Contoh Soal Menyunting bahasa cerita pendek

Contoh Soal Menyunting bahasa cerita pendekPada pelajaran sebelumnya, kita mengetahui bahwa cerpen adalah bentuk prosa naratif dengan bahasa yang menarik. Untuk membuatnya menarik dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menggunakan bahasa kiasan, menggunakan bahasa yang ringan seperti percakapan sehari-hari, atau menyisipkan istilah-istilah asing. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa penulisan cerpen mengindahkan aturan penulisan sama sekali. Diksi atau pemilihan kata pun tetap harus diperhatikan agar menghasilkan teks yang padu dan sesuai dengan konteks cerita. Untuk itu, perlu kita ketahui beberapa kaidah penulisan yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa kaidah penulisan yang sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan yang perlu diperhatikan.

Contoh Soal Menyunting bahasa cerita pendek


SOAL 1
Ia mempersilahkan para tamu untuk menyicipi hidangan. Semua tampak mengundang selera, ditata rapi berjajar di atas meja parasmanan yang panjang. Petugas katering selalu siap sedia mengisi kembali wadah-wadah yang mulai kosong.
Terdapat kata yang tidak baku pada penggalan cerpen di atas, yaitu .…

SOAL 2
Lembayung menghiasi langit senja di pantai Klayar. Aku terpana memandangi rombongan unggas yang hendak pulang. Kupejamkan mata sejenak menikmati suara deburan ombak memecah batu karang. Sendiri. Masih sendiri.
Kesalahan berbahasa yang terdapat pada penggalan cerita di atas adalah …

SOAL 3
Setiap peserta lomba mendongeng harus mempersiapkan teks cerita, kostum dan perlengkapan pendukung sendiri. Amir tampak percaya diri.
Pada penggalan cerita di atas, seharusnya terdapat tanda koma setelah kata ….

SOAL 4
Bagian tengah museum itu berisi berbagai karya seni yang terbuat daripada kayu. Kutarik Aryo mendekati sebuah ukiran besar yang menempel di dinding barat. Kayu jati dipahat dengan sempurna membentuk pohon besar yang menaungi burung-burung kecil. Kukagumi detail-detail mahakarya sang seniman. Sementara Aryo hanya melenguh. Aku kesal mendengarnya. Kutarik ia ke sisi lain, keluar ruangan.

Kesalahan penggunaan kata depan terdapat pada ….

SOAL 5
Mau ke mana Chika tanya nenek.
Penulisan kalimat langsung yang benar adalah….

SOAL 6
“Ngapain, sih, minta izin segala? Udah, lah… ambil aja langsung!”
Kata-kata yang seharusnya dicetak miring pada kalimat di atas adalah .…

SOAL 7
Sejak kapal berlabuh di Teluk, mata Mina telah sibuk mencari-cari sosok Arya.
Kesalahan penulisan huruf kapital pada kalimat di atas terdapat pada kata .…

SOAL 8
Penulisan dan penggunaan kata depan yang benar terdapat pada kalimat .…

SOAL 9
Akhirnya kami tiba di desa Mekarjaya. Untuk mencapainya, kami butuh waktu sekitar tiga jam sejak kami turun dari terminal kota. Dari terminal, kami naik angkot sebanyak dua kali. Lalu, dilanjutkan dengan naik ojek karena rute jalan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilalui mobil. Setelah itu, masih disusul dengan menyeberangi sungai dengan* getek.*
Kesalahan berbahasa yang terdapat pada penggalan cerita di atas adalah .…

SOAL 10
Kesalahan penulisan tanda koma terdapat pada kalimat….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel