Contoh Soal Sel Tumbuhan, Sel Hewan, Virus

Contoh Soal Sel Tumbuhan, Sel Hewan, VirusSel Prokariotik dan Eukariotik
Semua sel memiliki membran plasma, DNA, ribosom dan sitoplasma. Sel prokariotik - bakteri dan archaea - berukuran kecil, sel sederhana yang tidak memiliki inti yang terikat pada membran. Semua bentuk kehidupan lainnya terdiri dari sel eukariotik yang lebih kompleks, dibedakan oleh adanya inti sejati. Membran membentuk batasan dari organel-organel eukariotik, menggolongkan interior sel dan memfasilitasi berbagai aktivitas metabolis. 

Organel-organel pada Sistem Endomembran
1. Inti sel - dikelilingi oleh selaput inti berpori, inti sel mengandung DNA yang membawa perencanaan keturunan sel dan mengarahkan aktivitasnya.
2. Retikulum Endoplasma (RE) - adalah jaringan bermembran berupa pipa dan kantong.
a. RE halus - mensintesis lipid, mengolah racun dan obat-obatan di dalam sel-sel hati, dan menyimpan dan melepaskan ion kalsium pada sel-sel otot. 
b. RE kasar - menghasilkan membran dan ribosom pada permukaannya; memproduksi protein yang disekresikan, disisipkan ke dalam membran, atau diangkut dalam vesikel ke organel-organel lain.
3. Badan Golgi - terdiri dari tumpukan kantung-kantung bermembran yang memodifikasi produk RE, kemudian mengirimkannya ke organel-organel lain atau ke permukaan sel.
4. Lisosom - adalah kantung-kantung enzim yang berfungsi pencernaan dan daur ulang dalam sel.
5. Vakuola - sel tumbuhan yang mengandung vakuola pusat yang besar dengan fungsi-fungsi lisosom, fungsi penyimpanan dan fungsi pertumbuhan.

Energi-untuk mengubah Organel-organel
1. Kloroplas - terdapat pada tumbuhan, mengubah energi matahari menjadi energi kimia pada gula.
2. Mitokondria - melakukan respirasi selular, menggunakan energi dalam makanan untuk membuat adenosine triphospate (ATP) untuk sistem kerja seluler. 

Sitoskeleton dan Struktur yang Berkaitan
Sitoskeleton adalah jaringan struktural yang terdiri dari serat protein. Mikrofilamen aktin memungkinkan sel untuk berubah bentuk dan bergerak. filamen berukuran sedang memperkuat sel dan menempatkan organel-organel tertentu. Mikrotubulus mempertahankan bentuk sel dan bertindak sebagai jalur untuk lalu-lintas pergerakan organel. 

Silia and flagela eukariotik pelengkap lokomotor yang terbentuk dari mikrotubulus dengan susunan "9 + 2".

Permukaan Sel dan Sambungan
Sel-sel tumbuhan didukung oleh dinding-dinding sel yang kaku yang sebagian besar terbentuk dari selulosa. Plasmodesmata menghubungkan rentang antar sel pada tumbuhan. Membran plasma sel tumbuhan membentang melalui plasmodesmata sehingga air dan molekul-molekul kecil lainnya dapat dengan mudah berpindah dari satu sel ke sel lainnya. Sel-sel pada jaringan tumbuhan membagikan air, nutrisi, dan pesan-pesan kimia. 

Matrik ekstraseluler pada sel hewan utamanya terdiri dari glikoprotein. Sambungan ketat mengikat sel-sel untuk membentuk lapisan anti bocor. Sambungan jangkar memusatkan sel-sel ke jaringan-jaringan yang kuat. Celah sambungan memungkinkan zat-zat untuk mengalir dari sel ke sel.

Struktur Virus 
Virus memberikan salah satu bukti bahwa gen terbentuk dari DNA. DNA tersebut dapat dikatakan sebagai gen dalam kemasan protein. Pada saat fag DNA memasuki siklus litik di dalam bakteri, DNA direplikasi, ditranskripsi dan diterjemahkan; virus DNA baru dan molekul protein menyusun fag yang baru, yang terpisah dari sel inang.

Namun mereka tidak dapat
bereproduksi sendiri. Mereka harus menginfeksi atau menguasai suatu sel inang dan sel tersebut akan melakukan apapun untuk menduplikasi
virus. Mereka tidak benar-benar memiliki bagian yang bekerja. Meskipun ada beberapa virus
terdahulu yang tampak menarik, virus tidak memiliki bagian-bagian seperti pada
sel. Mereka tidak memiliki inti sel, mitokondria, ataupun ribosom. Bahkan beberapa virus tidak
memiliki sitoplasma.  

Bagian-bagian virus 
Setiap virus memiliki
bagian-bagian mendasar yang sangat sedikit. 
1. DNA atau RNA – adalah bagian paling penting. Virus dapat memiliki DNA atau RNA, tetapi
tidak keduanya. Untaian asam nukleat
merupakan inti utama pada virus.
2. Kapsid – adalah
lapisan protein yang melindungi asam nukleat. Lapisan ini melindungi bagian inti virus dan juga
membantu virus menginfeksi sel-sel baru.  
3. Selubung/selaput – dapat ditemukan pada beberapa virus. Selubung terbentuk dari lipid dan protein yang
membentuk membran sel reguler. Selubung membantu mempermudah virus memasuki sistem
tanpa diketahui dan membantu mereka menguasai sel-sel inang yang baru. 


Contoh Soal Sel Tumbuhan, Sel Hewan, Virus


Kloroplas memungkinkan tumbuhan untuk membuat makanan mereka sendiri. Sel hewan tidak memiliki kloroplas. Dapat kita katakan bahwa _____. 
Apa yang akan terjadi jika sel hewan ditempatkan pada air distilasi?
Virus merupakan asam nukleat yang terbungkus oleh lapisan protein, tetapi tidak ada virus yang tumbuh atau bereplikasi dengan sendirinya. Virus merupakan fragmen-fragmen DNA atau RNA, namun tidak keduanya, yang telah menempel pada genom bakteri atau eukariotik. Mereka memiliki kemampuan untuk mereplikasi di dalam sel. Mereka tidak hidup dan tidak dianggap sebagai makhluk hidup. Partikel virus mengandung enzim untuk _____. 
Penyakit yang disebabkan oleh virus sangat sulit diobati karena _____. 
Untuk dapat menginfeksi hewan, virus harus _____. 
Bakteri adalah organisme tertua dan terbanyak di bumi. Pertahanan hidup tergantung pada mereka, karena peranan mereka yang sangat penting baik dalam produktifitas maupun daur ualng zat-zat yang penting bagi seluruh makhluk hidup. Bakteri adalah satu-satunya organisme yang mampu mengikat nitrogen dari atmosfer. Yang manakah dari pernyataan berikut ini yang salah?
Perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan adalah pada ....
Organel adalah sebuah struktur di dalam sel yang menjalankan fungsi hidup sel. Yang bukan merupakan organel di dalam sel adalah?
Bakteri adalah organisme tertua dan terbanyak di bumi. Pertahanan hidup tergantung pada mereka, karena peranan mereka yang sangat penting baik dalam produktifitas maupun daur ualng zat-zat yang penting bagi seluruh makhluk hidup. Virus adalah partikel mikroskopis yang hidup di dalam sel. Dengan sendirinya, virus adalah partikel tak hidup yang tidak dapat bereproduksi. Namun di dalam sel hidup, virus dapat memperbanyak diri ratusan kali. Apa struktur hidup terkecil, yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia?
Semua makhluk hidup terdiri dari sel-sel. Sel-sel dan organ-organ berbeda beradaptasi sesuai dengan peranan mereka masing-masing dalam proses hidup. Organel yang tidak mengandung molekul DNA? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel