Contoh Soal Peradaban Yunani

Contoh Soal Peradaban YunaniPeradaban Yunani Kuno adalah sebuah peradaban dengan banyak peninggalan kebudayaan dan sejarah yang sangat banyak dan bahkan masih dapat dikenali sampai saat ini.

1. GEOGRAFIS
Terletak di ujung tenggara Eropa dengan banyak teluk di pantainya. Sebagian besar areanya adalah wilayah pegunungan sehingga antara daerah satu dengan daerah lainnya terpisah dalam jarak yang cukup jauh. Kondisi tanah Yunani tidak subur untuk mengembangkan kegiatan agraria. Oleh karenanya, kebanyakan penjelajah bangsa Yunani berpindah dari daerah ini untuk mencari daerah lain atau koloni demi melaksanakan kegiatan ekonominya.
2. RAS BANGSA
Penduduk bangsa Yunani adalah percampuran antara masyarakat lokal dengan Indo-Jerman yang datang dari Pulau Kreta. Pada masa tersebut, bangsa Yunani terbagi atas 3 (tiga) golongan yaitu bangsa Ionia, Aeolia, dan Doria.
3. PEMERINTAHAN
Bentuk pemerintahan awal Yunani Kuno adalah pemerintahan kota atau disebut polisPolis yang terkenal adalah Athena dan Sparta. Bila di Sparta berlangsung pemerintahan militer dengan raja sebagai pemimpin tertingginya, maka di Athena berkembang pemerintahan bercorak demokratis. Pemerintahan berada di kalangan terpelajar, namun pengambilan keputusan tetap berada di tangan rakyat. Keberhasilan menerapkan sistem pemerintahan yang demokratis menjadikan polis Athena lebih makmur, sehingga kebudayaan Athena pun berkembang pesat dan mendominasi kebudayaan Yunani Kuno.
4. KEPERCAYAAN
Bangsa Yunani menyembah banyak dewa (politheisme), dengan Zeus sebagai dewa utamanya. Bangsa ini juga mengenal istilah manusia setengah dewa yang diilustrasikan sebagai anak dari dewa setelah melakukan pernikahan dengan manusia biasa. Delphi adalah tempat yang diyakini sebagai tempat tinggal Dewa sehingga selalu dikunjungi jika akan dilakukan ritual-ritual besar.
5. KEBUDAYAAN 
Pada masa Yunani Kuno, banyak dihasilkan karya sastra. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah Illias dan Odysse karya Homerus yang mengisahkan peperangan antara Yunani melawan Troya dan perjalanan kembali tentara Yunani dari perang Troya.
Di bidang filsafat, banyak ahli pikir yang lahir pada masa ini. Di antaranya, adalah Socrates, Plato, serta Aristoteles. Bidang pengetahuan melahirkan banyak ahli pemikir dengan asumsi dan teori yang masih dijadikan landasan teori sampai saat ini. Sebut saja, misalnya, Pythagoras dan Archimedes.
Dari seni bangunan, bangsa Yunani Kuno meninggalkan banyak bangunan megah yang sebagian besar adalah kuil-kuil penyembahan terhadap dewa-dewi mereka. Salah satu yang paling terkenal adalah Kuil Zeus di Bukit Olympus yang dijadikan inspirasi awal untuk pertandingan olahraga Olimpiade.
Budaya Yunani sendiri dalam perkembangannya mengalami percampuran dengan kebudayaan Timur atau dikenal dengan hellenisme
6. MILITER
Dalam perjalanannya, bangsa Yunani mengalami perang yang cukup lama dengan bangsa Persia yang dipimpin oleh Darius Agung. Peperangan ini menyatukan kedua polis utama untuk membentuk konfederasi melawan serbuan Persia. Namun karena paham negara yang berbeda jauh, konfederasi ini kemudian pecah pasca pemindahan ibu kota konfederasi dari Delon (Sparta) ke Athena. Perpecahan tersebut diwarnai oleh peperangan yang disebut dengan Perang Peloponesos. Perang ini mengakibatkan lemahnya pertahanan terhadap serangan musuh. Akhirnya bangsa Yunani ditaklukkan oleh Macedonia.


Contoh Soal Peradaban Yunani

Peradaban Yunani Kuno berkembang di daerah ….
Bangsa Yunani Kuno adalah hasil percampuran dengan bangsa lain yang berasal dari ….
Yunani Kuno terbagi dalam beberapa pemerintahan kota atau disebut juga dengan ….
Corak kepercayaan masyarakat Yunani Kuno adalah ….
Dalam kepercayaan Yunani Kuno, dikenal sebuah tempat yang diyakini sebagai tempat berkumpulnya para dewa. Tempat ini dikenal dengan sebutan ….
Kitab sastra terkenal karangan Homerus, mengisahkan tentang peperangan antara Yunani melawan bangsa …..
Berikut adalah nama filsuf dan ilmuwan di masa Yunani Kuno, kecuali ….
Inspirasi pertandingan olahraga Olimpiade berasal dari kuil …. di Bukit….
Dalam periode perkembangannya, bangsa Yunani Kuno mengalami peperangan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan …..
Perang saudara antara polis Sparta dan polis Athena disebut dengan perang …..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel