Contoh Soal Jalur Impuls Saraf

Contoh Soal Jalur Impuls SarafSistem saraf pusat dan saraf periferi terbuat dari neuron. Neuron motorik membawa impuls dari sistem pusat ke sistem periferi, yang umumnya terbuat dari otot dan kelenjar. Neuron sensorik membawa impuls dari organ indra ke sistem saraf pusat.  
Neuron multipolar membuat hubungan dengan neuron lainnya di dalam sistem saraf pusat.

Perhatikan respons yang muncul bila kalian menyentuh permukaan panas atau bila tendon di bawah tempurung lutut diketuk.

Setiap neuron memiliki sel tubuh, yang terdiri dari nukleus dan sitoplasma dan serat-serat penghubung.  Neuron motorik memiliki serat yang disebut dendrit yang berhubungan dengan neuron lainnya. Satu filamen panjang sitoplasma dikelilingi oleh selaput insulasi di sepanjang tubuh sel neuron. Ini disebut serabut saraf atau akson. Juga disebut substansi putih.

Di sistem saraf pusat kebanyakan tubuh sel ditemukan di sumsum tulang punggung dan otak. Ini disebut substansi abu-abu. Beberapa melewati substansi abut-abu menuju ke saraf tulang punggung, sementara yang lainnya bergerak di sepanjang sumsum tulang punggung menghubungkan serat saraf tulang punggung ke otak. Semuanya diselubungi mielin dan terlihat putih.

Kebanyakan saraf berisikan campuran neuron sensorik dan motorik. Impuls akan bergerak ke sistem saraf pusat bila impuls tersebut berupa neuron motorik dan dari organ sensorik ke sistem saraf pusat.  Ciri khas unik sel sensorik dan organ indra adalah kemampuannya untuk mengubah satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Struktur yang memampukan hal ini adalah transduser. Artinya, semua masukan sensorik yang berbeda diubah menjadi getaran energi listrik di saraf.

Serat-serat ini sendiri diselubungi. Seringkali impuls harus bergerak dari satu neuron ke neuron lainnya. Impuls dari ujung jari bergerak melewati 3 neuron yang berbeda sebelum mencapai otak sehingga kita bisa dengan sadar merasakan sensasi panas, dingin, kasar, ataupun mulus.

Pada sinapsis saraf, impuls dibawa oleh zat kimia tertentu yang disebut pemancar/transmiter. Sampainya sebuah potensi aksi pada tombol sinapsis membuka jalur ion Ca2+ di membran prasinapsis dan ion Ca2+ masuk dari celah sinapsis. Hal ini menghasilkan vesikula dari substansi pemancar yang menyatu dengan membran prasinapsis. Saat ini terjadi vesikula melepaskan pemancar ke celah sinapsis.

Pada membran paskasinapsis terdapat tapak reseptor berisikan protein reseptor untuk setiap jenis pemancar. Masing-masing tapak reseptor ini juga bertindak sebagai jalur pada membran untuk ion tertentu, contohnya Clatau Na+. Saat molekul pemancar terikat pada protein reseptor tertentu, jalur ion segera membuka, sehingga ion bisa melaluinya.

Asetilkolina merupakan contoh neurotransmiter. Saat terikat dengan tapak reseptornya, jalur ion Namembuka dan ion mengalir ke sitoplasma dari neuron paskasinapsis. Hal ini mendepolarisasi membran paskasinapsis, yang menyebabkan potensi aksi dicapai pada neuron paskasinapsis. Proses ini disebut fasilitasi/pelajuan.

Substansi pemancar pada reseptor dilemahkan oleh enzim. Untuk asetilkolina enzim ini disebut asetilkolinesterase. Hal ini menyebabkan jalur ion menutup kembali. Potensi rehat pada membran paskasinapsis kemudian dibentuk kembali. Bentuk lemah dari pemancar menyatu kembali melalui celah sinapsis dan disintesis ulang ke bentuk aktifnya untuk penggunaan kembali. Agen saraf mengganggu proses ini.

Busur refleks adalah respons tidak terduga (otonom) terhadap rangsangan atau memiliki fungsi perlindungan. Kebanyakan impuls yang terhubung dengan homeostasis merupakan aksi tidak terduga. Peranan sumsum tulang punggung adalah untuk terus menerus memancarkan potensi aksi antara organ sensorik dan efektor pada tubuh dalam aksi refleks.

Aksi terduga berawal di otak, kalian yang memutuskan akan melaksanakan aksi tersebut atau tidak. Otak mengirimkan impuls motorik ke sumsum tulang punggung pada serat saraf. Hal ini menghasilkan sinapsis dengan serat saraf motorik yang kemudian mengirimkan impuls ke saraf yang berhubungan dengan otot terkait. Aksi antagonistik otak pada lengan, kaki dan tubuh bersama-sama menghasilkan aksi ini.

Contoh Soal Jalur Impuls Saraf


Apa yang kalian pahami dari istilah saraf sensorik?
Apa yang kalian pahami dari istilah saraf motorik?  
Untuk aksi tak terduga sederhana busur refleksi, urutan berikut yang benar adalah ....
Apa yang dimaksud dengan sel transduser?
Di samping refleks tak terduga, fungsi apa yang bisa terlibat dengan sistem saraf otonom?
Selama pengiriman impuls apa fungsi ion kalsium?
Apa fungsi neurotransmiter?
Mengapa sekumpulan saraf tertentu terdiri dari saraf motorik dan sensorik?
Neurotransmiter dinonaktifkan setelah potensi aksi lewat dan kemudian disintesis ulang dan disimpan pada sinapsis untuk digunakan kembali. Gas VX merupakan penghambat asetilkolinesterase. Konsekuensi apa yang paling mungkin bila terhirup zat ini?
Mengapa potensi aksi hanya bergerak satu arah?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel