Contoh Soal Kerajaan Kampar

Contoh Soal Kerajaan KamparKerajaan Kampar adalah sebuah kerajaan yang daerahnya saat ini dinamakan kabupaten Pelalawan. Kerajaan Kampar berada pada jalur yang sangat strategis karena merupakan jalur lintas untuk pengiriman emas dan lada dari Minangkabau. Kampar adalah daerah pertama di Riau yang berhubungan dengan pedagang-pedagang asing dari Cina, India, dan negeri Arab Persia. Kampar adalah daerah penghasil lada terpenting di seluruh dunia dalam periode antara 500-1400 masehi. Zaman dahulu, daerah Kampar dikenal sebagai daerah yang subur dan berperan sebagai gudang penyedia bahan baku lada, rempah-rempah dan hasil hutan. Pelabuhan ekspornya adalah Samudra Pasai, dengan pasar besarnya di Gujarat. Kampar juga adalah wilayah yang strategis sebab terletak terbuka ke Selat Melaka, tanpa dirintangi pegunungan.
Kampar juga adalah tanah yang mula-mula dimasuki Islam yang dibawa oleh para pedagang dan di masa itu baru dianut di kalangan terbatas (pedagang) karena masih kuatnya pengaruh agama Hindu - Budha di masa itu. Ketika pedagang Cina merebut pasaran dagang di Kampar, para pedagang Islam Arab-Persia terdesak sehingga penyebaran Islam sempat terhenti. Para pedagang Arab-Persia-Maroko mulai kembali berdagang di Kampar setelah kerajaan Pasai berdiri, mereka bahkan berhasil memonopoli perdagangan rempah-rempah di Kampar.
Kerajaan Kampar mulanya bercorak agama Hindu dengan raja pertamanya bernama Maharaja Jaya. Berdasarkan legenda, kerajaan ini didirikan oleh Maharaja Dinso.Setelah penaklukan kerajaan Pelalawan oleh Kerajaan Malaka yang dipimpin Tun Mutahir, kerajaan harus menerima instruksi langsung dari Melaka. Kerajaan Malaka menempatkan Sultan Munawarsyah, kakak kandung dari Sultan Mahmudsyah Malaka untuk menjadi Raja Kampar pada tahun 1505. Setelah mangkat, posisinya digantikan oleh putranya Sultan Abdullah. Sultan Abdullah kemudian diangkat menjadi menantu Sultan Mahmudsyah Malaka dengan tujuan untuk merebut kekuasaan di kerajaan Malaka. Strategi pertama dilancarkan ketika pada tahun 1411 Portugis menyerang Malaka dan menetapkan Sultan Mahmudsyah sebagai buronan. Kesempatan ini dipergunakan Sultan Abdullah untuk bersekutu dengan Portugis sehingga kemudian diangkat sebagai bendahara orang – orang asing di Malaka.
Sementara Sultan Mahmudsyah melancarkan perlawanannya dari Bintan melalui Raja Lingga, Kerajaan Kampar yang dipimpin oleh Sultan Abdullah mendapat perlindungan dari armada Portugis yang bahkan membantu pengungsian Sultan Abdullah ke Malaka. Dalam persembunyiannya, Sultan Mahmudsyah menebar berita angin bahwa Sultan Abdullah sedang mempersiapkan pemberontakan kepada Portugis. Akibatnya, Portugis menangkap dan menghukum mati Sultan Abdullah. Sultan Mahmudsyah sendiri terpaksa mengungsi di Bintan sampai akhir hayatnya.

Contoh Soal Kerajaan Kampar

Pusat pemerintahan kerajaan Kampar berada di daerah ….
Komoditi dagang utama kerajaan Kampar adalah ….
Kampar adalah hub untuk perdagangan dari daerah ….
Untuk pengiriman komoditi ke luar wilayah Kerajaan, Kampar menggunakan pelabuhan dari kerajaan ….
Terdesaknya para pedagang Arab – Persia di wilayah Kampar adalah karena kedatangan para pedagang dari wilayah ….
Wilayah pemasaran komoditi pertanian Kerajaan Kampar adalah wilayah ….
Raja pertama Kerajaan Kampar memeluk agama ….
Berkembangnya Islam di kerajaan Kampar berlangsung setelah penaklukan yang dilakukan oleh ….
Portugis melancarkan upaya untuk menjatuhkan kerajaan Malaka pada tahun ….
Penguasa resmi terakhir Kerajaan Malaka, Sultan Mahmudsyah melarikan diri dari kudeta di kerajaannya ke wilayah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel