Contoh Soal Menerapkan Radiasi Benda Hitam untuk Menjelaskan Gejala Pemanasan Global

Contoh Soal Menerapkan Radiasi Benda Hitam untuk Menjelaskan Gejala Pemanasan GlobalBenda hitam merupakan benda yang memiliki kesetimbangan termal di setiap titik di dalamnya. Oleh karena itu, benda hitam dianalogikan sebagai sebuah lubang yang sangat kecil sehingga radiasi yang masuk tidak akan keluar sampai tercapai kesetimbangan termal di dalamnya. Radiasi benda hitam digunakan sebagai pendekatan pertama untuk mengetahui energi yang dipancarkan sebuah benda.
        Radiasi termal yang dipancarkan benda secara spontan dapat dianggap sebagai radiasi benda hitam. Jika luas seluruh permukaan benda diketahui, maka daya atau energi per satuan waktu yang dipancarkan benda dapat dihitung dengan persamaan Stefan-Boltzman P = IA = AσεT4 dengan A = luas permukaan dan T = suhu.
Nah itu sekilas tentang radiasi benda hitam, lalu apa ya kaitan dengan pemanasan global?

Kaitan Radiasi benda hitam dan pemanasan global

Pemanasan global merupakan peristiwa naiknya suhu rata-rata permukaan bumi. Sebagian besar kenaikan suhu tersebut disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Eitss, kalian juga harus tahu bahwa efek rumah kaca juga dibutuhkan lo untuk kelangsungan hidup di bumi.
                                                 (sumber: http://www.deviantart.com)
Atmosfer bumi terdiri dari berbagai macam gas. Keseluruhan gas di dalamnya berfungsi untuk menjaga bumi dari radiasi sinar matahari dan agar bumi tetap hangat. Gas-gas ini disebut sebagai gas rumah kaca karena fungsinya seperti jendela kaca di rumah yang dapat menahan panas. Akan tetapi, tidak semua panas dapat ditahan oleh gas-gas tersebut karena bumi akan memantulkan sebagian radiasinya ke luar angkasa. Jika gas rumah kaca di dalam bumi menumpuk, maka akan semakin banyak radiasi gelombang kosmik yang terperangkap, akibatnya panas yang ada di dalam bumi semakin meningkat. Terperangkapnya radiasi matahari di permukaan bumi merupakan contoh nyata adanya radiasi benda hitam.
        Ketika radiasi benda hitam terperangkap, maka akan sulit untuk keluar. Jika keadaan ini terjadi terus menerus, maka suhu rata-rata tahunan bumi akan terus meningkat. Tetapi jika tidak ada gas rumah kaca ini, suhu bumi akan sangat dingin. Untuk itu perlu dijaga agar konsetrasi gas ini tidak berlebihan di permukaan bumi. Sebagian besar gas rumah kaca ini dihasilkan oleh peternakan, pabrik modern, pembakaran bahan bakar dari fosil, dan pembangkit tenaga listrik.
Contoh Soal Menerapkan Radiasi Benda Hitam untuk Menjelaskan Gejala Pemanasan Global

SOAL 1
Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi disebut ....

SOAL 2
Penyebab utama terbentuknya pemanasan global adalah ....

SOAL 3
Salah satu contoh aktivitas yang dapat mengurangi pemanasan global adalah ....

SOAL 4
Sebuah mobil diparkir di tempat parkir yang panas. Beberapa jam kemudian, si pemilik merasakan bahwa suhu di dalam mobil terasa lebih panas dibandingkan suhu udara luar. Peristiwa tersebut dapat menjadi gambaran untuk peristiwa ....

SOAL 5
Peristiwa yang menunjukkan penerapan dari teori radiasi benda hitam pada peristiwa pemanasan global adalah ....

SOAL 6
Salah satu efek dari pemanasan global adalah ...

SOAL 7
Salah satu penyebab bertambahnya gas rumah kaca adalah ....

SOAL 8
Radiasi benda hitam merupakan pendekatan pertama yang dapat digunakan untuk ....

SOAL 9
Radiasi benda hitam dapat diterapkan untuk menganalisis terjadinya pemanasan global karena ....

SOAL 10
Berikut ini merupakan penghasil radiasi termal yang ada di permukaan bumi, kecuali....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel