Contoh Soal Sumber Daya Alam

Contoh Soal Sumber Daya AlamSumber daya alam adalah segala sumber alam yang memiliki potensi, baik berupa benda mati maupun makhluk hidup yang memberikan kesejahteraan dengan berbagai bentuk kemudahan bagi kelangsungan dan kebutuhan hidup manusia. Barang tambang adalah sumber daya alam yang dalam mengusahakannya memerlukan proses penambangan yang meliputi kegiatan eksplorasi, eksploitasi, dan ekstraksi.
Penggolongan Sumber Daya Alam
1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Kelestariannya
a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resource), yaitu sumber daya alam yang tidak akan habis karena bagian-bagian yang telah terpakai dapat diganti dengan yang baru. Contohnya, tumbuhan dan hewan.
b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources), yaitu sumber daya alam yang akan habis karena tidak dapat dibuat yang baru. Contohnya, timah, besi, bauksit, batu bara, dan minyak bumi.
c. Sumber daya alam yang selalu tersedia (inhousetable resources), yaitu sumber daya alam yang persediaannya selalu ada dan tersedia setiap saat. Contohnya, udara, sinar matahari, angin, air, dan tanah.
2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pemanfaatannya
a. Sumber daya alam ruang, yaitu tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Ruang dalam hal ini untuk areal peternakan, pertanian, perikanan, ruang tempat dan tinggal
b. Sumber daya alam materi, yaitu bila yang dimanfaatkan oleh manusia adalah materi sumber daya alam itu sendiri. Contohnya, mineral magnetit, hematit, limonit, siderit, dan pasir kuarsa dapat dilebur menjadi besi/baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia
c. Sumber daya alam energi, yaitu energi yang terkandung dalam sumber daya alam. Contohnya, bahan bakar minyak, batu bara, gas alam, dan kayu bakar.
d. Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam berbentuk makhluk hidup, misalnya hewan dan tumbuhan.
e. Sumber daya alam waktu, sebagai sumber daya alam, waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya.
3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya
a. Sumber daya alam organik (biotic), yaitu sumber daya alam yang berasal dari kehidupan. Contohnya, batu bara dan minyak bumi.
b. Sumber daya alam anorganik (abiotic), yaitu sumber daya alam yang bukan berasal dari kehidupan. Contohnya, timah, bauksit, besi, dan gas alam.
4. Berdasarkan nilainya secara ekonomis, yaitu :
a. Sumber daya alam bernilai ekonomis
b. Sumber daya alam non ekonomis
5. Berdasarkan tempat terbentuknya, yaitu :
a. Sumber daya alam daratan
b. Sumber daya alam perairan
6. Berdasarkan penggunaannya oleh pemerintah dan masyarakat diklasifikasikan menjadi 3 golongan bahan galian, yaitu :
a. Golongan A merupakan sumber daya alam yang memiliki nilai strategis dalam bidang politik dan keamanan. Contohnya, minyak dan gas bumi.
b. Golongan B merupakan sumber daya alam yang memiliki nilai vital. Contohnya, emas, perak, dan platina.
c. Golongan C merupakan sumber daya alam yang memiliki kurang nilai ekonomis. Contohnya, pasir, batu, dan gamping. 
Dalam memanfaatkan sumber daya alam, perlu memperhatikan tata kelola, juga konservasi lingkungan di sekitarnya. Dengan demikian, manusia dalam pemanfaatannya semestinya berdasarkan prinsip ekoefisiensi. Ini bermakna tidak merusak ekosistem atau lingkungan, serta pemanfaatan secara efisien dengan mempertimbangkan kemungkinan keberlanjutan guna mendukung kehidupan pada masa yang akan datang.

Contoh Soal Sumber Daya Alam

Berdasarkan kelestariannya sumber daya alam yang persediaannya selalu ada dan tersedia setiap saat, seperti air, tanah dan sinar matahari disebut ....
Berikut ini merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah ....
Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) Cek dam
(2) Terasering
(3) Reboisasi
(4) Crop rotation
(5) Saluran irigasi
Yang termasuk upaya menjaga kesuburan tanah dengan metode mekanik ialah ..
Sumber daya alam seperti ikan, rumput laut, dan energi gelombang termasuk dalam sumber daya alam ....
Timah putih dan gas alam banyak dihasilkan di Pulau ....
Perhatikan macam-macam sumber daya alam berikut ini !
(1) Pasir
(2) Minyak bumi
(3) Gas alam
(4) Bauksit
(5) Besi
(6) Batu bara
(7) Belerang
(8) Uranium
Dari data tersebut, yang termasuk barang tambang golongan A adalah ....
Usaha yang mencirikan pembangunan berkelanjutan adalah ....
Contoh hasil alam : 
(1) Minyak bumi 
(2) Pasir kuarsa 
(3) Batubara
(4) Panas bumi 
(5) Mutiara
Sumber daya alam biotik terdapat pada nomor ....
Kegiatan penyelidikan dan mendeteksi untuk mengetahui potensi suatu sumber daya alam yang terdapat pada suatu wilayah disebut ....
Sumber daya tanah membutuhkan pengelolaan dalam pemanfaatannya. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh bentuk pengelolaan sumber daya tanah berwawasan lingkungan adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel