Contoh Soal Persilangan Dihibrid

Contoh Soal Persilangan DihibridPada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang persilangan monohibrid. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang persilangan dihibrid.
        Persilangan dihibrid adalah persilangan antara dua individu sejenis yang melibatkan dua sifat beda, misalnya persilangan antara tanaman kacang kapri hijau berbiji bulat dengan kacang kapri kuning berbiji kisut. Mendel menyilangkan kacang kapri kuning berbiji bulat dengan tanaman kacang kapri kuning berbiji kisut. Ternyata hasilnya semua F1 nya berbiji bulat dan berbiji kuning. Hal ini menunjukkan bahwa biji bulat dan warna kuning merupakan sifat dominan. Selanjutnya semua tanaman F1 dibiarkan menyerbuk sendiri. 

Contoh soal

Kacang ercis kuning berbiji bulat (BBKK) disilangkan dengan kacang ercis hijau berbiji keriput (bbkk). Tentukan keturunan yang akan dihasilkan!
Penyelesaian
                                
                
        Berdasarkan data percobaan di atas, Mendel berhasil merumuskan hukumnya yang ke II. Hukum tersebut dikenal sebagai hukum pengelompokkan gen secara bebas (The Law of independent Assortment of Genes). Hukum ini menyatakan bahwa, gen-gen dari sepasang alel akan memisah secara bebas pada pembelahan reduksi (meiosis) saat terjadi pembentukan gamet. Oleh karena itu, pada contoh dihibrid itu terjadilah 4 pengelompokan dari dua pasang gen.
1. Gen B mengelompok dengan gen K, terdapat dalam gamet BK.
2. Gen B mengelompok dengan gen k, terdapat dalam gamet Bk.
3. Gen b mengelompok dengan gen K, terdapat dalam gamet bK.
4. Gen b mengelompok dengan gen k, terdapat dalam gamet bk.
        Pernikahan pada manusia dengan dua sifat beda pada individunya dapat dikatakan sama dengan persilangan dihibrid. Misalnya sifat kidal (resesif) ditentukan oleh gen kd, sifat normal (dominan) ditentukan oleh gen Kd. Rambut keriting dominan ditentukan oleh gen Kr terhadap rambut lurus yang ditentukan oleh gen resesif kr. Seperti halnya dengan tumbuhan dan hewan, F2 di sini akan memperlihatkan perbandingan 9 : 3 : 3 : 1. Pada kenyataannya, akan sulit bahkan tidak mungkin mendapatkan perbandingan seperti itu mengingat jumlah anak dalam suatu keluarga itu sangat sedikit. Uji silang (Test Cross) secara dihibrid biasa dilakukan pada tanaman ercis dengan sifat-sifat berikut.
  • B = biji bulat
  • b = biji keriput
  • K = biji kuning
  • k = biji hijau
        Jika tanaman biji bulat kuning homozigot (BBKK) disilangkan dengan tanaman berbiji keriput hijau (bbkk), maka tanaman F1 merupakan dihibrid berbiji bulat kuning. Berikut uji silangnya yang menghasilkan keturunan dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1.
                                




Contoh Soal Persilangan Dihibrid

Hukum Mendel II disebut juga sebagai ....
Jambu berdaging merah disilangkan dengan jambu berdaging putih secara dihibrid. Kemudian dilakukan uji silang (test cross) di antara keduanya. Perbandingan fenotipnya adalah ....
Satu sifat yang tampak pada suatu persilangan disebut ....
Individu yang mempunyai genotipe RrKk mempunyai gamet ....
Pohon tinggi berbuah manis (TTMM) disilangkan dengan pohon rendah berbuah masam (ttmm). Persentase keturunan pohon rendah berbuah masam adalah ....
Orang gemuk tinggi menikah dengan orang kurus pendek. Jika orang gemuk dominan terhadap kurus, maka hasil perbandingan genotipnya adalah ....
Persilangan dihibrid antara AaBb dengan AaBb menghasilkan fenotip F1 sebanyak ....
Genotip F2 yang dihasilkan dari persilangan dihibrid antara AaBb dengan AaBb adalah ....
Persilangan dihibrid adalah ....
Pernyataan berikut ini yang tidak tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel