Contoh Soal Penerapan Sistem Reproduksi

Contoh Soal Penerapan Sistem Reproduksi Kalian pasti pernah mendengar istilah KB (Keluarga Berencana). Namun apakah kalian tahu tujuan dari KB di Indonesia?
Ada dua macam tujuan KB diberlakukan di Indonesia:
1. Tujuan umum
Meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.
2. Tujuan khusus
a. Meningkatkan jumlah penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi.
b. Menurunnya jumlah angka kelahiran bayi.
c. Meningkatnya kesehatan keluarga berencana dengan cara penjarangan kelahiran.
Bagaimana dengan istilah ASI (air susu ibu)? Apakah kalian tahu artinya?
Air susu ibu (ASI) adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. 
Hal-hal yang mempengaruhi produksi ASI antara lain sebagai berikut. 
1. Makanan
Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Apabila makanan yang ibu makan cukup akan gizi dan pola makan yang teratur, maka produksi ASI akan berjalan dengan lancar.
2. Ketenangan jiwa dan pikiran 
Untuk memproduksi ASI yang baik, kondisi kejiwaan dan pikiran harus tenang. Keadaan psikologis ibu yang tertekan, sedih, dan tegang akan menurunkan volume ASI.
3. Penggunaan alat kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi pada ibu menyusui perlu diperhatikan agar tidak mengurangi produksi ASI. Contoh alat kontrasepsi yang bisa digunakan adalah kondom, IUD, pil khusus menyusui, ataupun suntik hormonal 3 bulanan.
4. Perawatan payudara
Perawatan payudara bermanfaat merangsang payudara mempengaruhi hipofise untuk mengeluarkan hormon prolaktin dan oksitosin.
5. Anatomis payudara
Jumlah lobus dalam payudara juga mempengaruhi produksi ASI. Selain itu, perlu diperhatikan juga bentuk anatomis papila atau puting susu ibu.
6. Faktor fisiologi
ASI terbentuk karena pengaruh dari hormon prolaktin yang menentukan produksi dan mempertahankan sekresi air susu.
7. Pola istirahat
Faktor istirahat mempengaruhi produksi dan pengeluaran ASI. Apabila kondisi ibu terlalu capek dan kurang istirahat maka ASI juga berkurang.
8. Faktor isapan anak atau frekuensi penyusuan
Semakin sering bayi menyusu pada payudara ibu, produksi dan pengeluaran ASI akan semakin banyak. Akan tetapi, frekuensi penyusuan pada bayi prematur dan cukup bulan berbeda. Studi mengatakan bahwa pada produksi ASI bayi prematur akan optimal dengan pemompaan ASI lebih dari 5 kali per hari selama bulan pertama setelah melahirkan. Pemompaan dilakukan karena bayi prematur belum dapat menyusu. Sementara pada bayi cukup bulan frekuensi penyusuan 10 ± 3 kali perhari selama 2 minggu pertama setelah melahirkan berhubungan dengan produksi ASI yang cukup. Direkomendasikan penyusuan paling sedikit 8 kali perhari pada periode awal setelah melahirkan. Frekuensi penyusuan ini berkaitan dengan kemampuan stimulasi hormon dalam kelenjar payudara.
9. Berat lahir bayi
Bayi berat lahir rendah (BBLR) mempunyai kemampuan menghisap ASI yang lebih rendah dibanding bayi yang berat lahir normal (> 2500 gram). Kemampuan mengisap ASI yang lebih rendah ini meliputi frekuensi dan lama penyusuan yang lebih rendah dibanding bayi berat lahir normal yang akan mempengaruhi stimulasi hormon prolaktin dan oksitosin dalam memproduksi ASI.
10. Umur kehamilan saat melahirkan
Umur kehamilan dan berat lahir mempengaruhi poduksi ASI. Hal ini disebabkan bayi yang lahir prematur (umur kehamilan kurang dari 34 minggu) sangat lemah dan tidak mampu menghisap secara efektif sehingga produksi ASI lebih rendah daripada bayi yang lahir cukup bulan. Lemahnya kemampuan menghisap pada bayi prematur dapat disebabkan berat badan yang rendah dan belum sempurnanya fungsi organ.
11. Konsumsi rokok dan alkohol
Merokok dapat mengurangi volume ASI karena akan mengganggu hormon prolaktin dan oksitosin untuk produksi ASI. Merokok akan menstimulasi pelepasan adrenalin. Adrenalin akan menghambat pelepasan oksitosin.

Contoh Soal Penerapan Sistem Reproduksi

Menstruasi adalah peluruhan selaput lendir rahim yang disertai pendarahan. Peristiwa ini terjadi sebagai akibat menurunnya jumlah hormon.…
Hormon yang pertama kali menstimulus perkembangan kelenjar susu pada masa kehamilan adalah.…
Untuk mengendalikan pertumbuhan, pemerintah menggalakkan program keluarga berencana dan NKKBS. Maksud dari program tersebut adalah keluarga memiliki 2 atau 3 orang anak sehingga terbentuk….
Kontraksi uterus pada saat bayi akan lahir dikendalikan oleh hormon….
Berikut jenis-jenis hormon:
1. progesteron;
2. prolaktin;
3. HCG;
4. relaksin; dan
5. FSH.
Hormon yang bekerja pada masa kehamilan adalah….
Masa saat ovum keluar dari folikel disebut.…
Lapisan pelindung ovum yang berupa glikoprotein yang membungkus oosit sekunder adalah.…
Pada bagian ujung sperma yang berfungsi menghancurkan glikoproein pada zona pelucida adalah…
Beberapa cara berikut ini adalah untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, kecuali
Berikut adalah sumber-sumber untuk mendapatkan vaksin bagi bayi, kecuali

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel