tuanya. Tidak pernah dia membantah sepatah kata pun kata-kata orang tuanya. Dia juga selalu membantu orang tuanya untuk meringankan pekerjaan rumah tangga seperti membereskan tempat tidur, menyapu, dan mencuci perlatan makan. Tak heran bila hidupnya sekarang selalu dalam kebahagiaan.
Point Penting
Mengaitkan nilai-nilai dan ciri-ciri gurindam dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lakukan dengan cara:
1. Memparafrasekan : menerjemahkan dalam bentuk cerita.
2. Menganalisis nilai-nilai apa saja yang ada pada gurindam.
Nilai-nilai yang dapat kita analisis adalah nilai agama, sosial, pendidikan, dan moral, dengan cara mencari makna sesuai dengan baris gurindam yang disajikan.
Contoh :
Dengan orang tua hendaklah hormat = kita harus menghormati orang tua kita
Agar hidup bahagia dan selamat = agar hidup kita bahagia dunia akhirat
1. Memparafrasekan : menerjemahkan dalam bentuk cerita.
2. Menganalisis nilai-nilai apa saja yang ada pada gurindam.
Nilai-nilai yang dapat kita analisis adalah nilai agama, sosial, pendidikan, dan moral, dengan cara mencari makna sesuai dengan baris gurindam yang disajikan.
Contoh :
Dengan orang tua hendaklah hormat = kita harus menghormati orang tua kita
Agar hidup bahagia dan selamat = agar hidup kita bahagia dunia akhirat
S1
Meskipun berstatus anak tunggal, Anita tidak pernah manja. Dia selalu bangun pagi, membantu ibu membersihkan rumah dan menyiapkan sarapan. Bila ayah dan ibunya menyuruh melakukan sesuatu, Anita pun tidak pernah membantah. Di sekolah pun prestasinya luar biasa. Dia adalah anak kebanggaan orang tuanya.
Gurindam yang tepat untuk ilustrasi di atas ialah ….
S2
Pak Budiman adalah pedagang yang kaya raya di kampungnya. Meskipun begitu dia tidak pernah pelit dan selalu menolong tetangganya yang kesusahan. Tak heran dia disegani dan disukai oleh tetangganya.
Gambaran kehidupan Pak Budiman seperti gurindam ....
S3
Bila mendapat kabar nestapa
Hendaklah sabar menerima
Hendaklah sabar menerima
Gambaran gurindam di atas memberi nasihat kepada kita agar .
S4
Apabila kasih mulai bersemi
Cepatkan berucap janji suci
Cepatkan berucap janji suci
Gurindam di atas menggambarkan ….
S5
Tenti selalu menghambur-hamburkan uang tanpa memikirkan untuk menabung sedikitpun. Semua barang dibeli baik bermanfaat atau tidak. Akibatnya, ketika perusahaan merumahkan dia karena terkena pailit, Tenti kini kebingungan karena tidak memiliki sepeserpun uang untuk bertahan hidup.
Gambaran kehidupan Tenti sama seperti gurindam ….
S6
...
Pasti terhindar dari perbuatan dosa
Pasti terhindar dari perbuatan dosa
Sebagai seorang manusia hendaknya kita menjaga lisan kita, maka baris rumpang gurindam di atas dapat dilengkapi dengan ....
S7
Apabila kita dapat menahan amarah
Pasti pribadi kita jadi mulia
Pasti pribadi kita jadi mulia
Ajaran kehidupan yang tersurat dari gurindam di atas ialah ....
S8
Bila lima waktu tak pernah terlupa
Berkah hidup pasti terlihat nyata
Berkah hidup pasti terlihat nyata
Gurindam di atas mengajarkan kepada kita agar ….
S9
Barang siapa senang berdusta
Kerabat menjauh teman tak mau
Kerabat menjauh teman tak mau
Gurindam di atas mengajarkan kepada kita agar ....
S10
Setiap hari Desta selalu belajar dengan tekun. Sepulang sekolah dan sebelum berangkat sekolah dia selalu menyempatkan diri membuka dan mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya. Tugas-tugaspun dikerjakan tepat waktu dan hasilnya sangat memuaskan. Tak heran Desta mendapat peringkat satu di kelasnya.
Gurindam yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas ialah ....