Contoh Soal Kulit

Contoh Soal KulitBagian Kulit

1. Epidermis
Epidermis terbuat dari epitelium sisik berlapis yang mengandung keratin. Sebagian besar sel epidermal merupakan keratinosit yang menghasilkan protein pelindung bernama keratin. Melanosit menyintesis pigmen melanin yang berperan memberikan warna kulit dan rambut yang berbeda. Warna kulit ditentukan oleh tiga pigmen: melanin, hemoglobin, dan karoten.

2. Dermis

Dermis tersusun dari jaringan ikat yang kuat dan fleksibel, yang terbuat dari lapisan papiler kolagen yang tipis dan superfisial serta serat elastin; dan lapisan retikular yang terbuat dari jaringan ikat yang padat dan tak beraturan. Fungsinya adalah untuk membantali tubuh dari tekanan dan tegangan, memberikan elastisitas pada kulit dan kemampuan merasakan sentuhan dan panas. Pada dermis terdapat akar rambut, kelenjar minyak/sebaseus, kelenjar keringat, reseptor, kuku, dan pembuluh darah.

3. Hipodermis

Hipodermis adalah jaringan subkutan di bawah kulit yang kebanyakan terdiri dari jaringan lemak/adipos yang berfungsi sebagai penyerap dan penyekat kejutan.

Organ-Organ Kulit

1. Kelenjar Keringat
Kelenjar keringat menghasilkan keringat yang membantu mengatur suhu tubuh dengan mengeluarkan panas saat menguap. Kelenjar ini banyak terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan dahi. 
2. Kelenjar Minyak

Kelenjar minyak terdapat di seluruh tubuh kecuali pada telapak tangan dan kaki. Kelenjar ini mengeluarkan sebum, zat berminyak hasil sekresi. Kelenjar minyak mengeluarkan sebum ke dalam folikel rambut atau ke pori-pori di permukaan kulit. Sekresi ini distimulasi oleh hormon.
3. Rambut dan Folikel Rambut

Rambut merupakan helaian yang dihasilkan oleh folikel rambut yang terdiri dari sel berkeratin yang mati. Bagian utama rambut adalah batang dan akar. Batang rambut adalah bagian yang terlihat menjulur keluar dari kulit kepala. Pigmen rambut yang disebut melanin terbuat dari melanosit pada pangkal folikel rambut.
4. Kuku

Kuku merupakan modifikasi diperkecil dari epidermis yang membentuk selubung pelindung bening pada ujung sensitif jari tangan dan kaki. Kuku terbuat dari keratin keras dan memiliki ujung bebas, tubuh, dan akar proksimal. Kulit di bawah kuku disebut matriks. Bagian kuku yang lebih besar, disebut lempeng kuku, berwarna merah muda karena adanya jaringan pembuluh darah kecil pada dermis yang ada di bagian bawahnya. Bagian putih berbentuk bulan sabit di dasar kuku disebut lunula.

Fungsi Sistem Integumen 


1. Proteksi

Kulit bertindak sebagai pembatas kimia. Sekresi kulit melindung kulit dari mikroorganisme berbahaya sedangkan melanin melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Pembatas fisik terdapat pada bagian kulit lainnya, juga kerasnya sel berkeratin yang seolah-olah membuat kulit menjadi kedap air.

2. Mengatur Suhu 

Kulit memegang peran penting dalam mengatur suhu tubuh dengan menggunakan kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuh, dan penyempitan dermal kapiler untuk mencegah hilangnya panas.

3. Sensasi 

Sensasi atau kemampuan merasa dimungkinkan oleh adanya reseptor sensorik kutan yang merupakan bagian dari sistem saraf pada lapisan dermal kulit. Rasa sakit, gatal, hewan merayap pada kulit bisa dirasakan. 

4. Sintesis 

Kulit memiliki fungsi metabolis yaitu menghasilkan Vitamin D saat terpapar cahaya matahari.

5. Ekskresi 

Sejumlah kecil sisa zat nitrogenik diekskresi lewat kulit.

Jenis luka bakar

Ada tiga jenis atau tingkatan luka bakar:

Luka bakar tingkat pertama tergolong ringan dibandingkan dengan yang lainnya. Tingkat ini menyebabkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terbakar. Ini merupakan jenis yang tidak begitu serius dan hanya melibatkan lapisan epidermis saja.

Luka bakar tingkat dua sangat mempengaruhi epidermis karena pada tahap ini epidermis musnah dan hangus. Tingkat ini juga mempengaruhi dermis. Luka ini menimbulkan rasa sakit, kemerahan, bengkak, dan lepuh.
Luka bakar tingkat tiga lebih parah dan memusnahkan dermis juga mempengaruhi organ lainnya, tulang, dan jaringan yang lebih dalam. Luka ini membuat kulit memutih atau menghitam, hangus hingga mungkin menjadi mati rasa. Tingkat ini tergolong serius dan membutuhkan bantuan medis yang cepat. 

Contoh Soal Kulit


Fungsi melanin adalah untuk _____.
Mana dari yang berikut ini yang  bukan merupakan fungsi kulit?
Mana dari struktur berikut yang paling berperan terhadap pembentukan sidik jari?
Bagian rambut yang terlihat disebut _____.
Mana dari bagian tubuh berikut yang tidak berambut?
Warna kulit pada berbagai ras manusia sangatlah beragam. Alasannya adalah karena _____. 
Luka bakar yang melibatkan seluruh epidermis dan sebagian dermis adalah ____.
Bagian kuku mana yang tetap hidup karena memiliki pembuluh darah dan ujung saraf?
Rambut dan kuku merupakan modifikasi lapisan kulit yang disebut _____.
Produk dari kelenjar minyak biasanya disekresi ke dalam _____. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel