Contoh Soal Vaksin

Contoh Soal VaksinVirus adalah sebuah susunan teratur yang terdiri dari protein, asam nukleat dan dalam beberapa kasus lipid. Ada pertentangan pendapat berlanjut mengenai apakah virus hidup atau tidak, namun umumnya virus tidak dianggap sebagai organisme hidup karena tidak bisa bereproduksi sendiri. Virus terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran dan tingkat keparahan. Beberapa virus, seperti Rhinovirus (lebih dikenal dengan flu biasa), menyebabkan bahaya kecil selain ketidaknyamanan selama beberapa hari. Namun, virus lain seperti AIDS dan Virus Ebola berakibat fatal. Diantara kedua contoh ekstrim tersebut ada banyak virus lain yang mempengaruhi tubuh individu dengan berbagai cara. Ada metode-metode untuk memerangi virus baik secara internal, melalui produksi antibodi, maupun secara eksternal dengan bantuan pengobatan modern, melalui pemberian vaksin. 

Akan tetapi, sebelum memahami tentang bagaimana cara vaksin dan antibodi bekerja sangat penting untuk mengetahui tentang perbedaan antara infeksi bakteri dan infeksi virus demikian juga perbedaan antara vaksin dan antibiotik. Bakteri termasuk dalam kingdom Monera. Ada ribuan spesies bakteri. Beberapa diantaranya merupakan bakteri yang menguntungkan yang membantu tubuh melakukan fungsi seperti pencernaan, bakteri lain tidak berbahaya, dan beberapa lainnya dapat menyebabkan infeksi serius seperti Staph dan Gonorrhea. Seperti halnya infeksi virus tubuh dapat memproduksi antibodi untuk melawan infeksi bakteri atau dapat diberikan antibiotik untuk melawan infeksi. 
  
Ada tiga perbedaan utama diantara kedua cara pengobatan tersebut. Antibiotik dahulu, dan dalam beberapa hal sampai sekarang, terbuat dari jamur. Mereka bekerja dengan cara membunuh bakteri. Termasuk semua bakteri dalam sistem baik yang menular maupun tidak. Antibiotik diberikan setelah terjadi infeksi untuk melawan populasi bakteri. Pada akhirnya, antibiotik tidak melakukan apapun untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Faktanya, ada anggapan bahwa penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.
  
Sebaliknya, vaksin mempergunakan virus mati atau virus yang dilemahkan. Vaksin diberikan sebelum terjadi infeksi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga jika terjadi serangan infeksi dari virus yang sama dengan kekuatan penuh maka sudah ada antibodi untuk menghancurkan virus.
  
Antibodi, disebut juga dengan immunoglobulin, adalah struktur protein khusus yang diproduksi oleh sel-B. Sel-B adalah jenis sel darah putih yang membuat dan mensekresikan antibodi selama terjadi infeksi. Ketika vaksin diperkenalkan, sel-B mampu menganalisa protein pada antigen virus (materi asing yang merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi) dan kemudian membuat antibodi baru khusus untuk strain virus yang menyerang. Ketika virus yang kuat memasuki tubuh virus merangsang sel-B dan antibodi dilepaskan untuk menyerang virus. 
   
Vaksin bekerja dengan strain virus khusus. Dalam beberapa hal, strain tersebut cukup untuk mencegah terjadinya infeksi. Namun, jika ada multipel strain, seperti flu, vaksin terdiri dari campuran beberapa strain umum yang mungkin dapat menginfeksi seseorang. Vaksin tersebut hampir selalu membantu mengurangi jumlah kasus penyakit. 

Contoh Soal Vaksin


Apakah antibodi itu?
Istilah apa yang memberikan gambaran paling tepat tentang benda asing yang menyebabkan pembentukan antibodi?
Apa nama dari sel darah putih khusus yang bertanggung jawab untuk pembentukan antibodi?
Yang merupakan penggambaran paling tepat tentang perbedaan antara antibodi dan antibiotik adalah?
Yang merupakan penggambaran paling tepat tentang perbedaan antara bakteri dan virus adalah?
Yang paling tepat menggambarkan bagaimana antibiotik berfungsi dibandingkan vaksin adalah?
Mengapa antibiotik diberikan setelah terjadi infeksi dan vaksin diberikan sebelum infeksi?
Kadang-kadang, orang-orang yang mendapatkan vaksinasi flu melaporkan memiliki beberapa gejala seperti flu. Menurut anda mengapa terjadi seperti ini?
Mengingat bahwa beberapa virus memiliki multipel strain yang dapat menginfeksi manusia, mengapa tidak ada cara penyembuhan untuk demam pada manusia?
Virus AIDS tergolong unik dalam hal infeksi karena virus ini menyerang sel-T dan sel-B terlebih dahulu.Mengapa fakta tersebut mempersulit dan bahkan tidak mungkin untuk melawan virus ini berikut infeksi lanjutannya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel