Contoh Soal Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi

Contoh Soal Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisiKalian masih ingat struktur teks eksposisi? Hanya sekadar mengingatkan, struktur teks eksposisi mencakup pernyataan umum yang mengemukakan informasi secara umum atau global, keterangan atau pembahasan lanjutan yang membahas informasi secara detail dan runtut, dan kesimpulan atau saran dari informasi yang sudah disampaikan. Teks eksposisi yang lengkap tentu harus memiliki ketiga struktur ini. Selain itu, antara satu bagian dengan bagian yang lain harus ada keterpaduan sehingga pembaca bisa memahami dengan mudah.
Selain berdasarkan strukturnya, teks eksposisi juga harus dievalusi berdasarkan bahasa yang digunakan. Dalam hal ini, kalian akan menilai tata bahasa dalam teks eksposisi. Apakah teks tersebut sudah menggunakan tata bahasa yang baik dan benar atau belum. 
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengevaluasi kebahasaan dalam teks eksposisi antara lain:
• Tanda baca seperti penggunaan tanda titik, koma, tanda kurung, titik koma, dan sebagainya.
• Struktur kalimat. Satu kalimat minimal memiliki pola S – P – O/Pel. Meski kadang juga penulis melesapkan subjek kalimat.
• Kata baku yang sesuai dengan tata bahasa dan EYD.
• Keterpaduan paragraf yaitu adanya tautan atau keterkaitan antara paragraf yang satu dengan yang lain.
• Keefektifan kalimat. Apakah kalimat yang digunakan sudah efektif atau belum?
Contoh Soal Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi

SOAL 1
Tahukah Anda apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan bagaimana cara mengatasinya? Pengeroposan tulang hingga kini masih menjadi masalah tulang yang sering terjadi khususnya pada para manula.
Paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks eksposisi, yaitu…

SOAL 2
Salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah dengan menggunakan masker madu. Cara membuat masker madu ini sangat mudah. Anda tinggal menghangatkan madu murni, kemudian mengoleskannya pada wajah. Setelah itu, basuh dengan air dingin. Lakukan seminggu dua kali. Mudah, bukan?
Paragraf di atas merupakan bagian dari struktur isi teks eksposisi, yaitu…

SOAL 3
Contoh kesimpulan yang dapat digunakan dalam teks eksposisi yaitu…

SOAL 4
Evaluasi struktur isi dalam sebuah teks eksposisi bisa dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut, kecuali…

SOAL 5
Kebahasaan yang dievaluasi dalam teks eksposisi mencakup… kecuali…

SOAL 6
Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya keterpaduan paragraf dalam teks eksposisi yaitu dengan cara…

SOAL 7
Film kartun merupakan film favorit anak-anak. Bahkan bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang suka film kartun. Sama halnya dengan film-film lain, meski film kartun ini diperbolehkan untuk anak-anak, bukan berarti anak-anak boleh menontonnya secara terus menerus. …. Salah satunya adalah dampak buruk terhadap perkembangan anak seperti perkembangan sosio-emosi, problem solving, dan sebagainya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…

SOAL 8
Tekhnik Informatika adalah salah satu jurusan yang hingga kini masih menjadi primadona. Bagaimana tidak? Banyaknya lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja lulusan jurusan Tekhnik Informatika ini membuat siapapun berminat memilihnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga berminat memilih jurusan ini?
Apa yang salah dari segi kebahasaan dalam teks eksposisi di atas?

SOAL 9
Saya tidak setuju jika harga BBM dinaikkan sekarang. Seharusnya pemerintah bisa lebih bijak lagi menghadapi permasalahan ekonomi seperti ini. Menaikkan harga BBM hanyalah akan membuat masyarakat menjadi semakin menderita. Oleh karena itu, sebagai warga negara seharusnya kita meminta pemerintah untuk menunda kenaikan harga BBM.
Apa kekurangan dari paragraf di atas?

SOAL 10
Contoh kalimat efektif diantaranya… kecuali…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel